Hewan Reptil : Pengertian, Struktur Tubuh, Ciri Ciri dan Jenisnya Terlengkap

Posted on
Hewan Reptil : Pengertian, Struktur Tubuh, Ciri Ciri dan Jenisnya Terlengkap
5 (100%) 1 vote

Pengertian Hewan Reptil, Struktur Tubuh, Ciri Ciri dan Jenisnya

Hewan reptil – Indonesia merupakan Negara yang sangat subur akan berbagai macam flora dan juga fauna. Dari sisi fauna, hampir seluruh hewan didunia terdapat di Indonesia. Maka dari itu dikenal sebagai Negara khatulistiwa yang subur dan kaya. Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang hewan reptil di Indonesia. Berikut simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian hewan reptil

Para ahli zoology menyatakan bahwa hwan reptile adalah organisme pertama yang dapat bertahan hidup di area kering, gesang hingga lingkungan yang sedikit air. Contohnya, seekor komodo ataupun kadal yang dapat bertahan hidup di gurun pasir serta kering dan gesang.

Reptil dikenal juga sebagai hewan yang bisa hidup di dua alam, antara lain darat dan air.

Reptil juga terkenal sebagai hewan tetrapoda yaitu hewan dengan empat tungkai serta menelurkan butiran tulir yang terselubung oleh membran amniotik.

Struktur dan fungsi tubuh hewan reptil

Sisik yang menyelimuti tubuh reptil berfungsi melindungi diri oleh kekeringan dan menstabilkan suhu pada tubuh dari cuaca panas ataupun dingin.

Lalu 4 kaki, ekor panjangnya dan kuku-kuku tajam ini berfungsi sebagai pelindung dan mempertahankan diri dari serangan pemangsa. Semisal elang sebagai memakan ular.

Namun ada hewan reptil yang unik yakni ular. Ular tak memiliki 2 pasang kaki ataupun cakar. Untuk melindungi dan juga mencari makan ular ini akan menggunakan bisa yang terdapat pada mulutnya dan otot yang kuat guna melilit magsanya. Hal yang unik bangsa ular ini ialah ia mampu menelan sejumlah mangsanya yang berukuran 2 kali lebih berat dari tubuhnya secara utuh .

Ciri-Ciri Hewan Reptil

Agar mudah untuk memahami hewan reptil maka dapat ditempuh melalui mengenal ciri-cirinya terlebih dahulu. Berikut ulasannya:

  1. Hewan reptil mempunyai ukuran tubuh beraneka ragam. Dan mempunyai 2 pasang kaki, setiap kaki terdiri atas 5 jari, kecuali ular.
  2. Reptil memiliki kelenjar bau dekat kloaka.
  3. Kulit tubuh reptil akan terasa kering jika disentuh dan ditutup sisik (epidermis).
  4. Alat pernapasannya adalah paru-paru.
  5. Reptil termasuk jenis hewan yang berdarah dingin (poikiloterm).
  6. Sistem pencernaan reptil mulai dari mulut –> faring –> esofagus –> lambung –> usus halus –> usus besar serta terakhir kloaka.
  7. Sistem peredaran darah hewan reptil ialah tertutup ganda.
  8. Organ penyaring ataupun ekskresi hewan reptil terdiri atas sepasang ginjal bentuknya pipih.
  9. Alat indra reptil adalah mata, hidung dan telinga.
  10. Reptil mempunyai sistem saraf berbentuk otak dengan 12 pasang bersaraf kranial.
  11. Organ kelamin hewan reptil terpisah.
  12. Jenis hewan reptil dapat hidup berpuluh – puluh tahun.

Jenis-Jenis Hewan Reptil

Di alam semesta ini terdapat sebanyak 6.500 spesies hewan reptil. Dari 6.500 spesies tadi para ahli taksonomi ataupun anatomi membagi reptil jadi 4 ordo (bangsa).

Baca Juga :   Kelainan dan Penyakit Pada Sistem Ekskresi Manusia Terlengkap

4 ordo inilah yang akan mampu bertahan sampai hidup di zaman sekarang. 4 ordo reptil itu adalah:

  1. Ordo Chelonia ialah reptil dari bangsanya kura-kura. Dan ini ada 250 spesies.
  2. Ordo Krokodilia ialah reptil dari bangsanya buaya. Dan ini ada 22 spesies.
  3. Ordo Uphidia ialah reptil dari bangsanya ular. Terdapat 2.400 speies yang ada di seluruh dunia.
  4. Ordo Lasertilia ialah reptil dari bangsanya kadal. Dan ini terdapat 3.800 spesies diseluruh dunia.

Diantara ke-4 ordo diatas, ada ordo yang unik yaitu penyu dan kura-kura beserta buaya. Penyu adalah reptil yang hidup di laut. Sementara kura-kura ialah reptil yang dapat hidup di darat serta diatas tanah.

Dari kedua reptil, umumnya mereka akan meletakkan telur di darat. Untuk buaya adalah aligator yang masih tersisa waktu masa dinosaurus. Kemudian untuk ular adalah hewan melata yang bertubuh panjang dengan tanpa kaki. Kadal ialah hewan melata bersisik dan berkulit kering yang berekor panjang dan juga kuku yang berkait.
Agar lebih paham maka berikut kami jelaskan dari masing-masing ordo reptil.

Contoh Hewan Reptil

1. Ordo Krokodilia

Jenis reptil yang tergolong ke dalam kategori ordo krokodilian ialah buaya, aligator, caiman serta gharial. Jika dibagi lagi maka akan ada 14 spesies buaya, lalu 8 spesies aligator serta caiman dan juga 1 spesies gharial.

2. Ordo Chelonia

Jenis reptil yang tergolong ke dalam Ordo Chelonia ialah penyu, kura-kura dan juga terrapin. Dari ketiga jenisnya sub ordo ini kemungkinan kamu baru mengenal terapin. Ya, terapin, penyu dan juga kura-kura ini merupakan jenis hewan melata dengan memiliki cangkang ataupun tempurung yang amat keras di bagian punggungnya, hampir seperti perisai.

3. Ordo Lacertilia

Lasertilia ialah kelas reptil bangsa kadal. Seacara keseluruhan ada 3.800 spesies kadal di seluruh benua. Maka tergolong spesies paling besar dari bangsa reptil.

Jenis-jenis ordo kadal:

• Kadal
• Tuatara
• Komodo
• Iguana laut
• Iguana darat

4. Ordo Uphidia

Ordo Uphidia ialah jenis kadal dalam kelompok ular. Ada sebanyak 2.400 para spesies ular yang tersebar di hampir seluruh benua. Semua jenis ular merupakan pemangsa atau carnivora.

Ular ada yang beracun dan tak beracun. Berikut penjelasannya:

  • Ulat yang memiliki taring beracun di bagian belakang mulut kurang berbahaya sebab ia akan menggigit mangsanya lebih dahulu bari melukai dengan racun.
  • Ular Pembelit ialah jenis ular dengan melumpuhkan mangsanya dengan cara melilit secara kuat hingga mangsa akan lemas dan lumpuh bahkan hinggai mati. Contohnya ialah boa, piton dan juga anakonda.

Sistem Organ Hewan Reptil

Sistem organ pada hewan reptil hampir sama pada hewan dari jenis lain misalnya seperti mamalia. Yakni terdiri atas:

  • Sistem sirkulasi
  • Sistem pernapasan
  • Sistem pencernaan
  • Sistem ekskresi
  • Sistem reproduksi.

Jadi, Semua jenis hewan reptil merupakan karnivora. Dan hanya iguana laut saja, yang dapat mengonsumsi rumput laut serta terdapat di sebuah Kepulauan Galapagos di Pasific.

Baca juga: