Sistem Peredaran Getah Bening (Limfa) dan Kelenjar Getah Bening

Sistem Peredaran Getah Bening (Limfa) dan Kelenjar Getah Bening
Rate this post

Sistem Peredaran Getah Bening (Limfa) dan Kelenjar Getah Bening

saranailmu.com – Sistem peredaran getah bening berperan dalam sistem kekebalan tubuh dan pengangkutan lemak. Sistem peredaran getah bening atau limfa terdiri dari dari kelenjar limfa, cairan limfa, pembuluh limfa. berikut

1. Kelenjar limfa

Kelenjar limfa berfungsi membuat sel darah putih dan menjaga tubuh agar tidak mengalami infeksi berkepanjangan. Kelenjar limfa terdapat di sepanjang pembuluh limfa. Di dalam tubuh terdapat alat tubuh yang fungsinya sama dengan kelenjar limfa, di antaranya :

a. kelenjar limfa di lipatan ketiak, paha, dan leher;

b. kelenjar folikel, di pangkal lidah;

c. tonsil dan amandel;

d. kelenjar limfa di selaput lendir usus.

 

 

2. Cairan limfa

Cairan limfa adalah cairan yang diproduksi oleh kelenjar limfa. Cairan ini merupakan cairan darah yang keluar dari kapiler darah. Cairan limfa mengandung lemak dan sel-sel darah putih yang berfungsi melawan kuman penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

3. Pembuluh limfa

Pembuluh limfa terdapat di sela-sela otot,dan memiliki cabang-cabang yang halus, bagian ujung pembuluh limpfa terbuka. Melalui ujung inilah cairan tubuh masuk ke dalam pembuluh limfa. Pembuluh limfa dibedakan atas 2 macam, yaitu :

a. Pembuluh limfa kiri
Pembuluh limfa ini menerima aliran cairan limfa dari pembuluh limfa atas bagian bawah dan bermuara di pembuluh balik selangka kiri.

b. Pembuluh limfa kanan
Pembuluh limfa kanan menerima aliran cairan limfa dari arah kepala, leher, dada kiri, paru-paru, jantung, dan dada sebelah kanan, kemudian bermuara di pembuluh balik di bawah selangka.

Baca Juga :

Sistem Peredaran Getah Bening (Limfa) dan Kelenjar Getah Bening | penulis oke | 4.5
Shares