Hikmah dan Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan Terlengkap

Posted on
Rate this post

Hikmah dan Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan Terlengkap

Manfaat Puasa Ramadhan – Bulan Ramadhan sebentar lagi akan datang. Sudah seberapa jauh persiapan yang kamu lakukan?. Tentu untuk menghadapi bulan spesial yang hanya 30 hari selama setahun ini persiapanmu harus matang dan tidak boleh asal-asalan. Bulan Ramadhan memang identik dengan puasa dan ibadah-ibadah sunah. Namun, apakah kalian sudah mengetahui tentang manfaat puasa Ramadhan yang akan dilaksanakan selama sebulan penuh?

Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang paling istimewa dan dinanti oleh umat muslim. Karena bulan Ramadhan dianggap sebagai bulan yang penuh berkah dan rahmah. Semua umat muslim di dunia yang sehat jasmani dan rohani serta sudah akil balik diwajibkan untuk melaksanakan puasa selama sebulan penuh. Walaupun bagi sebagian orang ibadah puasa Ramadhan itu cukup berat, namun terdapat banyak keistimewaan untuk mendapatkan hikmah dari Allah berupa kebahagian, pahala, dan bahkan suatu mukjizat dalam kesehatan. Orang yang melanggar syarat sah puasa akan batal puasanya dan wajib mengganti puasanya dengan hari lain di luar ramadhan.

Allah berjanji akan memberikan berkah kepada setiap orang yang berpuasa. Seperti yang sudah ditegaskan dalam sabda Nabi Muhammad SAW, yang diriwayatkan Ibnu Suny dan Abu Nu’aim: “Berpuasalah maka kamu akan sehat.” Dengan berpuasa, akan diperoleh manfaat secara biopsikososial berupa sehat jasmani, rohani dan sosial. Rahasia dalam kesehatan yang sudah dijanjikan dalam berpuasa inilah yang menjadi daya tarik para ilmuwan untuk meneliti dalam berbagai aspek kesehatan puasa secara psikobiologis, imunopatofisilogis dan biomolekular.

Hikmah Puasa Ramadhan

Manfaat Puasa Ramadhan tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga sebagai terapi kesabaran dan saranan meningkatkan Iman dan Taqwa kelpada Allah SWT.
Berikut ini adalah beberapa Hikmah Puasa Ramadhan :

  1. Membuat lebih bertaqwa kepada Allah SWT.
  2. Mendapatkan pahala yang melimpah ruah.
  3. Memberikan efek yang menyehatkan tubuh.
  4. Dapat menyembuhkan berbagai penyakit.
  5. Melatih diri untuk dapat menahan nafsu bejat selama hidup di dunia fana.
  6. Mendorong diri untuk selalu berbuat kebajikan.
  7. Melatih kesabaran, pengendalian diri, kedisiplinan, jujur, emosi, dll.
  8. Dapat mempersempit jalan aliran darah di mana setan berlalu-lalang.
  9. Dapat semakin mempererat tali silaturahmi dengan melakukan sahur dan buka puasa bersama.
  10. Mengurangi dosa di antara manusia dengan cara saling bermaaf-maafan pada hari lebaran

Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan Manusia

1. Keseimbangan anabolisme dan katabolisme

Dalam berpuasa di bulan ramadhan terjadi keseimbangan anabolisme dan katabolisme di dalam tubuh. Dimana hal itu mengakibatkan asam amino dan berbagai zat lainnya membantu peremajaan sel dan komponennya memproduksi glukosa darah dan mensuplai asam amino dalam darah sepanjang hari. Cadangan protein yang cukup padaorgan hati, dikarenakan adanya asupan nutrisi di saat buka puasa dan sahur akan tetap menciptakan kondisi tubuh untuk terus memproduksi protein esensial lainnya.

Baca Juga :   Iman Kepada Kitab Allah : Pengertian, Hikmah dan Prilaku yang Mencerminkan

2. Tidak akan mengakibatkan pengasaman dalam darah.

Dalam puasa Ramadhan, penelitian dari para ilmuwan menunjukkan asam amino teroksidasi dengan pelan dan zat keton tidak meningkat dalam darah. Sehingga, itu tidak akan mengakibatkan terjadinya pengasaman dalam darah.

3. Tidak berpengaruh pada sel darah manusia

Menurut penelitian,ketika berpuasa tidak memiliki pengaruh pada sel darah manusia & tidak ada perbedaan jumlah retikulosit.

4. Tidak berpengaruh pada penderita diabetes tipe 2

Pelaksanaan Puasa ramadhan pada penderita diabetes tipe 2 tidak memiliki pengaruh dan tidak ada perbedaan pada protein gula, protein glikosilat dan hemoglobin glikosilat. Akan tetapi, pada penderita diabetes tipe tertentu lebih baik harus berkonsultasi dulu dengan dokter apabila akan puasa.

5. Pengaruh pada Ibu hamil dan menyusui

Ternyata di dalam penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan kadar glukosa serum, asam lemak bebas, trigliserol, keton, beta hidroksi butirat, alanin, insulin, glucagon dan hormon tiroksin.

6. Pengaruh pada janin saat ibu hamil berpuasa

Departemen Obstetri dan Ginekologi dari Gaziantep University Hospital, melakukan penelitian terhadap 36 wanita sehat dengan kehamilan tanpa komplikasi berturut-turut. Dari umur kehamilan 20 minggu atau lebih, yang melakukan puasa selama bulan. Hasil dari penelitian itu adalah janin pada ibu hamil yang melaksanakan puasa, terlihat jelas semakin sehat, meskipun terjadi penurunan berat badan pada ibu, tetapi janin justru mengalami berat badan yang meningkat normal.

7. Penurunan glukosa dan berat badan

Studi kohort yang dilakukan pada 81 mahasiswa Universitas Teheran of Medical Sciences saat berpuasa. Studi ini menunjukkan bahwa manfaat puasa Ramadhan menyebabkan terjadinya penurunan glukosa dan berat badan. Walaupun terjadi penurunan yang signifikan dalam frekuensi makan, ternyata terjadi peningkatan yang signifikan dalam LDL dan penurunan HDL tercatat pada bulan Ramadhan.

8. Pengaruh pada fungsi kelenjar gondok

Ternyata melaksanakan puasa juga terbukti tidak memiliki pengaruh pada fungsi kelenjar gondok manusia. Pada hasil penelitian dari para ilmuwan, menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan dalam kadar plasma tiroksin (TS), tiroksin bebas, tironin triyodium dan hormon perangsang gondok pada penderita laki-laki yang sedang berpuasa.

9. Pengaruh pada hormon virgisteron

Sedangkan pada penelitian hormon wanita tidak terdapat gangguan pada hormon virgisteron ketika sedang berpuasa. Akan tetapi disisi lain, hasil penelitian dari para ilmuwan menunjukkan terjadinya penurunan hormon prolaktin. Penelitian ini menunjukkan bahwa saat puasa, wanita tetap berpeluang besar untuk tetap pada kondisi subur.

10. Bermanfaat Bagi Jantung

Beberapa penelitian yaitu “chronobiological” menunjukkan hasil bahwa ketika melakukan puasa Ramadhan mempengaruhi ritme dalam penurunan distribusi sirkadian dari suhu tubuh, hormon kortisol, melatonin dan glisemia.

Itulah manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan manusia. Semoga bermanfaat.

Baca juga: