Kesenjangan Sosial : Pengertian, Faktor Penyebab, Dampak, Contoh dan Cara Mengatasinya Lengkap

Posted on
Kesenjangan Sosial : Pengertian, Faktor Penyebab, Dampak, Contoh dan Cara Mengatasinya Lengkap
4 (80%) 2 votes

Kesenjangan sosial adalah sebuah kondisi dimana muncul ketidakseimbangan sosial ataupun ketimpangan sosial didalam masyarakat sehingga membuat perbedaan sangat mencolok.

Pengertian Kesenjangan Sosial, Faktor Penyebab, Dampak, Contoh dan Cara Mengatasi Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial tersebut terjadi ditandai oleh adanya peluang serta manfaat yang tak sama pada posisi sosial yang beda pada sebuah status ataupun kelompok masyarakat.

Pengertian Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial bisa dilihat dari adanya ketidak samaan antara kapasitas barang atau jasa, kekayaan, imbalan, kesempatan dan juga hukuman yang diperoleh antar masyarakat.

Sementara itu, kesenjangan sosial ekonomi ialah suatu gejala yang hadir dalam masyarakat disebabkan adanya perbedaan antara kemampuan finansial serta lainnya diantara masyarakat yang tinggal di wilayah tertentu.
Kesenjangan ekonomi juga merupakan terjadinya ketimpangan pada distribusi pendapatan kelompok masyarakat yang berpenghasilan tinggi dengan kelompok masyarakat yang berpenghasilan rendah.

Faktor Penyebab Kesenjangan Sosial Ekonomi

Ada faktor penyebab kesenjangan sosial ekonomi dalam masyarakat diantaranya:

a. Perbedaan Sumber Daya Alam

Adanya perbedaan sumber daya alam sangat berkaitan dengan tingkat perekonomian daerah. Bila bisa memanfaatkan sumber daya alam secara baik, maka laju perekonomian daerah pun akan meningkat atau sebaliknya. Suatu daerah memiliki tingkat perekonomian rendah bila masyarakat tak bisa memanfaatkan sumber daya alam dengan maksimal.

b. Kebijakan Pemerintah

suatu kebijakan pemerintah juga bisa mengakibatkan adanya kesenjangan sosial. Misalnya saja program transmigrasi. Ketika warga pendatang lebih maju dari pada warga asli ketimpangan sosial bisa terjadi. Hal itu terjadi karena adanya ketidak setaraan dua kelompok masyarakat yang harusnya bisa berkembang bersama.

c. Pengaruh Globalisasi

Bagi masyarakat yang bisa menanggapi globalisasi secara tepat akan bisa memanfaatkan proses tersebut untuk mencapai kemajuan. Sedangkan bagi masyarakat yang tak bisa memanfaatkan proses globalisasi secara tepat, maka tidak akan mampu untuk mengambil kesempatan proses globalisasi sehingga mengalami ketertinggalan dari lainnya.

Baca Juga :   Dropship dan Reseller : Pengertian Dalam Online Shop Beserta Contohnya

d. Faktor Demografis

Keadaan demografis menunjukan adanya tingkat pertumbuhan serta struktur kependudukan, tingkat kesehatan, tingkat pendidikan, perbedaan ketenaga kerjaan, dan berbagai hal yang berhubungan dengan penduduk. Adanya perbedaan kondisi demografis daerah tertentu bisa mengakibatkan terjadinya ketimpangan sosial dikarenakan perbedaan produktivitas kerja dari masyarakat masing masing daerah.

e. Letak dan Kondisi Geografis

factor berikutnya adalah letak dan keadaan geografis wilayah Indonesia juga bisa mempengaruhi pembangunan suatu masyarakat. Umumnya masyarakat yang hidup di dataran rendah lebih gampang membangun berbagai infrastruktur. Sedangkan untuk masyarakat yang hidup di dataran tinggi memerlukan waktu serta proses panjang untuk pembangunan dikarenakan memiliki kendalam keadaan alam disana yang menanjak serta tidak merata.

f. Berkurangnya pendapatan per kapita pada negara.

g. Ketidak merataan pembangunan daerah.

h. Sedikitnya mobilitas sosial.

i. Adanya pencemaran lingkungan alam.

Dampak Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial memiliki 2 dampak untuk masyarakat. Diantaranya:

Dampak Positif

  • Mampu menghilangkan keadaan pemicu stress
  • Mampu merileksasikan pikiran dan raga
  • Mampu mempercepat proses aktivitas insan
  • Mengakibatkan pembagian kerja secara lebih merata

Dampak Negatif

  • Mampu menumbuhkan sifat malas bagi masyarakat
  • Adanya ketidakpuasaan dengan sesuatu
  • Gampang putus asa sehingga menghambat mobilitas kerja seseorang
  • Munculnya kecemburuan sosial
  • Munculnya tindak kriminalitas

Contoh Kesenjangan Sosial

Ada banyak contoh kesenjangan sosial di masyarakat. Diantaranya:

  1. Para koruptor yang memakan duit rakyat sampai milyaran rupiah Cuma ditahan 3 tahun. Tetapi maling ayam saja ditahan sampai belasan tahun.
  2. Tak ada fasilitas transportasi cukup bagus bagi penderita cacat.
  3. Bagi yang berpenampilan bagus menggunakan baju mahal di perlakukan secara baik dari pelayan beda dengan mereka yang berpenampilan biasa.

Cara Mengatasi Kesenjangan Sosial

Solusi menghadapi kesenjangan sosial di masyarakat bisa dilakukan oleh pemerintah dengan langkah:

  • Memberi kesempatan yang sama untuk masyarakat guna memperoleh pendidikan yang layak mulai dari yang kaya sampai masyarakat miskin.
  • Mampu menciptakan lapangan pekerjaan.
  • Bisa melakukan pemerataan pembangunan pada semua daerah.

Itulah pembahasan tentang pengertian kesenjangan sosial dan faktor Penyebab, Contoh, Dampak dan juga Cara Mengatasi Kesenjangan Sosial secara Lengkap. Semoga bermanfaat.