Inkaso : Pengertian, Jenis-Jenis, Mekanisme, Manfaat, Objek dan Prosedurnya Terlengkap

Posted on
Inkaso : Pengertian, Jenis-Jenis, Mekanisme, Manfaat, Objek dan Prosedurnya Terlengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian Inkaso, Jenis-Jenis, Mekanisme, Manfaat, Objek dan Prosedurnya

Inkaso merupakan bentuk jasa Bank untuk menjalankan amanat pihak ke tiga guna melakukan penagihan sejumlah uang terhadap perorangan ataupun badan tertentu yang ada di kota lain pada mereka yang ditunjuk pemberi amanat. Adapun transaksi inkaso tersebut ialah penagihan cek/BG oleh suatu bank di wiayah kliring ataupun kota tertentu pada bank penerbit di kota & wilayah kliring yang beda.

Pengertian Inkaso Menurut Para Ahli

Menurut para ahli, pengertian inkaso seperti berikut ini.

1. Lukman Dendawijaya (2001)

Definisi inkaso menurut pendapat Lukman Dendawijaya ialah salah satu jasa dari bank oleh permintaan nasabah agar melakukan penagihan pembayaran terhadap dokumen ataupun surat berharga yang dilakukan pihak ketiga yang ada di lokasi lain, baik itu cabang bank bersangkutan ataupun jenis bank lain.

2. Dr. Thomas Suyatno dkk (2007)

Definisi inkaso berdasarkan pendapat Dr. Thomas Suyatno dkk ialah pemberian kuasa bagi pihak bank oleh perorangan ataupun perusahaan supaya menagihkan ataupun meminta akseptasi (misalnya persetujuan pembayaran)/ menyerahkan begitu saja terhadap pihak tertarik ataupun dengan surat berharga rupiah maupun valas (wesel, cek, dan promissory note) di lokasi lain baik dalam negeri atau diluar negeri kita. Berikut ini beberapa istilah yang berhubungan dengan inkaso seperti:

Bank Pemrakarsa

Seperti namanya, yang dimaksud dengan Bank pemrakarsa disini merupakan bank yang berfungsi menerima warkat pihak ketiga agar ditagihkan lalu hasilnya akan diberikan untuk pihak ketiga itu.

Bank Pelaksana

Berikutnya adalah Bank Pelaksana yaiktu pihak yang melaksanakan penagihan pada pihak nasabah atau pihak ketiga sesuai dengan amanat pihak cabang atau bank pemrakarsa. Kemudian hasilnya keuntungan yang didapat dari pihak ketiga adalah pihak ketiga dari nasabah bank pemrakarsa tadi.

Dalam proses inkaso memerlukan media berbentuk warkat warkat yang sudah di inkasokan. Beberapa media tersebut seperti cek bilyet giro, teleks, pos maupun faximile. Namun media tersebut membuthkan biaya yang nantinya di bebankan untuk dibayar pihak ketiga sebagai pemberi amanat inkaso. Selain itu, pihak bank pemrakarsa memperoleh keuntungan berupa komisi inkaso.

Warkat Inkaso

Tak semua warkat yang sudah di terbitkan pihak bank dapat di gunakan pada proses inkaso. Hanya ada 2 jenis warkat yang dapat diinkasokan yakni:

Inkaso berwarkat tanpa lampiran ialah warkat inkaso yang dapat digunakan ketika proses inkaso dilakukan tanpa melampirkan dokumen apapun. Misalnya cheque, atau bilyet giro.

Yang kedua adalah inkaso disertai dengan lampiran warkat. Yakni warkat yang inkasonya perlu dilampirkan sejumlah dokumen pelengkap (pendukung). Misalnnya: faktur, kwitansi, ataupun polis asuransi.

Jenis Inkaso

Menurut lalu lintas dananya, maka inkaso dapat dibedakan kedala 2 jenis yakni:

Baca Juga :   14 Tips Sehat "Paling Sederhana" Saat Puasa Agar Tidak Loyo

1. Inkaso keluar

Jenis inkaso yang pertama adalah inkaso keluar. Jenis inkaso ini merupakan inkaso atas instruksi dari pihak nasabah supaya melakukan penagihan pada pihak ketiga. Entah di cabang sendiri atau bank yang ada di luar kota. Jadi inkaso ini akan dibayarkan ataupun dikreditkan pada rekening pemberi amanat oleh bank pemrakarsa sesudah inkasonya berhasil ditagih pada pihak yang ditunjukan tadi.

2. Inkaso masuk

Yang kedua ada inkaso masuk yakni tagihan masuk yang menjadi beban rekening (dengan warkat yang diterbitkan) oleh nasabah sendiri dan hasilnya nanti dikirimkan pada pihak cabang pemrakarsa sebagai keuntungan dari pihak ketiga.

Adapun proses kegiatan yang dilakukan untuk kegiatan inkaso masuk dengan inkaso keluar dapat digambarkan pada bagan dibawa ini:

Ketika berlangsung kegiatan inkaso dengan pihak tertarik menjadi nasabah bank lain dapat digambarkan dengan bagan dibawah ini.

Mekanisme Dan Prosedur Inkaso

1. Mekanisme dari teller untuk pihak penyetor

2. Mekanisme atau prosedur inkaso

Keuntungan Inkaso

Ada banyak keuntungan yang diperoleh dengan jasa inkaso ini. Selain bisa memperoleh tagihan warkat secara mudah miliknya, keuntungan inkaso lainnya adalah:

  1. Lebih Hemat Biaya
    Kenapa dikatakan lebih hemat biaya? Itu karena jika anda menagih sendiri warkat tersebut saat anda ada di luar negri, pasti akan menghabiskan uang banyak agar bisa menagih. Jadi, dengan memilih jasa inkaso ini dana yang dikeluarkan lebih sedikit daripada anda harus menagih sendiri.
  2. Lebih Hemat Waktu
    Tak hanya keluar biaya besar, menagih sendiri juga pastinya butuh banyak waktu yang tersita. Dengan jasa inkaso anda bisa menggunakan waktu itu untuk bekerja atau hal penting lainnya.
  3. Terhindar Dari Resiko Kehilangan
    Menggunakan jasa inkaso juga bisa menghindari resiko kehilangan yang mungkin terjadi di jalan. Contohnya saja resiko perampokan atau hilang karena terselip.

Manfaat Inkaso

Ada banyak manfaat inkaso yang bisa di peroleh. Baik itu untuk pihak inkaso ataupun pihak yang menggunakan jasa inkaso. Berikut ini manfaatnya:

  • Nasabah yang memiliki piutang tak perlu menagih sendiri ataupun mendatangi sendiri ke tempat pihak yang tertagih. Jadi, cukup serahkan surat tagihan pada bank untuk proses inkaso, dan nasabah juga akan lebih menghemat dana sekaligus memperoleh keamanan yang pasti dari pihak inkaso.
  • Bagi pihak bank yang menerima dan melaksanakan kegiatan inkaso keluar, bermanfaat sebagai salah satu sumber peningkatan pendapatan pihak bank. Disini mereka akan memperoleh komisi serta pengendapan dana. Manfaat lainnya ialah sebagai cara meningkatkan pelayanan untuk masyarakat luas serta pangsa pasar.

Objek Inkaso

Ada surat surat berharga yang bisa diinkasokan (atau berlaku sebagai objek inkaso) didalam negeri. Surat tersebut seperti wesel, cek, surat aksep, bilyet giro, kwitansi, surat undian (bagi pemenang), dan money order, hingga nota tagihan lain.

Namun untuk warkat-warkat (atau objek inkaso/collection) di luar negeri ialah:

1. Draft/wesel

merupakan perintah tanpa syarat oleh bank penerbit untuk bank koresponden guna melakukan pembayaran uang kepada pihak baik itu peorangan ataupun perusahaan yang tercantum pada draft/wesel di waktu yang sudah diajukan.

2. Travelers check

merupakan sejenis kertas berharga dipakai masyarakat internasional menjadi alat tukar atau pembayaran secara sah.

3. Treasury check

merupakan cek yang dikeluarkan duta besar dari negara tertentu.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan inkaso. Pihak inilah yang akan membantu kebutuhan anda dalam menagihkan pada pihak lain di tempat lain atau di bank lain. Semoga bermanfaat.

Baca juga: