Mainframe : Pengertian, Desain, dan Karakteristiknya Terlengkap

Posted on

Mainframe : Pengertian, Desain, dan Karakteristiknya Terlengkap

Mainframe – istilah mainframe mungkin masih jarang kita dengar. Karena itulah istilah ini perlu kita ketahui. Pada artikel kali ini akan membahas secara singkat mengenai Mainframe. Pembahasan kali ini dimulai dari Pengertian, Desan dan Karakteristik dari Mainframe.

Pengertian Mainframe

Mainframe atau biasa dikenal dengan mainframe komputer yang berasal dari bahasa sehari-hari disebut sebagai “besi besar”. Dalam pengertian lainnya Mainframe adalah komputer yang digunakan oleh organisasi besar untuk mengolah atau menjalankan sebuah aplikasi kritis, pengolahan data massal, seperti sensus, industri dan statistik konsumen, perencanaan sumber daya perusahaan dan pemrosesan transaksi.

Istilah ini awalnya merujuk pada lemari besar yang disebut “bingkai utama” yang menjadi pusat unit pemrosesan dan memori utama komputer awal. Kemudian, istilah ini digunakan untuk membedakan mesin komersial high-end dari unit yang kurang kuat. Kebanyakan arsitektur sistem komputer berskala besar didirikan pada tahun 1960-an, tetapi terus berkembang. Komputer mainframe sering digunakan sebagai server.

Desain Mainframe

Desain mainframe modern dikarakterisasi kurang oleh kecepatan mentah, satu tugas, komputasi (biasanya didefinisikan sebagai MIPS (jutaan instruksi per detik) rate atau FLOPS (operasi floating-point per detik), dan lebih banyak lagi oleh:

  • Rekayasa internal redundan yang menghasilkan tinggi
  • keandalan dan keamanan Fasilitas input-output (“I / O”) yang luas dengan kemampuan untuk melakukan offload ke mesin terpisah
  • Kompatibilitas yang ketat dengan perangkat lunak yang lebih tua
  • Perangkat keras yang tinggi dan tingkat pemanfaatan komputasi melalui virtualisasi untuk mendukung throughput yang sangat besar.
  • Stabilitas dan keandalannya yang tinggi memungkinkan mesin-mesin ini berjalan tanpa gangguan selama beberapa dekade.

Mainframe memiliki ketersediaan tinggi, salah satu alasan utama untuk umur panjang mereka, karena biasanya digunakan dalam aplikasi di mana downtime akan menjadi mahal. Istilah keandalan, ketersediaan dan kemudahan servis (RAS) adalah karakteristik yang menentukan dari komputer mainframe. Perencanaan dan implementasi yang tepat diperlukan untuk mewujudkan fitur-fitur ini. Selain itu, mainframe lebih aman daripada jenis komputer lain

Karakteristik Mainframe

Mainframe modern dapat menjalankan beberapa sistem operasi yang berbeda pada saat yang bersamaan. Teknik mesin virtual ini memungkinkan aplikasi berjalan seolah-olah mereka berada di komputer yang berbeda secara fisik. Dalam peran ini, satu mainframe dapat menggantikan layanan perangkat keras dan berfungsi lebih tinggi dari yang tersedia untuk server konvensional.

Sementara mainframe memelopori kemampuan ini, virtualisasi sekarang ini sudah tersedia di sebagian besar keluarga sistem komputer, meskipun tidak selalu dengan tingkat kecanggihan yang sama. Mainframe dapat menambahkan kapasitas sistem hot swap tanpa mengganggu fungsi sistem, dengan spesifisitas dan granularitas ke tingkat kecanggihan yang biasanya tidak tersedia disebagian besar solusi server.

Baca Juga :   Pengertian Sertifikasi : Manfaat, Tujuan dan Landasan Hukumnya Terlengkap

Mainframe modern, terutama IBM zSeries, Sistem z9 dan sistem z10 server, menawarkan dua tingkat virtualisasi, yaitu partisi logical (LPAR, melalui fasilitas PR / SM) dan mesin virtual (melalui sistem operasi z / VM).

Banyak pelanggan mainframe yang menjalankan 2 mesin, yaitu :

1. Di pusat data utama dan
2. Di pusat data cadangan

Kedua mesin tersebut ada yang aktif sepenuhnya, sebagian aktif, atau siaga. Jika ada masalah yang memengaruhi gedung pertama. Uji pengembangan, pelatihan, dan beban kerja produksi untuk aplikasi dan database dapat berjalan pada satu mesin, kecuali untuk permintaan yang sangat besar, di mana kapasitas satu mesin mungkin membatasi.

Instalasi dua-mainframe seperti itu dapat mendukung layanan bisnis berkelanjutan, menghindari pemadaman terencana dan tidak terencana. Dalam praktiknya banyak pelanggan menggunakan beberapa mainframe yang dihubungkan. Baik oleh Parallel Sysplex dan DASD bersama (dalam kasus IBM), atau dengan penyimpanan yang dibagi secara geografis yang disediakan oleh EMC atau Hitachi.

Mainframe dirancang untuk menangani input dan output volume yang sangat tinggi (I / O) dan menekankan komputasi throughput. Sejak akhir 1950-an, desain mainframe [NB 2] telah menyertakan perangkat keras anak-anak [NB 3] (disebut saluran atau prosesor periferal) yang mengelola perangkat I / O, sehingga CPU bebas untuk hanya menangani memori berkecepatan tinggi. Hal ini umum di toko mainframe untuk berurusan dengan database dan file besar.

Gigabyte ke file rekaman berukuran terabyte bukanlah hal yang luar biasa. [8] Dibandingkan dengan PC biasa, mainframe umumnya memiliki ratusan hingga ribuan kali lebih banyak penyimpanan data online, [9] dan dapat mengaksesnya dengan cukup cepat. Keluarga server lainnya juga melakukan offload I / O processing dan menekankan throughput computing.

Mainframe laba atas investasi (ROI), seperti platform komputasi lainnya, tergantung pada kemampuannya untuk skala, mendukung beban kerja campuran, mengurangi biaya tenaga kerja, memberikan layanan tanpa gangguan untuk aplikasi bisnis yang penting, dan beberapa faktor biaya yang disesuaikan dengan risiko lainnya.

Mainframe juga memiliki karakteristik integritas eksekusi untuk kesalahan toleran komputasi. Sebagai contoh, z900, z990, Sistem z9, dan sistem z10 server secara efektif melaksanakan instruksi berorientasi hasil dua kali, membandingkan hasil, arbitrase antara setiap perbedaan (melalui instruksi retry dan isolasi kegagalan), kemudian menggeser beban kerja “dalam penerbangan” ke prosesor yang berfungsi, termasuk suku cadang, tanpa berdampak apa pun pada sistem operasi, aplikasi, atau pengguna. Fitur tingkat perangkat keras ini, juga ditemukan dalam sistem NonStop HP, dikenal sebagai penguncian-penguncian, karena kedua prosesor mengambil “langkah” mereka (yaitu instruksi) bersama-sama. Tidak semua aplikasi benar-benar membutuhkan integritas terjamin yang disediakan oleh sistem ini, tetapi banyak yang melakukannya, seperti pemrosesan transaksi keuangan.

Demikianlah pembahasan tentang Mainframe pada artikel kali ini, semoga bisa menambahkan wawasan dan pengetahuan bagi pembaca. Terimakasih.

Baca juga: