11 Ciri – Ciri Prilaku Kreatif dan Pengertiannya Lengkap

Posted on
11 Ciri – Ciri Prilaku Kreatif dan Pengertiannya Lengkap
5 (100%) 1 vote

Pengertian dan Ciri – Ciri Prilaku Kreatif

Ciri ciri kreatif – kreativitas tinggi dapat dijadikan senjata andalan di tengah ketatnya sebuah persaingan dunia kerja. Orang kreatif paling memahami potensi dirinya sendiri serta mampu menjalankan beragam hal menarik yang mungkin tidak pernah terfikirkan sedikitpun oleh orang lain. Sebetulnya seperti apa sih orang kreatif tersebut? Yuk, simak pembahasan ciri ciri kreatif seseorang berikut ini.

Ciri Ciri Kreatif

1. Suka Berimajinasi, Namun Tetap Memijakkan Pada Realita

Orang kreatif menyukai khayalan, berangan angan dengan membayangkan hal yang biasanya tidak dipikirakan oleh orang lain. Implementasi pemikiran kreatif ini awalnya dari imajinasi sampai menjadi ide yang matang dan bisa diwujudkan.

Meski sering ‘berkhayal di siang bolong’, namun mereka akan menuangkannya menjadi kenyataan dengan terobosan baru yang bisa menggugah perhatian banyak orang.

2. Mempunyai Banyak Energi Namun Tetap Bisa Fokus

Meskipun mereka menghabiskan waktu sangat lama hingga berjam jam guna melakukan suatu hal yang bisa menarik perhatian orang, namun mereka tetap bisa berkonsentrasi. Dan mereka tahu kapan waktunya istirahat hingga menjalankan pekerjaannya kagi dengan baik.

3. Lebih dari ‘Cerdas’

Orang yang cerdas bisa dilihat melalui tes IQ-nya, dan rata rata mereka mempunyai rasa ingin tahu paling tinggi sehingga ia mampu berfikir kreatif serta menyelesaikan pekerjaannya secara kreatif.

4. Menyukai Bermain, Namun Tetap Disiplin

Inilah penyebab kenapa karakteristik dari orang kreatif sulit digambarkan. Mereka lebih cenderung senang dalam bermain, namun tetap disiplin. ‘Bermain’ disini maksudnya kombinasi antara sikap aktif serta keinginantahu mereka pada sesuatu.

5. Mempunyai Passion yang Kuat, Namun Tetap Fleksibel

Orang kreatif mencintai pekerjaan yang dijalankan serta semangat dalam menyelesaikannya secara baik. Tapi, di sisi lain mereka tampak fleksibel.

6. Bisa Ekstrovert Maupun Introvert

Terdapat dua tipe kepribadian secara umum di dunia, yakni sang introvert (yang tertutup) dan ekstrovert (si gaul). Nah, pada sebuah penilitian menyatakan bahwa orang kreatif ini lebih cenderung pas/ tepat di tengah-tengah keduanya. Jadi kepribadian yang bercambur introvert dan juga ekstrivert dikenal dengan nama ambivert.

Tipe kepribadian tersebut menggambarkan beberapa orang yang supel dan juga ramah, suka berteman dan bersosialisasi bersama kelompok besar, namun mereka tetap memerlukan waktu menyendiri guna berfikir.

Sisi supel serta ‘haus akan interaksi’ orang ambivert ini memungkinkan untuk mereka mencari ide-ide dan inspirasi baru, sedangkan sisi introvert pada mereka membantu guna tetap dapat fokus dari pekerjaan serta mematangkan sebuah idenya.

Baca Juga :   Konservasi : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Contohnya Terlengkap

7. Memandang Kegagalan Menjadi Satu Langkah Maju Mendekati Kesuksesan

Orang kreatif melihat kegagalan menjadi kesempatan guna belajar dan tumbuh berkembang. Saat kamu gagal, maka ide kreatif mulai muncul untuk mencari celah yang baru supaya dapat berhasil. Sama halnya ketika kita terjepit maupun kepepet, maka kita kerap kali menemukan sebuah ide ide baru yang saat sebelumnya tidak pernah terbesit dibekak kita.

Orang kreatif tidak pernah berhenti dalam mencoba dan terus mencoba. Sekalipun mereka menemukan sebuah kegagalan, maka mereka selalu melihat terdapat jalan lain yang dapat untuk di coba demi sebuah kesuksesan.

8. Mereka Menghubungkan Beberapa Titik

Steve jobs pernah berpendapat bahwa ‘kreativitas ialah mengenai menghubungkan setiap beberapa titik’, dan memang benar. Artinya ialah bagaimana kita dapat menghubungkan ide ide yang kelihatannya terpisah sehingga jadi sesuatu yang benar benar baru.

Mereka yang berfikir kreatif paling mengenal hal ini serta selalu mencoba memakainya guna keuntungannya mereka. Mereka selalu berusaha menyatukan beragam inspirasi yang berbeda guna menciptakan sesuatu yang betul betul menakjubkan.

9. Memanfaatkan Kolaborasi

Mereka yang berfikir kreatif memahami pula bahwa dengan cara berkolaborasi maka mereka akan menjadi paling kuat. Pada saat pikiran kreatif bergabung menjadi satu, maka beberapa ide baru juga akan muncul, berbaur, serta berpotensi untuk melahirkan suatu yang luar biasa serta menakjubkan di dunia ini.

Misalnya, desainer dan seniman faham akan kekuatan kolaborasi secara sangat baik. Seorang desainer Yves Saint Laurent berkolaborasi bersama artis Andy Warhol di tahun 1974 untuk menghasilkan sejumlah potret yang menakjubkan.

10. Mereka Juga Tahu Bagaimana Untuk Mengatakan Tidak

Seseorang yang kreatif, mereka juga dapat mengatakan tidak. Sebab dalam suatu waktu, saat hanya dapat mengerjakan satu hal, sehingga jika ada dua pilihan maka mereka bisa memilih yang terbaik.

Dengan mengatakan kata tidak untuk sejumlah hal, maka mereka yang berfikir kreatif akan memperoleh beberapa hal yang besar sebagai fokusnya. Sehingga mereka mempunyai lebih banyak waktu serta ruang guna melaksanakan beberapa proyek mereka yang jauh lebih penting.

11. Mereka Senantiasa Dapat Berekspresi dan Berseni, Walaupun Memiliki Keterbatasan

Orang yang berfikiran kreatif tidak ada batasan pada diri mereka pada suatu media maupun pada satu cara saja. Sebaliknya, mereka paling terbuka untuk beberapa cara baru lainnya pada saat mengekspresikan diri mereka walaupun telah dibatasi dengan ketentuan dan larangan tertentu. Sejumlah pencipta terbesar sepanjang masa memperoleh kreativitas mereka serta produktivitas mereka dengan melakukan cara tersebut.

Dan sebaliknya, mereka ‘yang telah mengaku bahwa dirinya adalah seniman kreatif’ namun saat dibatasi denga ketentuan dan peraturan tertentu tetapu teriak teriak berprotes, maka itu tandanya bahwa mereka kurang kreatif. Seharusnya malah mereka dengan keadaan seperti apapun harus tetap dapat berproduksi, maka artinya adalah tanda kreatif yang sejati.

Jadi, orang kreatif itu cukup sulit bila digambarkan. Ini disebabkan kreatifitas melibatkan beberapa proses berfikir, imajinatif, sebuah tindakan, serta emosi yang berbeda-beda untuk setiap orang. Sekian dulu artikel tentang ciri-ciri kreatif ini, semoga menjadi bekal kalian dalam memahaminya lebih lanjut!

Baca juga: