Komunikasi Data – Pengertian, Komponen Dan Karakteristiknya Lengkap

Posted on

Komunikasi Data – Pengertian, Komponen Dan Karakteristiknya Lengkap

Komunikasi Data – Adalah pertukaran data diantara dua perangkat atau lebih, melalui suatu media transmisi seperti kabel. Supaya komunikasi data itu dapat terjadi, perangkat harus saling berkomunikasi atau saling terkait menjadi suatu bagian dari sebuah sistem komunikasi, perangkat itu terdiri dari kombinasi hardware dan juga software. Sistem komunikasi dapat berjalan dengan efektif tergantung dari empat karakteristiknya yang mendasar yaitu pengiriman, akurasi, ketepatan waktu dan jitter.

Komunikasi Data

Karakteristik Dasar Komunikasi Data

Sebuah sistem komunikasi akan berjalan dengan lancar tergantung dari empat karakteristiknya, yang diantaranya sebagai berikut :

Pengiriman

Sistem harus mengirim data ke tempat yang dituju, kemudian data harus diterima oleh user sesuai dengan apa yang dikirim oleh pengirim.

Akurasi

Sebuah sistem harus memberi data yang akurat, bila data tak akurat maka tak akan bisa digunakan.

Ketepatan Waktu

Sebuah sistem juga haru mnegirim data di waktu yang tepat, karena bila pengiriman telat maka data juga tidak bisa digunakan. Contohnya dalam pengiriman video/audio, bila pengiriman tepat waktu maka akan memberi data yang sesuai dengan aslinya tanpa ada penundaan yang sifatnya signifikan. Pengiriman ini disebut dengan pengiriman transmisi secara real time.

Jitter

Adalah keterlambatan yang tak merata di dalam suatu pengiriman paket video atau audio. Pada intinya jitter ini merupakan variasi dari delay yang pertama dan delay yang berikutnya.

Komponen Komunikasi Data

Berikut ini beberapa komponen dalam komunikasi data, diantaranya yaitu :

  • Pengirim– Suatu perangkat yang mengirimkan data.
  • Penerima– Suatu perangkat yang menerima data.
  • Data– Sebuah informasi yang dipindahkan dari pengirim ke penerima.
  • Media Pengiriman– Sebuah media yang digunakan untuk mengirimkan data tersebut.
  • Protokol– Sebuah aturan yang fungsinya menyesuaikan atau menyelaraskan hubungan.
Baca Juga :   Basis Data dan Sistem Basis Data : Pengertian, Definisi, Tujuan, Fungsi dan Komponennya

Selain itu komunikasi data juga memiliki fungsi dan tujuannya, antara lain :

  • Mengefisiensikan pengiriman data dalam jumlah yang besar tanpa ada kesalahan.
  • Memungkinkan penggunaan komputer serta perlatan pendukungnya dari jauh.
  • Dapat mendukung manajemen di dalam hal kontrol karena hal ini memungkinkan penggunaan sistem komputer yang secara terpusat atau tersebar,
  • Dapat digunakan untuk berkomunikasi untuk orang yang memiliki lokasi geografi yang berbeda.
  • Mampu menyebarkan informasi dengan cara yang cepat.

Bentuk-bentuk komunikasi data

Selain karakteristik dan komponennya, ada pula bentuk dari komunikasi data. Simak uraian lengkapnya :

Offline Communication System

Adalah sebuah sistem pengiriman data yang melalui fasilitas telekomunikasi dari suatu lokasi yang menuju ke pusat pengolah data, tetapi data yang dikirim tak langsung diproses oleh CPU. Ada beberapa peralatan yang diperlukan di dalam komunikasi offline, diantaranya yaitu :

  • Adalah I/O yang digunakan untuk mengirim serta menerima data jarak jauh yang memakai fasilitas telekomunikasi. Ada banyak macam jenis terminal ini, misalnya paper tape, disk drive dan lain sebagainya.
  • Jalur Komunikasi. Adalah sebuah fasilitas telekomunikasi yang sering digunakan misalnya telepon/telegraf.
  • Modem. Adalah alat yang mengubah data dari sistem kode digital ke dalam kode analog atau sebaliknya.

Online Communication System

Di dalam sistem yang satu ini data yang dikirim lewat terminal komputer bisa langsung diproses oleh komputer, ketika kita memerlukannya. Sistem komunikasi online ini bisa berupa :

  • Realtime System. Sebuah sistem pengolahan data yang memerlukan tingkat transaksi dengan kecepatan yang sangat tinggi.
  • Batch Processing. Adalah teknik pengolahan data dengan cara menumpuk data itu lalu diatur pengelompokkan datanya di dalam suatu kelompok yang disebut dengan batch.
  • Time Sharing System. Adalah sistem komputer interaktif yang terpancar dengan cara geografis serta dihubungkan lewat jalur telekomunikasi, setiap komputer juga mampu memproses data dengan cara mandiri serta mempunyai kemampuan dalam berhubungan dengan komputer yang lain di sebuah sistem.

Sekian pembahasan dan juga penjelasan mengenai komunikasi data yang meliputi pengertiannya, komponen dan juga karakteristiknya lengkap. Semoga artikel ini memberi manfaat untuk anda semua, dan dapat menambah pengetahuan anda dalam bidang komputer/teknologi.

Baca Juga :