Jaring-jaring prisma segitiga, segi empat, segi lima, segi enam dan trapesium

Jaring-jaring prisma segitiga, segi empat, segi lima, segi enam dan trapesium
Rate this post

Macam-Macam Jaring Prisma : Segitiga, Segi Empat, Segi Lima, Segi Enam Dan Trapesium

Jaring Jaring Prisma sebelum kamu mempelajari bangun ruang prisma, sebaiknya ketahui dulu bagaimana bentuk jaring jaring prisma. Banyak sekali jenis jenis jenis prisma yang bisa kamu pelajari disini. Seperti prisma segi tiga, prisma segi empat, prisma segi lima, dan prisma segi enam, prisma trapesium, dan juga prisma belah ketupat. Setiapjenis prisma juga memiliki jaring jaring prisma yang berbeda. Olah karena itu, kamu harus tahu bentuk masing masing jaring jaring prisma tersebut.

Pengertian Prisma

Seperti yang sudah dijelaskan, ada beberapa jenis prisma yang bisa kamu pelajari. Salah satunya ialah prisma segitiga. Jenis prisma ini ialah prisma yang memiliki alas berbentuk segi tiga. Sedangkan alas tersebut berbentuk segitiga apapun; bisa segitiga siku-siku, sama kaki, sama sisi, atau segitiga sembarang. Sementara untuk prismasegi empat ialah prisma dengan alasnya yang berbentuk persegi atau segi empat. Namun prisma segi empat bentuknya sama dengan bangun kubus dan juga balok. Jadi, tidak masuk dalam pembahasan prisma. Kedua bangun ruang tersebut akan dibahas pada sub bab kubus dan balok.

Sedangkan dalam arti lain prisma segitiga ialah bentuk tertutup dari gabungan dua daerah yang berbentuk segitiga & tiga daerahnya berbentuk 4 persegi panjang.

Jaring-Jaring Prisma Segitiga

Jika kamu ingin mengetahui bagaimana bentuk prisma segitiga, maka kamu bisa membuka sisi sisinya. Dengan begitu, akan terlihat bentuk jarring jarring prisma segitiga sebagai berikut.

Jaring-jaring prisma segitiga

Sementara untuk contoh lain jaring-jaring prisma segitiga, kamu bisa lihat langsung gambar dibawah ini.

Jaring-jaring prisma segitiga

Jaring-Jaring Prisma Segi Lima

Bangun prisma segi lima ialah bangun prisma yang alasnya berbentuk segi lima. Jika kamu ingin melihat bagaimana dengan jarring jarring prisma segi lima, kamu juga harus membuka sisi sisi dari bangun prisma segi lima. Setelah kamu buka sisi sisinya, akan terlihat jarring jarring segi lima seperti dibawah ini:

Jaring-jaring prisma segi lima

Sementara untuk contoh lain jaring-jaring segi lima bisa kamu lihat pada gambar dibawah ini:

Jaring-jaring prisma segi lima

Jaring-jaring prisma segi enam

Selanjutnya ialah prisma segi enam. Jenis prisma ini ialah prisma yang alasnya berbentuk segi enam. Untuk memperoleh bentuk jarring jarring prisma segi enam, kamu bisa membuka sisi sisi prisma segi enam tersebut. Kamu bisa lihat contoh gambar jarring jarring prisma segi enam dibawah ini.

Jaring-jaring prisma segi enam

Sifat – Sifat Prisma Bangun Ruang

Hal yang penting setelah kamu mengetahui jarring jarring prisma ialah mengetahui bagaimana sifat sifat bangun ruang prisma. Bangun Ruang Prisma memiliki 6 Titi Sudut. Bangun ruang prisma juga memiliki 9 Rusuk. Sementara untuk jaring – Jaring Prisma terdiri dari 2 Segitiga dengan 3 Persegi Panjang. Jenis bangun Ruang Prisma tersebut mempunyai 5 Bidang Sisi dan telah terbagi kedalam 2 Buah Sisi yang berbentuk Segitiga dengan mempunyai 3 sisi berbentuk Segi Empat.

Kamu bisa lebih mengenal bentuk bangun prisma setelah tahu contoh nyata bangun prisma yang sesungguhnya. Dalam kehidupan sehari hari banyak sekali bangun ruang prisma yang berbentuk sebuah benda yang ada disekitar kita. Beberapa benda tersebut misalnya, tenda perkemahan, kotak tisu, atap rumah, ataupun bungkus kemasan makanan. Untuk contoh benda prisma segi empat, benda ini juga banyak ditemukan disekitar kita. Misalnya almari, kulkas, pintu, kotak pensil atau lainnya.

Itulah pembahasan mengenai Jaring Jaring Prisma. Supaya lebih jelas, kamu bisa lihat beberapa contoh benda yang nyata dari bangun prisma jenis apapun. Selamat belajar.

Baca Juga : 

Jaring-jaring prisma segitiga, segi empat, segi lima, segi enam dan trapesium | saranailmu | 4.5
Shares