Lingkungan Kerja : Pengertian, Jenis, Manfaat, Indikator dan Faktor yang Mempengaruhinya

Posted on
Lingkungan Kerja : Pengertian, Jenis, Manfaat, Indikator dan Faktor yang Mempengaruhinya
5 (100%) 1 vote[s]

Lingkungan Kerja : Pengertian, Jenis, Manfaat, Indikator dan Faktor yang Mempengaruhinya

Lingkungan kerja – lingkungan kerja merupakan kehidupan psikologi, sosial dan fisik dalam perusahaan yang mempengaruhi pada pekerjaan di dalam melaksanakan tugasnya. Kehidupan manusia tentu tak lepas dari beragam kondisi lingkungan sekelilingnya, antara manusia dengan lingkungan ada hubungan yang paling erat.

Dalam hal tersebut, manusia akan selalu berupaya untuk beradaptasi dengan beragam kondisi lingkungan sekelilingnya. Demikian juga halnya pada saat melaksanakan pekerjaan, karyawan menjadi manusia yang tidak bisa dipisahkan dari beragam kondisi disekitar tempat asal mereka bekerja, yakni lingkungan kerja. Selama dalam melaksanakan pekerjaan, setiap pegawai nantinya akan berinteraksi dengan beragam keadaan yang ada di dalam lingkungan kerja.

Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli

1.Menurut Netisemito, 1992: 25

Lingkungan kerja ialah sesuatu yang terdapat disekitar para pekerja dan juga yang mempengaruhi dirinya dalam melaksanakan tugas tugas yang telah dibebankan.

2. Menurut Sedarmayanti, 2001: 1

Lingkungan kerja menurut beliau keseluruhan dari alat perkakas & bahan yang dihadapi di lingkungan sekitarnya yang mana seseorang bekerja, metode kerjanya dan jug apengaturan kerjanya baik menjadi perseorangan ataupun menjadi kelompok.

3. Menurut Sedermeyanti, 2001: 12

Kondisi lingkungan kerja dapat disebut baik maupun sesuai jika manusia bisa menjalankan kegiatan dengan sehat, optimal, nyaman dan aman. Kesesuaian lingkungan kerja bisa dilihat sehingga mengakibatkan dalam jangkat waktu yang lebih lama lagi dan jauh lagi dari lingkungan lingkungan kerja yang kurang baik bisa menuntut tenaga kerja serta waktu yang lebih banyak dan tidak bisa mendukung diperolehnya rancangan sistem kerja yang efisisen.

4. Menurut Bambang, 1991: 122

Lingkungan kerja adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja dari seorang pegawai. Seorang pegawai yang sedang bekerja di lingkungan kerja yang mendukung ia guna bekerja dengan optimal maka akan menghasilkan kinerja yang baik pula. Dan sebaliknya bila seorang pegawai yang telah bekerja di dalam lingkungan kerja yang belum memadai atau bahkan tidak memadai serta tidak mendukung guna bekerja dengan optimal maka akan membuat pegawai yang bersangkutan ini menjadi malas, cepat lelah jadi kinerja para pegawai tersebut menjadi rendah.

5. Nitisemito, 1992: 25

Lingkungan kerja berdasarkan pendapat dari nitisemito ialah sesuatu yang berada di lingkungan para pekerja dan yang berpengaruh terhadap dirinya dalam melaksanakan tugas tugas yang telah diberikan.

Baca Juga :   Rumus Pythagoras: Pembuktian Rumus dan Contoh Penerapannya

Jenis Jenis Lingkungan Kerja

Secara garis besarnya, jenis dari lingkungan kerja dibedakan menjadi dua yakni menurut sedarmayanti, 2001: 21 :

1. Lingkungan kerja fisik

Lingkungan kerja fisik ialah seluruh kondisi yang bentuknya fisik yang ada di sekitar tempat kerja yang bisa mempengaruhi pegawai baik dengan langsung ataupun tidak langsung. Lingkungan kerja fisik bisa dibedakanmenjadi 2 kategori yakni :

  • Lingkungan kerja yang secara langsung berhubungan dengan pegawaii misalnya seperti pusat kerja, meja, kursi dan lain sebagainya.
  • Lingkungan perantara atau umum atau bisa disebut pula dengan lingkungan kerja yang dapat mempengaruhi keadaan manusia misalnya seperti temperature, sirkulasi udara, kelembapan, kebisingan, pencahayaan, getaran mekanik, warna, bau tidak sedaap dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk bisa memperkecil dari pengaruh lingkungan fisik pada karyawan, maka untuk langkah pertamanya kalian harus memperlajari dulu manusia, baik tentang fisik dan juga tingkah lakunya, lalu dipakai menjadi dasar dari pemikiran lingkungan fisik yang sesuai.

2. Lingkungan kerja non fisik

Lingkungan kerja non fisik merupakan seluruh kondisi yang telah terjadi dengan berkaitan antara hubungan kerja, baik dalam hubungan bersama atasan ataupun hubungannya dengan sesama rekan kerja maupun hubungan dengan bawahan.

Perusahaan seharusnya bisa mencerminkan keadaan yang mendukung kerjasama antara tingkat atasan, bawahan ataupun yang mempunyai status yang sama juga. Keadaan tersebut sebaiknya diciptakan suasana kekeluargaan, komunikasi dengan baik, dan juga pengendalian diri ( nitisemito, 2000: 171 ). Sehingga, lingkungan kerja non fisik tersebut pun adalah kelompok lingkungan kerja yang tidak dapat diabaikan.

Manfaat Lingkungan Kerja

Menurut pedapat dari tanjung dan ishak (2003), manfaat dari lingkungan kerja ialah menciptakan gairah kerja. Jadi produktivitas dan juga prestasi kerja akan meningkat. Sedangkan itu, manfaat yang didapatkan pun dikarenakan bekerja bersama dengan orang orang yang termotivasi ialah pekerjaan yang bisa terselesaiakn secara tepar. Dalam arti ialah pekerjaan yang diselesaikan sesuai dengan standar yang benar dan dalam skala waktu yang telah ditentukan. Prestasi kerjanya akan dimonitoring oleh individu yang bersangkutan dan juga tidak akan memicu terlalu banyak pengawasan dan semangat juang yang tinggi.

Faktor Yang Mempengaruhi Lingkungan Kerja

Siagian, 2006: 63 menurut pendapatnya untuk menciptakan lingkungan kerja yang baik ada sejumlah hal yang perlu menjadi perhatian, diantaranya sebagai berikut :

  1. Bangunan tempat kerja
  2. Ruang kerja yang nyaman
  3. Terdapat ventilasi pertukaran udara
  4. Ada tempat tempat ibadah keagamaan
  5. Ada sarana angkungan yang khusus maupun secara umum bagi karyawan sehingga mereka nyaman dan mudah

Indikator Lingkungan Kerja

Serdemayanti, 2004: 46 ia menyatakan bahwa indikator lingkungan kerja diantaranya sebagai berikut :

  1. Penerangan maupun cahaya ditempat kerja
  2. Temperature suhu udara di tempat kerja
  3. Kelembapan udara di tempat kerja
  4. Sirkulasi udara di tempat kerja
  5. Getaran mekanis ditempat kerja
  6. Bau yang tidak sedaap ditempat kerja
  7. Tata warna di tempat kerja
  8. Dekorasi di tempat kerja
  9. Music di tempat kerja
  10. Keamanan di tempat kerja

Jadi, lingkungan kerja ialah kehidupan sosial, fisiik, politik yang berpengaruh terhadap pekerjaan dan dalam menjalankan tugasnya. Kehidupan manusia ini tentu tidak bisa lepas dari kondisi lingkungan yang ada didekatnya, antara manusia dan juga lingkungan yang memiliki hubungan yang sangat amat dekat. Semoga bermanfaat.

Baca juga: