Manajemen Organisasi : Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya Terlengkap

Posted on
Manajemen Organisasi : Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya Terlengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Manajemen Organisasi

Manajemen organisasi – merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian pada sumberdaya seuatu organisasi yang bermaksud guna pencapaian tujuan dari organisasi. Tujuan organisasi ini dapat bermacam-macam, dan bergantung dari organisasi tersebut sendiri.

Manajemen organisasi yang nantinya dibahas ini berhubungan dengan pengelolan sumber daya pada bisnis maupun perusahaan. Jadi, manajemen organisasi ini lebih berhubungan dengan sebuah seni guna mengelola SDM (sumber daya manusia) perusahaan, yakni dalam hal ini ialah karyawan.

Manajemen Organisasi Menurut Para Ahli

Pengertian manajemen organisasi ini sebenarnya mengacu kepada cara dari seorang manajer organisasi guna memimpin serta mengelola sumber daya perusahaan yang sedemikian rupa, jadi membentuk kerjasama serta koordinasi antar tim yang efektif. Berikut ini adalah pengertian manajemen organisasi berdasarkan para ahli, diantaranya :

  1. George R. Terry
    Berdasarkan pendapatnya George R. Terry, manajemen organisasi ialah kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, serta pengawasan yang mana seluruh kegiatan itu bertujuan guna mencapai sebuah target organisasi.
  2. Luther M Gulick
    Berdasarkan pendapat luther M gulick, definisi manajemen organisasi ialah segala hal yang berkaitan dangan perencanaan, pengorganisasian, pelengkapan tenaga kerja, tujuan mengarah, menyerlaraskan atau mengkoordinir, melaporkan serta menysuun anggaran.
  3. Hanry fayol
    Berdasarkan pendapat henry fayol, manajemen organisasi merupakan aktvitas perencanaan, mengorganizir, menggkoordinir serta mengawasi yang mana rangkaian aktivitas ini bertujuan guna mencapai goal organisasi.
  4. Koontz dan O. Donnel
    Berdasarkan pendapat dari koontz dan O. donnel ini bahwa manajemen organisasi ialah seluruh aktivitas organisasi yang berkaitan dengan perencanaan, mengorganisir, melengkapkan tenaga kerja, mengarahkan serta mengawasi.

Tujuan Manajemen Organisasi

Tujuan utama dalam manajemen organisasi pada perusahaan ialah untuk mencapai apa yang sedang diinginkan organisasi itu caranya dengan seefisien mungkin. Jadi, dalam jangka penjang bisa menjamin profitabilitas perusahaan.

Manajemen organisasi tidaklah sesuatu yang dapat diabaikan pada suatu perusahaan maupun bisnis, khusus dalam bisnis yang telah berkembang. Dengan tidak adanya manajemen organisasi baik, dapat menjadi penyebab dari kemunduran profitabilitas perusahaan sampai berujung dalam perpecahan dengan internal. Berikut ini adalah sejumlah tujuan manajemen organisasi :

  1. Membentuk koordinasi baik antar individu ataupun divisi
  2. Membentuk kinerja sumber daya dengan lebih efektif lewat pemberian rasa aman serta kesatuan diantara para karyawan
  3. Menciptakan suasana lingkungan kerja dengan damai dan positif
  4. Mendorong para karyawan supaya mau bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab
  5. Mencapai tujuan utama dari perusahaan dengan berbagai cara yang sangat efisien melewati pembentukan karakter sumber daya
  6. Manajer akan berusaha guna mengoptimalkan sumber daya yang dipunya dengan sebuah perencanaan serta pengendalian yang tepat pada tempat kerja. Maka dengan hal ini anggota bisa menyadari peran serta tanggung jawab masing-masing pada sebuah perusahaan.
Baca Juga :   Pengertian Skimming Dan Scanning – Tujuan, Manfaat, Dan Langkahnya Lengkap

Fungsi Manajemen Organisasi

Mengacu pada pengertian manajemen organisasi berdasarkan pendapat para ahli diatas menjadi upaya untuk mengelola serta mengendalikan sumber daya, sehingga manajemen organisasi mempunyai sejumlah fungsi berikut yang perlu diterapkan di dalam perusahaan , diantaranya :

  1. Fungsi perencanaan (planning)
    Manajer akan bertindak dalam merencanakan serrta mempersiapkan aktivitas bisnis yang berhubungan dengan sumber daya.
    Ini yang akan menjadi langkah penting guna menentukan sebuah keputusan misalnya seperti apa yang nantinya diambil pada masa depan, jadi bisa menghindari kebingungan. Secara teknis, perencanaan dapat dilakukan melewati koordinasi pada rapat yang membahas hubungan rencana kerja dengan anggaranya.
  2. Fungsi pengorganisasia (organizing)
    Pada fungsi ini, harusnya manajer membuat sebuah kebijakan paling baik berhubungan dengan pemakaian sumber daya. Ini berfugsi untuk memperoleh kinerja yang paling baik dari karyawan.
    Sebagai contoh, apabila perusahaan mempunyai kegiatan tertentu yang berhubungan dengan peningkatan pemasaran sehingga pemilihan pada seumber daya guna kegiatan ini perlu dipilih pada divisi yang menangani pemasaran.
  3. Fungsi kepegawaian (staffing)
    Pada suatu organisasi harus mempunyai manajemen baik guna menciptakansuasana kerja sehat dalam organisasi ini. selain itu, dalam perekrutan anggota pun harus tepat sehingga memberikan sumbangsih terbesar dalam orgnaisasi.
  4. Fungsi pengarahan (lead)
    Suah tidak menjadi ha lasing lagi bahwa seorang manajer mempunyai peran mengarahkan anggota timnya sesuai dengan target yang jelas. Fungsinya ialah agar sumber daya bekerja dengan arah benar sesuai pada tujuan perusahaan.
  5. Fungsi kontroling (controlling)
    Selain itu, manajer pun harus berperan menjadi pengendali pada setiap kegiatan yang melibatkan seumber daya. Apabila tindakan-tindakan yang dapat merugikan perusahaan yang diselenggarakan dari salah satu orang ataupun tim perusahaan, maka manajer berhak dalam mengambil sebuah keputusan berhubungan dengan hal itu.
  6. Fungsi manajemen waktu atau time management
    Organisasi yang menerapkan fungsi manajemen dengan waktu yang efektif bisa berkembang secara cepat dan juga sehat. Hal ini berhubungan dengan cara kerja seorang pegawai dengan tepat waktu serta dengan cara kerja yang benar.
  7. Fungsi motivasi (motivation)
    Manajemen perusahaan pun berperan penting di dalam memberikan sebuah motivasi pada para anggotanya. Dengan adanya motivasi ini, maka para anggota dapat termotivasi agar bekerja lebih baik.
    Cara memberikan motivasi ini dengan memberikan sebuah penghargaan dari kinerja yang baik pada karyawannya, baik itu dalam segi bentuk remunerasi.

Sekian pembahasan tentang manajemen organisasi. Dengan adanya manajemen organisasi pada perusahaan maka diharapkan bisa membentuk kinerja karyawan yang lebih efektif khususnya dalam hal koordinasi antar divisi dan departemen. Semoga menambah wawasan kita semua khususnya bidang bisnis dan perusahaan, terima kasih!

Baca juga: