Karakteristik Perusahaan Jasa : Pengertian, Ciri, Ruang Lingkup dan Contohnya Terlengkap

Posted on

Karakteristik Perusahaan Jasa : Pengertian, Ciri, Ruang Lingkup dan Contohnya Terlengkap

Karakteristik Perusahaan Jasa – apakah kamu tahu tentang perusahaan jasa? Sekarang memang sudah banyak yang bergerak dalam bidang perusahaan jasa. Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini akan menjelaskan tentang perusahaan jasa. Pembahasan pada artikel kali ini akan meliputi mulai dari pengertian perusahaan jasa, karakteristik perusahaan jasa, ciri-ciri perusahaan jasa, ruang lingkup perusahaan jasa dan contoh perusahaan jasa dengan lengkap dan ringan.

Karakteristik Perusahaan Jasa

Pengertian Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu usaha yang mempunyai aktivitas produksi produk yang tidak “berwujud” atau jasa yang memiliki tujuan untuk memperoleh sebuah keuntungan atau laba. Perusahaan jasa dapat juga diartikan dengan sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, yang mempunyai tujuan untuk memenuhi kebutuhan dari konsumen dan memperoleh keuntungan.

Namun perusahaan jasa membutuhkan produk fisik atau berwujud untuk melakukan akvitas usahanya. Misalnya seperti perusahaan transportasi umum yang memberikan jasa transportasi terhadap konsumen, maka utuk bisa melaksanakan aktivitas usahanya perusahaan tersebut membutuhkan alat transportasi seperti bus, pesawat atau kapal lauh dan juga alat transportasi tersebut adalah produk yang memiliki wujud.

Laporan Keuangan dalam Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa

Ketika membuat laporan keuangan pada perusahaan jasa dengan langkah-langkah dalam siklus akuntansi yaitu:

  • Pencatatan
  • Penggolongan
  • Pengiktisaran
  • Laporan Keuangan

Karakteristik Perusahaan Jasa

Karakteristik dari perusahaan jasa antara lain sebagai berikut:

  • Tidak mempunyai wujud, yang artinya bersifat abstrak dan tidak dapat dilihat
  • Produk yang dihasilkan dari perusahaan jasa tidak berstandar atau bervariasi (heterogenitas).
  • Terdapat 2 hal yang tidak dapat dipisahakan yaitu “produk yang dihasilkan dan dikonsumsi secara bersama-sama”
  • Tidak bisa disimpan karena tidak mempunyai wujud

Ciri-Ciri Perusahaan Jasa

Setelah membaca penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa perusahaan jasa merupakan suatu perusahaan yang mempunyai aktivitas untuk memproduksi dan menyediakan beragam jenis pelayanan seperti keamanan, kemudahan dan lain sebagainya kepada konsumen yang memerlukannya. Secara umum perusahan jasa memiliki suatu ciri-ciri yaitu sebagai berikut:

  • Penghasilannya berasal dari penjualan jasa
  • Di dalam proses memproduksi jasa, bisa atau tidaknya biasanya membutuhkan bantuan dari produk fisik.
  • Jasa yang ditawarkan adalah tidak sama, jadi setiap konsumen bisa mendapatkan beberapa jenis pelayanan yang berbeda dengan konsumen lainnya.
  • Tidak mempunyai persediaan produk dalam wujud fisik karena produk yang dijual adalah produk yang tidak memiliki wujud. Maksudanya adalah “Jasa” Jadi produk yang dihasilkan tidak bisa dilihat akan tetapi dapat dirasakan manfaatnya.
  • Kadang kala tingkatan harganya memiliki sifat yang tidak mutlak sebab murah atau mahalnya harga suatu produk yang ditentukan oleh perusahaan bergantung dari tingkat kebutuhan konsumen.
  • Jasa yang didapatkan dari perusahaan jasa tidak dapat disimpan, jadi sekali dibeli maka pemakaiannya akan langsung habis.
Baca Juga :   Apa itu Globalisasi? Pengertian, Penyebab, dan Dampak Globalisasi Beserta Definisinya

Ruang Lingkup Perusahaan Jasa

Berbicara mengenai ruang lingkup dari perusahaan, perusahaan jasa juga memiliki ruang lingkup. Perusahaan jasa merupakan perusahaan yang hanya menyediaka dan menjual produk jasa saja bagi konsumennya. Perusahaan ini tidak memiliki persediaan bahan baku dan tidak juga memproduksi barang. Begitupun juga jasa yang dihasilkan perusahaan itu yang hanya bisa dinikmasti oleh konsumen pada saat jasa itu diberikan kepada konsumen. Jadi jika berbicara mengenai ruang lingkup operasi perusahaan jasa, ruang lingkupnya dimulai pada saat menyiapkan jasa hingga pada saat menjualnya.

Seperti misalnya pada jasa dokter, ruang lingkupnya mulai dari saat dokter memeriksa pasien dan memberikan resep obat pada pasien. Ruang lingkup dari perusahaan jasa ini bisa dibilang tidak terlalu besar karena hanya seputar mempersiapkan jasa yang akan diberikan kepada konsumen hingga pada saat produsen jasa menjual produk jasanya pada konsumen tersebut.

Hal ini tentu berbeda dengan beberapa perusahaan yang bergerak di bidang lain, seperti misalnya perdagangan yang mana ruang lingkupnya lebih luas dan lebih panjang seperti. Dalam perusahaan dagang, ruang lingkupnya dimuali dari saat membeli produk dari perusahaan manufaktur misalnya kemudian menyimpannya untuk sementara tanpa merubah produk tersebut hingga saat kemudian menjualnya kembali kepada para konsumen. Perusahaan jasa juga berbeda dengan perusahaan dagang dimana perusahaan dagang menjual atau menawarkan produk barang yang bisa diterima, bisa disimpan dan terkadang bisa seragam untuk sampai kepada konsumen.

Berikut adalah ruang lingkup perusahaan jasa yaitu sebagai berikut:

  • Komunikasi: Perusahaan telepon, stasiun tv, radio
  • Profesi: akuntan, klik bersalin
  • Hiburan: bioskop, taman hiburan, kebun binatang
  • Tempat tinggal: hotel, asrama, guest house
  • Keahlian perseorangan: salon kecantikan, penjahit, studio foto, potong rambut.

Lain halnya dengan produk perusahaan jasa yang mana produk atau hasilnya hanya bersifat abstrak yang artinya produk atau hasilnya hanya bisa dirasakan saja. Selain itu, produk atau hasilnya hanya bisa diterima pada saat itu saja langsung dari di penjual jasa saa itu juga jasa diterima oleh konsumen karena bersifat abstrak maka otomatis produk atau jasanya tidak bisa disimpan.

Contoh Perusahaan Jasa Di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa perusahaan jasa di Indonesia yang ada saat ini antara lain sebagai berikut:

  • Bergerak Dalam Bidang Transportasi, infrastruktur dan utilitas seperti: Indosat Tbk, Garuda Indonesi Tbk, Telekomunikasi Indonesi Tbk, Jasa Marga Tbk, dan lain sebagainya.
  • Bergerak di bidang keuangan misalnya Bank Indonesia, Bank Central Asia Tbk, Bank Mandiri Tbk, Bank Danamon Indonesia Tbk, Bank Rakyat Indonesia Tbk, dan lain sebagainya.

Demikianlah artikel kali tentang Karakteristik Perusahaan Jasa, semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian tentang perusahaan jasa. Terimakasih sudah membaca artikel kali ini dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Baca juga: