6 Macam Gaya Renang Beserta Gambar dan Tekniknya Lengkap

Posted on
6 Macam Gaya Renang Beserta Gambar dan Tekniknya Lengkap
5 (100%) 1 vote

Macam-macam Gaya Renang dan pengertiannya Serta Tekniknya Lengkap dengan Gambar

Macam – macam gaya renang – renang adalah salah satu olahraga air yang dapat menyehatkan tubuh. Karena waktu berenang seluruh anggota tubuh juga ikut bergerak, jadi olahraga ini menjadi sebuah olahraga yang kompleks dalam kesehatan seluruh tubuh. Akan tetapi dalam berenang kita juga harus mempunyai keahlian, sebab bila tidak maka kita bisa tenggelam.

Renang menjadi suatu olahraga yang diperlombakan secara resmi di ajang internasional, termasuk juga di kancah Olimpiade sebagai pesta olahraga terbesar di dunia. Dalam Olimpiade terdapat 4 nomor teknik renang yang sering diperlombakan. Antara lain gaya dada (breaststroke), gaya bebas (freestyle), gaya kupu-kupu (butterfly stroke) dan gaya punggung (backstroke). Ragam dari jenis gaya renang ini dibedakan atas dasar kombinasi gerakan kaki dan tangan, tempo dan juga irama tubuh serta teknik pernapasan waktu berenang di air.

Gaya teknik dalam berenang bisa dilatih bila kalian memang ingin bisa berenang, dan macam macam gaya renang pun berfariasi. Kalian bisa memilihnya sesuai dengan tingkat kemampuan yang kalian miliki. Pada teknik dasar renang ini ialah bisa mengapung atau melayang di air. Bila sudah menguasai hal tersebut maka akan mudah bagi kita dalam melatih gaya renang yang lainnya.

Macam – Macam Gaya Renang

a. Gaya Dada
b. Gaya Bebas
c. Gaya Kupu Kupu
d. Gaya Punggung
e. Gaya Anjing
f. Gaya Samping

Uraian Macam Macam Gaya Renang Beserta Tekniknya :

1. Gaya Renang Dada

Dalam istilah dunia internasional, renang gaya dada disebut sebagai breaststroke swim. Gaya Renang dada ialah sebuah teknik renang hampir mirip dengan hewan katak saat berenang, jadi gaya ini juga dinamakan dengan gaya katak. Kecepatan pada gaya dada lebih rendah daripada dengan gaya bebas, tetapi gaya ini cocok dilakukan oleh orang yang ingin berenang secara santai.

Teknik pada gaya dada adalah berenang dengan posisi dada menghadap pada permukaan air, tetapi batang tubuh selalu dengan keadaan tetap. Kedua belah kaki akan menendang ke arah luar sedangkan kedua belah tangan meluruskan di depan.

Kedua belah tangan membuka ke samping seperti terjadi gerakan membelah air supaya badan akan maju lebih cepat ke depan. Melakukan pernapasan ketika mulut berada pada permukaan air, sesudah satu kali gerakan tangan-kaki atau dengan dua kali gerakan tangan-kaki.

Posisi pada tubuh stabil dan kepala bisa berada di luar air dengan waktu yang lama. Gaya dada serta gaya bebas pada kedua gaya renang ini yang biasanya menjadi pelajaran pertama kali bagi perenang pemula.

2. Gaya Bebas

Gaya bebas merupakan gaya renang yang sangat umum karena tidak melakukan gaya tertentu. Dalam istilah dunia internasional, teknik renang pada gaya bebas disebut sebagai freestyle swim.

Teknik pada gaya bebas adalah berenang dengan posisi dada menghadap pada permukaan air. Keduanya membelah lengan dengan bergantian digerakkan jauh menuju depan dan dilakukan gerakan mengayuh, selain itu kedua belah kaki dengan bergantian dicambukkan naik turun ke atas juga ke bawah.

Baca Juga :   Pengertian dan Jenis-Jenis Lembaga Keuangan di Indonesia dengan Penjelasan Terlengkap

Saat berenang, posisi wajah harus menghadap pada permukaan air. Melakukan pernapasan saat lengan digerakkan keluar pada air, ketika tubuh menjadi miring lalu kepala berpaling ke samping. Waktu mengambil napas, perenang harus dapat memilih untuk menoleh ke kiri ataupun ke kanan.

Daripada gaya berenang lain, gaya bebas adalah gaya renang yang dapat membuat tubuh melaju lebih cepat dari air.

3. Gaya Punggung

Gaya punggung merupakan salah satu jenis dari gaya renang yang juga diperlombakan secara resmi pada Olimpiade dan lomba internasional lain. Dalam istilah dunia internasional, teknik renang gaya punggung disebut sebagai backstroke.

Teknik pada gaya punggung adalah berenang dengan posisi punggung akan menghadap di permukaan air. Pada Gerakan kaki juga tangan sama persis dengan gaya bebas, akan tetapi dengan posisi tubuh terlentang pada permukaan air.

Kedua belah tangan dengan bergantian akan digerakkan menuju pinggang seperti halnya gerakan mengayuh. Mulut dan hidung ada di luar air jadi mudah waktu mengambil atau membuang napas menggunakan mulut atau hidung.
Pada saat berenang gaya punggung, posisi wajah ada di atas air jadi perenang hanya akan melihat atas dan tidak dapat melihat ke depan. Sewaktu berlomba, perenang akan memperkirakan sendiri dinding tepi kolam dengan cara menghitung jumlah gerakan.

4. Gaya Kupu-Kupu

Gaya kupu-kupu adalah gaya renang baru yang dipertandingan saat lomba renang sebab telah resmi diakui pada tahun 1933. Teknik gaya ini pun dikenal sebagai gaya lumba-lumba. Dalam istilah dunia internasional, gaya kupu-kupu disebut dengan butterfly stroke.

Teknik renang pada gaya kupu-kupu adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke bawah, dan kedua belah lengan dengan bersamaan ditekan ke bawah, ke belakang dan lalu digerakkan ke arah luar sebelum mengayunkan lagi ke depan di atas permukaan air.

Pada waktu tarikan tangan menuju belakang, kedua belah kaki dengan bersamaan juga menekan ke bawah. Nah melakukan Gerakan kaki dan tangan ini untuk mendorong badan bergerak ke depan (ke atas permukaan air dalam mengambil nafas). Saat kepala masuk kembali di dalam air, tangan juga ikut masuk, lalu kaki kembali menekan ke bawah.

Dibandingkan pada gaya berenang lain, gaya kupu-kupu ini membutuhkan kekuatan yang besar dari perenang. Kecepatan renang pada gaya kupu-kupu diperoleh dari ayunan kedua belah tangan juga dorongan kaki dengan bersamaan. Ketepatan irama menjadi penting dalam gaya kupu-kupu.

5. Gaya Renang Anjing

Gaya Renang Anjing ialah teknik berenang yang mempunyai gerakan seperti hewan Anjing berenang di Air, posisi kepala ada pada atas air sementara kaki dan tangan melakukan gerakan seperti hewan anjing saat renang. Oleh sebab itu gaya ini dinamakan gaya Anjing.

6. Gaya Renang Samping

Gaya renang samping ialah teknik gaya renang dengan menggunakan sisi samping pada bagian tubuh. Gaya renang ini tidak diperlombakan pada kompetisi resmi renang, jadi jarang orang yang mengenal gaya ini, tapi bila kita melatih gaya ini maka bisa menambah skill ataupun kemampuan kita dalam variasi berenang.

Kumpulan Macam macam gaya renang beserta tekniknya di atas semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang ingin belajar berenang ataupun mengerjakan soal tentang renang.

Baca juga: