Laporan Perubahan Modal : Pengertian, Tujuan, Unsur Unsur dan Komponen Penyusunnya Terlengkap

Posted on
Laporan Perubahan Modal : Pengertian, Tujuan, Unsur Unsur dan Komponen Penyusunnya Terlengkap
5 (100%) 1 vote

Pengertian Laporan Perubahan Modal, Tujuan, Unsur Unsur dan Komponen Penyusunnya Terlengkap

Laporan perubahan modal – Perusahaan yang baik sudah pasti memiliki sistem pelaporan keuangan yang baik dan juga tertata. Tanpa adanya sebuah laporan keuangan, maka perusahaan akan mengalami kesulitan dalam menganalisis apa/ bagaimana kondisi yang terjadi pada perusahaan dan posisi keuangannya. Nah disini lah muncul laporan keuangan. Sedangkan Laporan perubahan modal akan lebih jelas lagi pada ulasan dibawah ini.

Laporan keuangan adalah suatu informasi tentang keadaan keuangan perusahan dalam satu periode tertentu, yang digunakan untuk menggambarkan bagaimana kinerja perusahaan tersebut. Dapat diartikan pula sebagai hasil dari proses akuntansi yang bisa digunakan alat untuk berkomunikasi antara data keuangan ataupun aktivitas suatu perusahaan serta pihak-pihak yang berkepentingan dengan data ataupun aktivitas perusahaan tersebut.

Menurut PSAK no. 1 berdasarkan cara penyajiannya, laporan keuangan diurutkan sebagai berikut :

  1. Laporan Neraca
  2. Laporan Laba Rugi
  3. Laporan Perubahan Ekuitas/ Modal
  4. Laporan Arus Kas
  5. Serta Catatan Atas Laporan Keuangan.

Setidaknya, dari empat jenis laporan keuangan dalam akuntansi diatas digunakan untuk mengetahui kondisi keuangan bisnis. Pada artikel kali ini kita akan mempelajari tentang Laporan Perubahan Modal atau laporan perubahan ekuitas. Laporan ini disusun sesudah adanya neraca lajur atau kertas kerja dan juga laporan laba rugi. Mengapa demikian? sebab sumber data laporan ini khususnya pada laba bersih ataupun rugi bersih adanya dari neraca dan laporan laba rugi.

Laporan perubahan modal diperlukan untuk menerangkan keadaan modal yang sebenarnya. Selengkapnya akan di ulas dibawah ini.

A. Pengertian Laporan Perubahan Modal/ Ekuitas

Laporan perubahan modal adalah laporan keuangan yang menyajikan sebuah informasi tentang perubahan modal perusahaan, akibat dari semua kegiatan pokok operasi perusahaan di suatu periode akuntansi tertentu.
Atau juga dapat diartikan sebagai suatu ikhtisar mengenai perubahan jumlah modal yang telah terjadi selama periode tertentu.

Laporan Perubahan Modal digunakan untuk mengetahui maju mundurnya kondisi suatu perusahaan. Jika modal pada perusahaan bertambah artinya ada kemajuan, begitu pula sebaliknya. Jika modal awal malah lebih besar dibandingkan modal akhir maka hal ini telah menunjukkan perusahaan sedang mengalami kemunduran.
Jadi, laporan perubahan modal ini menggambarkan perubahan yang telah terjadi pada modal (ekuitas) pemilik perusahaan. Mengapa? Karena modal dapat mengalami perubahan bertambah ataupun berkurang, perubahan ini disebabkan dari hasil operasi perusahaan pada suatu periode tertentu.

B. Tujuan Laporan Perubahan Modal

  • Untuk bisa mengikhtisarkan aktiva dari pembayaran dan investasi serta dana yang dihasilkan pada sepanjang satu periode akuntansi.
  • Menyajikan sebuah pengungkapan perubahan modal kerja

C. Unsur – unsur Laporan Perubahan Modal

Sebenarnya mudah sekali untuk bisa menyusun sebuah Laporan Perubahan Modal untuk seseorang ataupun akuntan apabila sudah memahami unsur – unsur dalam laporan ini. Unsur – unsur itu adalah sebagai berikut :

  1. Laba tidak dibagikan pada awal periode (per awal tahun)
  2. Laba neto periode akuntansi
  3. Dividen yang sudah di umumkan
  4. Laba tidak dibagikan per akhir periode
Baca Juga :   Tugas Panitia Sembilan Beserta dengan Anggotanya Lengkap dengan Foto

Hal – hal yang mempengaruhi perubahan modal:

Berikut ini ialah hal – hal yang menjadi penyebab perubahan modal misalnya,

  • Adanya setoran tambahan atau investasi dari pemilik.
  • Adanya laba dan juga kerugian usaha.
  • Pengambilan digunakan untuk keperluan pribadi (prive).

D. Komponen Penyusun Laporan Perubahan Modal

Sumber data (informasi akuntansi) di dalam penyajiannya laporan perubahan modal didapat dari neraca lajur atau kertas kerja (worksheet). Secara rinci antara lain adalah :

1. Modal awal

Modal awal ini adalah modal pada awal tahun.

2. Tambahan investasi pemilik

Yakni setoran modal yang asalnya dari pemilik dalam satu periode akuntansi.

3. Perolehan laba atau rugi

Yakni hasil laba bersih maupun rugi bersih perusahaan dalam satu periode akuntansi.

4. Pengambilan pribadi (prive)

Yakni pengambilan uang yang digunakan untuk kepentingan pribadi dari pemilik perusahaan dalam satu periode akuntansi.

5. Modal akhir

Yakni modal yang diperoleh pada akhir tahun.

Laba bersih yang mengandung pada laporan perubahan modal pasti sama dengan jumlah laba bersih yang diperoleh pada laporan laba/rugi.

Sumber penyajian dari laporan perubahan modal adalah kertas kerja (work sheet).

  • Modal awal dapat dilihat pada neraca saldo.
  • Jika terdapat tambahan investasi, dapat diambil dari lajur penyesuaian sisi kredit.
  • Laba bersih dapat dilihat pada neraca lajur di kolom laba atau rugi sisi debit.
  • Data pengambilan pribadi, bisa diambil dari neraca lajur pada kolom neraca sisi debit.
  • Rugi perusahaan dapat diambil dari lajur laba/rugi sisi kredit atau hasil dari penghitungannya laba/rugi.

Dalam laporan ini telah menunjukkan bahwa seluruh perubahan dalam ekuitas/ modal untuk suatu periode, termasuk yang ada di dalamnya pos pendapatan dan juga beban telah diakui secara langsung pada ekuitas untuk satu periode tersebut. Pengaruh perubahan kebijakan akuntansi dan juga koreksi kesalahan juga diakui dalam periode tersebut. Perubahan ekuitas, selain adanya perubahan yang timbul pada transaksi dengan pemilik maka dalam kapasitasnya menjadi pemilik termasuk juga jumlah investasi, penghitungan dividen serta distribusi lain ke pemilik ekuitas selama suatu periode tertentu.

Dalam perjalanan saat menjalakan perusahaan, pastinya modal awal yang telah disetorkan akan mengalami sebuah perubahan. Perubahan modal ini pasti terjadi karena modal yang disetorkan dipakai untuk menjalankan roda perputaran pada perusahan, juga karena adanya dari penambahan laba yang di peroleh, serta penggunaan modal digunakan untuk kepentingan pemilik/ pribadi dan lainnya.

Capital statement atau yang dikenal dengan istilah laporan perubahan modal/ekuitas merupakan laporan yang memberikan sebuah informasi mengenai perubahan ekuitas atau perubahan modal dalam suatu periode tertentu. Demikian artikel laporan perubahan modal ini dibuat, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian dan juga terimakasih atas kesempatan waktunya.

Baca juga: