Jenis-jenis Batuan Beku dan Contohnya

Jenis-jenis Batuan Beku dan Contohnya
Rate this post

Jenis-jenis Batuan Beku dan Contohnya

Jenis-jenis Batuan Beku dan Contohnya

Artikel kali ini akan membahas mengenai pengertian dari batuan beku, contoh-contoh dari batuan beku, jenis batuan beku, macam batuan ketu, batuan beku dalam dan batuan beku luar serta klasifikasi batuan beku.

Batuan beku sendiri merupakan batuan keras yan g terbentuk dari magma yang dikeluarkan oleh perut bumi sehingga membeku dan mengalami proses pendinginan. Itu sebabnya, batuan beku biasa disebut juga sebagai bekuan.

Berikuit Ini adalah Jenis-jenis batuan beku dan Contoh-contoh batuan beku

Batuan beku sendiri bisa dibedakan menjadi empat jenis berdasarkan dengan tempat dari magma yang keluar membeku. Berikut ini adalah jenis-jenis batuan beku:

  1. Batuan Beku Dalam

Batuan beku dalam atau yang biasa desbut juga dengan batuan plutonik ini biasanya terbentuk akibat proses pembekuan magma yang berada di bawah permukaan bumi. Proses pembentukan batuan ini biasanya terjadi secara lambat. Hingga batuan ini memiliki bentuk yang lebih kasar dan mengkristal atau bisa juga disebut dengan holokristalin. Contohnya, magma yang mengalir kemudian meresap ke dalam lapisan-lapisan bumi pada bagian dalam. Dan di situlah batuan tersebut membeku, contohnya seperti sienit, granit, diori dan juga gabro.

 

  1. Batuan Beku Luar

Batuan beku luar ini juga biasa disebut dengan batuan beku vulkanik yang terbentuk akibat adanya proses pembuan magma pada permukaan bumi. Pembentukan batuan ini biasanya terjadi secara cepat sehingga menghasilkan bentuk yang lebih halus serta tidak mengkristal, atau bisa disebut juga kristalnya sangat halus.

Contoh batuan beku luar adalah, obsidian, liparit, trachit, desit, andesit dan juga basalt.

  1. Batuan Beku Korok

Batuan beku korok biasanya terbentuk akibat adanyanya penyusupan magma yang terjadi pada celah-celah litosfer bagian atas dan kemudian akhirnya membeku. Hal ini disebabkan karena posisi batuan beku korok biasanya dekat dengan permukaan bumi. Batuan beku jenis ini juga bentuknya tidak beraturan atau kasar, arau mengkristal. Contoh batuan beku korok antara lain, porfir granit, porfir diorite, dan juga ordinit.

 

Sudah tahu kan, penjelasan mengenai jenis-jenis batuan beku. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.

 

Baca Juga:

 

 

Jenis-jenis Batuan Beku dan Contohnya | penulis oke | 4.5
Shares