Macam Macam Candi Di Indonesia dan Penjelasannya

Posted on
Macam Macam Candi Di Indonesia dan Penjelasannya
Rate this post

Macam Macam Candi Di Indonesia dan Penjelasannya

Macam Macam Candi Di Indonesia dan PenjelasannyaApa kamu pernah melihat candi? Atau kamu pernah mengunjungi sebuah candi yang ada di Indonesia? Artikel kali ini akan membahas mengenai candi. Candi adalah sa;ah satu peninggalan sejarah di Indonesia yang memiliki corak hindur dan budha. Selain itu kita akan membahas mengenai pengertian lengkap tentang candi, candi-candi di Indonesia, gambar candi yang terdapat di seluruh Indonesia, fungsi candi di Indonesia serta sejarah lengkap yang meliputi candi tersebut.

Kira-kira sudah tahu belum apa itu candi dan pengertiannya? Jika belum, yuk kita simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian candi

Candi adalah bangunan yang berfungsi sebagai bangunan monumen, sementara di India sendiri candi ini biasanya berfungsi sebagai makam raja-raja. Akan tetapi jika di Indonesia, ada candi yang dibangun hanya untuk menghormati seorang raja yang hidup pada masa itu.

Hal ini dikarenakan fungsi awalnya candi yang sebagai makan maka bentuk bangunan yang tinggi dan memiliki tiga bagian. Bagian yang berada di bawah candi, adalah lambang bhurloka (alam manusia), di bagian tengah candi menggambarkan bhuvarloka (alam kematian) dan yang terakhir adalah bagian atap yang merupakan lambang dari swarloka (alam para dewa).

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali candi di Indonesia dengan corak dan juga bentuk yang berbeda, tergantung pada karakter kerajaan yang membangun candi tersebut.

Ciri-ciri candi bercorak hindu

Ada banyak candi yang terletak di Jawa Tengah bagian utara yang memiliki bentuk melingkar, di mana candi paling besar atau candi utama dikelilingi oleh candi-candi kecil yang melingkari candi utama.

Bentuk ini menggambarkan susunan dari masyarakat yang pada masa itu, menempatkan raja sebagai pusat kekuasaan. Hal ini juga bisa dipahami karena kerajaan-kerajaan di Jawa Tengah bagian utara merupakan daerah yang kerjaan hindu.

 

Ciri-ciri candi bercorak budha

Sedangkan candi-candi yang ditemukan di Jawa Tengah bagian selatan biasanya memiliki ukutan yang besarnya sama, sehingga tidak ada candi yang memiliki ukuran lebih besar atau pun ukurannya yang lebih tinggi dari pada candi yang lain.

Bentuk ini menunjukkan susunan masyarakat yang demokratis karena merkeka tidak menempatkan raja lebih tinggi dibanding rakyatnya. Sehinggga dari sini, sudah dapat dipastikan jika candi tersebut merupakan candi yang memiliki karakter candi budha karena dalam ajaran budha sendiri tidak mengenal istilah kasta.

Berbeda dengan candi yang ada di Jawa Tengah, candi yang ditemukan di Jawa Timur biasanya memiliki struktur bangunan dengan candi utama yang memiliki ukuran lebih besar dan tinggi berasa di belakang candi-candi yang ukurannya lebih kecil. Struktur bangunan ini menunjukkan kedudukan raja yang dianggap sebagai pemersatu dan mengayomi masyarakat.

Baca Juga :   Mengenal Sejarah dan Pembagian Zaman Masa Praaksara Lengkap

13 Macam Candi Hindu Dan Juga Candi Budha Yang Ada di Indonesia:

Kami sudah membuat daftar candi yang berada di sekitaran Sumatera hingga Pulau Jawa.

  1. Candi Borobudur adalah Candi yang letaknya berada di Jawa Tengah dan merupakan salah satu candi budha yang dibangun antara tahun 770 M atas perintah Raja Wisnu yang merupakan penguasa dari dinasti Syailendra pada kala itu, tujuan dibangun candi ini sendiri adalah untuk menghormati sang Budha.
  2. Candi Kalasan yang berada di Jawa Tengah dan merupakan candi peninggalan budha ini didirikan oleh Raja Rakai Panangkaran dari Dinasti Sanjaya untuk menghormati Dewi Tara, dan dibangun pada tahun 778 M.
  3. Candi Mendut yang terletak di Jawa Tengah ini merupakan candi Budha yang didirikan oleh Raja Indra yang berasal dari dinasti Syailendra dan dibangun untuk menghormati Budha dan Bodhisatva.
  4. Candi Prambanan yang berada di Jawa Tengah ini adalah candi Hindu yang berdiri atas perintah Raja Rakai Pikatan dan selesai pada masa pemerintahan Raja Daksa dari Sanjaya untuk menghormati Dewa Brahma, Syiwa, dan Wisnu.
  5. Candi Sewu yang berada di Jawa Tengah ada;ah candi budha yang berdiri atas perintah Raja Indar dan dibangun untuk menghormati Manjusri dan dibangun pada masa dinasti Syailendra.
  6. Candi Sukuh yang terletak di Jawa Tengah ini adalah candi hindu yang dibangun pada masa Majapahit dan sangat menonjolkan karakter Jawa dari pada unsur India.
  7. Candi Plaosan yang letaknya di Jawa Tengah ini adalah candi budha yang dibangun pada dinasti Syalendra atas perintah Rakai Pikatan.
  8. Candi Dieng di Jawa Tengah adalah candi hindu yang belum diketahui siapa pendirinya hingga kini, akan tetapi banyak peneliti yang memiliki pendapar bahwa candi ini adalah sisa dari peninggalan Dinasti Sanjaya.
  9. Candi Singasari yang ada di Jawa Timur adalah candi hindu yang didirikan untuk menghormati Raja Kertanegara yang berasal dari kerajaan Singasari.
  10. Candi Sumberawan di Jawa Timur adalah candi budha yang berdiri untuk menghormati kunjungan Raja Hayan Wuruk yang datang ke wilayah itu.
  11. Candi Muara Takus yang terletak di Sumatera ini adalah candi budha yang merupakan peninggalan Melayu. Sepertinya candi ini dibangun setelah pengaruh kerajaan Sriwijaya di Sumatera telah hilang.
  12. Candi Badut yang ada di Jawa Timur adalah candi yang merupakan candi tertua yang terletak di Pulau Jawa dan didirikan pada tahun 760 M.

 

Baca Juga: