Ikhtiar Dalam Islam : Pengertian, Dalil, Macam dan Pentingnya Dilakukan

Posted on
Ikhtiar Dalam Islam : Pengertian, Dalil, Macam dan Pentingnya Dilakukan
4.5 (90%) 2 vote[s]

Ikhtiar Dalam Islam : Pengertian, Dalil, Macam dan Pentingnya Dilakukan

Ikhtiar dalam islam – di dalam ayat al-qur’an ataupun hadist sudah dijelaskan bahwa kita dianjurkan untuk selalu berikhtiar, baik bersifat perintah dengan tegas atau motifasi. Jadi, sudah tentu kita perlu untuk berusaha terlebih dulu dan jangan menyerah dalam melakukan suatu hal. Entah melakukan keinginan dan kehendak/ perintah, supaya kita tergolong orang yang lebih baik. Nah, lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini tentang ikhtiar dalam islam.

Pengertian Ikhtiar

Ikhtiar dari segi bahasa yang artinya “memilih”, menurut bahasa arab yakni ikhtiar diartikan “berusaha”, sebab pada hakikatnya orang yang sedang berusaha ialah artinya “memilih”. Kemudian dalam istilah ialah usaha seorang hamba baik dengan perilaku maupun perbuatan guna mendapatkan apa yang dikehendaki menggunakan kemampuan dan keterampilan yang dipunya guna mencapai suatu yang diharapkan sesuai syariat islam.

Dalil dan Hadist Tentang Ikhtiar

Menjadi seorang muslim wajib untuk senantiasa berikhtiar dengan sekuar tenaga serta kemampuannya. Sesudah berikhtiar ia harus berserah diri dari segala usahaya pada Allah SWT.
Dari dalil tersebut menunjukkan bahwa penting sekali dalam berikhtiar kehidupan, sebagaimana yang sudah dijelaskan di dalam al-quran yang isinya perintah dengan tegas supaya setelah menjalankan ibadah supaya segera berupaya dalam mencari rejeki guna kebutuhan diri dan keluarganya. Sementara jika dilihat dari hadist itu, memberikan semangat serta motifasi supaya kita menyukai kerjas keras demi kecukupan kebutuhan hidup disi sendiri serta keluarga yang tidak mengharapkan belas kasih orang lain.

Macam Macam Ikhtiar

  1. Bersungguh sungguh
    Bersungguh sugguh ialah salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam mencapai seluruh keinginan dengan kesungguhan mendalam sehingga akan didapatlah hasil yang diharapka, dan jangan sekali-kali menjalankan sesuatu yang setengah hati.
    Misalnya seperti: mengenai mencari jodoh, nah sudah pasti ini kita megharapkan jodoh yang baik serta sesuai dengan criteria yang kita harapkan. Apabila kita elah dipantaskan dengan baik, maka atas izin alloh ini jodoh kita akan didatangkan.
  2. Bekerja keras
    Bekerja keras serta berupaya semaksimal mungkin guna memperoleh apa yang diinginkan. Dengan bekerja keras inilah kita akan mengetahui batas kemampuan yang kita lakuka dalam suatu hal, dan jangan bermalas malasan serta menjalankan usahanya ini semaunya sendiri. Namun, berusahalah serta berjuanglah guna memperoleh hasil yang telah diharapkan.
    Contohnya seperti : jika kita menjalankans sesuatu pekerjaan, maka berusahalah sebisa mungkin dengan cara melihat dari apa yang dapat kita kerjakan, lalu mendengarkan apa yang diberikan orang lain kepada kita selagi hal itu mengandung positif dan baik.
  3. Dilarang berputus asa serta pantang menyerah
    Jika kita menjalankan usaha, lalu tidak memperoleh hasil seperti yang diharapkan kita atau bahkan malah mungkin gagal. Maka kita perlu terus mencoba dan jangan mudah untuk menyerah maupun berputus asa, sebab sebuah kegagalan ini adalah awal dari proses pembelajara supaya kita bisa lebih berusaha dengan semaksimal mungkin
    Contohnya seperti : pada saat kita mengharapkan sebuah prestasi, maka sudah pasti kita perlu belajar dengan bersungguh seunguh dan berusaha semaksimal mungkin dalam mengetahui dari apa yang belum kita pahami. Sesudah kita berusaha dari cara satu sulit, maka pakailah cara yang lainnya serta seterusnya begitu.
Baca Juga :   10 Hari Besar Agama Islam Yang Wajib Kita Ketahui Beserta Penjelasannya Lengkap

Agama islam telah menganjurkan kepada seluruh umatnya untuk selalu berikhtiar di dalam menjalankan suatu hal sesuai dengan kemampuan yang mereka punya dan dengan diiringi dengan doa. Sebab segala sesuatu itu yang terdapat di muka bumi ini sudah ada yang mengatur, jadi untuk hasil yang suda kita lakukan tersebut serahka pada yang maha kuasa. Sebab dalam setiap usaha para manusia ini ialah hak prerogative oleh allah. Kita hanya di wajibkan untuk berusaha, dan jika telah gagal secara terus menerus maka berusahalah lagi dan untuk hasilnya ini pasrahkan kepada allah SWT.

Pentingnya Ikhtiar

Setiap manusia tentu mempunyai keinginan atau cita cita untuk memperoleh kesuksesan, tidak ada seorang pun yang berkeinginan kegagalan. Hal tersebut allah telah menganugerahkan kehendaknya pada manusia. Apabila kehendak itu dapat dikelolah secara baik, maka manusia akan menemukan sebuah kesuksannnya sendiri.
Seperti dalam surah al-quran berikut :
“kamu beriman pada alloh dan rasulnya serta berjihad berada dijalan allah dengan jiwa dan hartamu. Maka itulah yang lebih baik untuknya, nila kamu mengetahuinya” (QS.Ash-shaff:11)

Larangan berputus asa dari allah sudah dicontohka dari sebuah kisah nabi ya’qub dalam surah al-qur’an menjadi contoh yang nyata dan merupakan pelajaran untuk orang orang yang ditimpa musibah atau kesusahan serta larangan berputus asa. Nabi ya’qub yang terus melakukan doa dan mengharapkan pada tuhan di setiap waktunya supaya tidak tergolong dalam orang orang yang berputus asa, sebab berputus asa dalam kebaikan tuhan ialah sifat sifat orang kafir. Kisah ini telah digambarkan allah swa dalam al-quran surah yusuf pada ayat 87:
“hai anak-anakku! Pergilah engkau, carilah (berita) menganai yusuf dan saudaranya serta janganlah engkau berputus asa teradap rahmat allah. Sesungguhnya yang berputus asa pada rahmat allah ini hanya orang orang kafir.”

Sesungguhnya ikhtiar tidak hanya usaha/ semata mata usaha untuk menyelesaikan persoalan di tengah sembelit. Ikhtiar ialah sebuah konsep islam di dalam cara berfikir serta mengatasi permasalahan. Dalam ikhtiar ini terkandung pesan taqwa, yakni bagaimana kita akan menuntaskan masalah dengan pertimabangan yang baik menurut islam dan menjadikan sebuah pilihan, sehingga apapun konsekuensinya serta walaupu tidak popular/ terasa berat.

Demikianlah ulasan tentang ikhtiar dalam islam terlengkap. Semoga dengan pembahasan ini membuat para sahabat menjadi lebih termotivasi di dalam menjalankan suatu hal. Terimakasih.

Baca juga: