Kegunaan Indeks Harga : Pengertian, Macam dan Tujuannya Terlengkap

Posted on
Kegunaan Indeks Harga : Pengertian, Macam dan Tujuannya Terlengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Kegunaan Indeks Harga, Macam dan Tujuannya

Kegunaan Indeks harga – Berkaitan dengan indeks harga, maka akan berbicara tentang kegiatan perekonomian suatu negara. Dari waktu ke waktu berikutnya, perekonomian negara berjalan secara fluktuatif atau naik turun. Ada saatnya produksi suatu negara bisa meningkat, dan bisa juga terjadi penurunan. Begitu pula dengan keuntungan suatu perusahaan, harga barang dan pendapatan nasional suatu negara.

Pengertian Indeks harga adalah sebagai suatu ukuran yang menunjukkan mengenai berbagai perubahan yang terjadi pada harga dari waktu ke waktu.

• Macam Indeks Harga

  1. Indeks Harga konsumen (IHK), adalah indeks harga yang mengukur perubahan yang terjadi pada harga eceran barang dan jasa yang diminta oleh konsumen dari waktu ke waktu. Seluruh komoditi tersebut digolongkan menjadi tujuh kelompok besar, yakni bahan makanan, makanan jadi, rokok dan tembakau, perumahan, sandang, kesehatan, pendidikan, rekreasi dan olah raga, serta transportasi dan komunikasi.
  2. Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB), adalah indeks harga yang mengukur perubahan harga yang terjadi pada bahan mentah dan barang jadi di pasar-pasar primer. IHPB memberikan informasi tentang arah umum pergerakan harga. Dengan cara melihat perkembangan dari perkembangan IHPB, para pedagang besar bisa memperkirakan keadaan harga di masa yang akan datang, dan barang yang dihitung IPHB dikelompokkan ke dalam sebuah sektor tertentu, lalu akan dibagi lagi ke dalam sub sektor.
  3. Indeks Harga yang Diterima dan Dibayar Petani. Indeks harga yang diterima petani yakni indeks harga yang mengukur perubahan harga yang diterima petani atas penjualan hasil produksi pertaniannya. Indeks harga yang dibayar petani yaitu indeks harga yang mengukur perubahan harga yang dibayar petani atas barang dan jasa yang diperlukan petani untuk konsumsi maupun untuk produksi pertaniannya. Dengan membandingkan indeks harga yang diterima petani terhadap indeks harga yang dibayar akan diperoleh nilai tukar petani.
  4. Indeks Harga Saham, adalah indeks harga yang mengukur perubahan harga saham di pasar modal. Dengan melihat perkembangan indeks harga saham, para pelaku pasar saham dapat membuat keputusan yang tepat dalam kegiatan jual beli saham.Indeks harga adalah suatu perbandingan antara harga rata – rata suatu barang pada tahun yang dihitung dan harga rata – rata pada tahun dasarnya.

• Tujuan Indeks Harga

Berikut ini tujuan indeks harga dalam perekonomian suatu negara yaitu sebagai berikut :

  1. Sebagai sebuah petunjuk atau indikator yang bisa digunakan dalam mengukur kegiatan perekonomian secara umum.
  2. Memberikan gambaran trend atau kecenderungan dalam perdagangan.
  3. Indeks Harga Konsumen (IHK) dan Indeks Harga Biaya Hidup bisa digunakan untuk penetapan gaji karyawan dan perubahannya.
  4. Indeks Harga yang berlaku untuk petani adalah berguna untuk memberikan gambaran bagi para petani tersebut apakah petani tersebut makmur atau semakin melarat.
  5. Indeks Harga umumnya digunakan pedagang dalam kebijakan penetapan harga barang dan penentuan jumlah barang.
  6. Indeks harga bertujuan untuk menghitung atau mengetahui tingkat kemajuan perekonomian dalam negara.
    Indeks harga bertujuan untuk dijadikan sebagai pedoman untuk membandingkan harga dari waktu ke waktu
  7. Indeks harga bertujuan untuk mengetahui harga yang berlaku di pasar, karena hal itu sangat penting bagi konsumen untuk bisa menentukan kebijakan perekonomian di masa mendatang.
  8. Indeks harga memiliki tujuan untuk mengetahui apakah suatu permintaan dan penawaran menurun atau meningkat dalam suatu kegiatan perekonomian negara.
Baca Juga :   Isi Perjanjian Postdam dan San Fransisco

• Kegunaan Indeks Harga dalam Perekonomian

Indeks harga memiliki peranan penting dalam perekonomian. Kegunaan indeks harga meliputi:

  1. Indeks harga sebagai dasar dalam pembuatan kebijakan ekonomi seperti kebijakan fiskal dan moneter. Contohnya, dengan cara melihat perkembangan Indeks Harga Konsumen, pemerintah bisa menghitung laju inflasi. Dengan mengetahui laju inflasi yang terjadi pemerintah bisa menentukan berbagai kebijakan moneter, seperti menambah atau mengurangi jumlah uang yang beredar. Dengan mengetahui laju inflasi pemerintah juga bisa menentukan kebijakan fiskal, seperti berapa % kenaikan gaji pegawai negeri sipil yang tepat.
  2. Indeks harga sebagai dasar untuk membuat penentuan kebijakan harga, agar harga yang terjadi tidak merugikan konsumen maupun produsen. Dalam hal ini, pemerintah dapat membuat kebijakan harga maksimum (untuk melindungi konsumen) atau membuat kebijakan harga minimum (untuk melindungi produsen).
  3. Indeks barang sebagai alat untuk mengukur tingkat kemajuan ekonomi.
  4. Indeks harga sebagai alat untuk menyelidiki faktor-faktor yang mendorong atau yang menghambat kemajuan ekonomi.
  5. Indeks harga sebagai penentuan harga jual produk untuk para pedagang. Jika para pedagang tidak ingin rugi, besarnya harga jual produk harus selalu mengikuti perkembangan indeks harga. Apabila indeks harga mengalami peningkatan, maka harga jual produk juga harus meningkat.
  6. Indeks harga sebagai dasar untuk menentukan jumlah persediaan barang. Apabila indeks harga terus menerusmengalami kenaikan, maka sebaiknya pembelian persediaan dipercepat untuk menghindari harga pembelian persediaan yang lebih tinggi.
  7. Indeks harga, terutama indeks harga bagi konsumen dapat dipakai sebagai dasar penentuan jumlah gaji atau upah karyawan.
  8. Indeks harga, terutama indeks harga yang diterima dan dibayar petani, hal itu mampu memberikan gambaran mengenai tingkat kemakmuran petani. Dengan melihat perkembangan kedua indeks ini pemerintah dapat menentukan kebijakan yang tepat bagi petani.
  9. Indeks harga, terutama adalah indeks harga saham sangat bermanfaat sebagai dasar pertimbangan dalam kegiatan jual beli saham.

Demikianlah artikel diatas yang membahas mengenai Kegunaan Indeks Harga. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi kalian yang membacanya. Terimakasih.

Baca juga: