Legenda : Pengertian, Ciri-ciri dan Jenisnya Lengkap

Posted on
Legenda : Pengertian, Ciri-ciri dan Jenisnya Lengkap
5 (100%) 3 votes

Pengertian Legenda, Ciri-ciri dan Jenisnya

Legenda adalah – cerita atau hikayat prosa rakyat yang dipercayai mempunyai cerita sebagai kejadian yang benar-benar terjadi. Legenda kerap dianggap sebagai sejarah beramai-ramai. Meskipun, karena tidak tercatat maka cerita tersebut mengalami digresi sehingga kerap jauh berbeda dengan cerita aslinya. Oleh sebab itu, apabila legenda akan dijadikan bahan untuk memulihkan sejarah maka legenda lebih baik bersih dari unsur yang mempunyai ciri-ciri folklor.

Legenda adalah kisah atau cerita rakyat yang diyakini benar-benar terjadi yang kisahnya dikaitkan dengan tokoh sejarah beserta dicampuri dengan keajaiban, kepandaian dan keistimewaan pemerannya.
Selain beberapa penjelasan diatas, disini adajuga penjelasan menurut beberapa para ahli:

A. Pengertian Legenda Menurut Beberapa Para Ahli

1. Wikipedia

Menurut Wikipedia arti legenda ialah cerita atau hikayat prosa rakyat yang dipercayai sebagai sesuatu yang memang benar benar terjadi.

2. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia arti legenda ialah cerita atau hikayat pada waktu lampau yang ada kaitannya dengan kejadian sejarah.

3. Buku Sari Kata Bahasa Indonesia

Menurut Sari Kata Bahasa Indonesia, arti legenda ialah cerita rakyat pada waktu lampau yang ada kaitannya dengan suatu kejadian ataupun asal-usul terjadinya suatu daerah.

4. Emeis

Menurut Emeis, arti legenda ialah cerita atau hikayat kuno yang separuh atas dasar sejarah, dan yang separuh lagi atas dasar angan-angan.

5. Pudentia

Menurut pudentia, arti legenda ialah cerita atau hikayat yang diyakini oleh sejumlah penduduk setempat bahwa memang benar-benar terjadi, akan tetapi tidak diyakini suci atau keramat yang juga tidak menyamainya dengan mite.

6. Hooykaas

Menurut Hooykaas, arti legenda ialah dongeng mengenai beberapa hal atas dasar sejarah yang berisi suatu hal yang ajaib atau peristiwa yang menandakan kehebatannya.

7. William R. Bascom

Menurut William R. Bascom arti legenda ialah cerita atau hikayat yang memiliki karakter atau ciri-ciri yang serupa dengan mitos, yaitu diyakini benar-benar terjadi, akan tetapi tidak dipercayai suci.

B. Ciri-ciri Legenda

Mengenai ciri khas atau sifat legenda adalah sebagai berikut:

1. Diyakini sebagai peristiwa yang memang terjadi
2. Berkarakteristik kebendaan atau keduniawian
3. Pemeran legenda pada umumnya manusia
4. Sejarah kolektif ialah sejarah yang sudah berlebih melakukan digresi karena tidak sama dengan cerita aslinya
5. Mempunyai sifat migration atau bisa disebut berpindah-pindah
6. Mempunyai sifat daur, maksudnya ialah menceritakan tokoh masa tertentu

C. Jenis-Jenis Legenda

Mengenai macam jenis legenda menurut Jan Harold Brunvad, adalah sebagai berikut:

Baca Juga :   Teks Prosedur: Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Macam dan Contohnya Lengkap

1. Legenda Keagamaan

Legenda keagamaan ini mengisahkan tentang orang yang dipercayai suci atau alim. Karangan sejenis itu termasuk folklor sebab versi awalnya masih tetap lestari di kaum masyarakat sebagai adat istiadat. Di pulau Jawa hagiografi mengisahkan cerita hidup para wali yang menyebarkan Islam pada zaman terdahulu.

Salah satu sebagai contoh legenda tentang keagamaan yaitu kisah Walisongo atau (Wali Sembilan) yang diantaranya adalah Sunan Gunung Jati, Sunan Muria, Sunan Kudus, Sunan Kalijaga, Sunan Drajat, Sunan Giri, Maulana Malik Ibrahim, Sunan Ampel, Sunan Bonang. Adapun selain dari walisongo tersebut, di Pulau Jawa masih terdapat wali-wali lain. Legenda yang mengisahkan mereka sangat mudah diketahui sebab makamnya dikunjungi pada haulnya atau hari kematiannya yang disebut keramat. Para penjaga makam pada umumnya bisa menceritakan legenda orang alimnya (wali tersebut).

2. Legenda Perseorangan

Legenda Perseorangan memberikan cerita tentang suatu tokoh tertentu yang dipercayai benar-benar terjadi. Di Jawa Timur legenda seperti ini yang paling dikenal masyarakat ialah legenda tokoh Panji. Panji ialah anak seorang Raja Kahuripan yang terletak di Jawa Timur. Panji merupakan tokoh legenda yang kehilangan istrinya, dari situ sangat banyak bermunculan kisah Panji yang bertemakan selalu tentang istrinya yang menyerupai menjadi wanita lain. Kisah panji yang awalnya kesusteraan lisan, kini sudah banyak ditulis orang sehingga memiliki banyak versi dalam wujud tulisan.

3. Legenda Alam Gaib

Legenda sejenis ini biasanya berwujud kisah yang dipercayai benar adanya pernah terjadi dan sudah dialami seseorang. Guna legenda sejenis ini adalah untuk menguatkan kebenaran “takhayul” atau keyakinan rakyat. Contoh legenda ini yaitu adanya gendruwo, setan, hantu.

4. Legenda Setempat

Legenda setempat ialah kisah yang berkaitan dengan suatu tempat, label tempat, dan wujud topografi, yaitu wujud bagian depan suatu tempat, berbukit-bukit, gunung, danau, curam, dan sebagainya. Legenda setempat yang berkaitan dengan label suatu tempat contohnya legenda kuningan. Kuningan ialah nama sebuah kota minim yang bertempat di bawah Gunung Ceremai, bersebelah selatan kota Cirebon, Jawa Barat.

Contoh lain tentang legenda setempat yang berkaitan erat dengan label tempat adalah legenda “Anak-anak Dalem Solo yang Merantau Mencari Asal Bau Wangi”. Asal-usul legenda ini yaitu dari Trunyan, Bali. Legenda ini bisa dimasukkan dalam kategori legenda setempat sebab menceritakan asal usul nama sejumlah desa disekitar. Selain cuplikan diatas terdapat pula contoh-contoh lain legenda setempat misalnya “Roro Jonggrang”, “Asal usul Banyuwangi”, “Asal Usul Kota Bogor”, “Tangkuban Perahu”.

Demikianlah penjelasan tentang Legenda menurut para ahli beserta ciri-ciri dan jenis. Perlu diketahui bahwasannya di era yang modern seperti saat ini legenda penting untuk dilestarikan mengingat kondisi anak-anak pada zaman sekarang minim akan sejarah, dengan dilestarikannya legenda maka anak-anak akan mengerti bagaimana kisah para tokoh terdahulu dan perjuangannya, agar mereka bisa menghargai jerih payah tokoh terdahulu. Intinya legenda adalah sebuah cerita di daerah setempat yang diyakini kebenarannya.

Baca juga: