10 Hari Besar Agama Islam Yang Wajib Kita Ketahui Beserta Penjelasannya Lengkap

Posted on

Hari Hari Besar Agama Islam

Hari hari besar agama islam – menjadi umat yang beragama islam sudah sepantasnya kita tahu nama nama besar di dalam islam serta melaksanakannya. Untuk mnegetahui hari besar tersebut makan untuk patokannya umat islam selalu memakai kalender hijriyah yang terdiri atas 12 bulan. Nah, berikut ini adalah nama-nama di hari hari besar agama islam.

Seperti dari sebuah surat at-taubah pada ayat 38 di jelaskan beserta artinya:
“sesungguhnya bilangan dari bulan di sisi allah ialah 12 bulan, yang dalam ketetapan allah di waktu ini Ia menciptakan lagit serta bumi antara lain 4 bulan haram…”.

Pada hadist abu hurairah r.a juga bersabda :
“sesungguhnya di zaman ini berputar sebagaimana bentuknya pada waktu allah telah mencipatakan langit serta bumi. Dalam 1 tahun terdapat 12 bulan, antara lain ada 4 bulan yang dihormati, tiga bulan berturut turut yakni dzulqo’dah, zulhijjah lalu muharram dan rajab mudhar yang ada diantara bulan jumada tsaniah serta sya’ban.” (HR. Bukhari dan muslim)

Berikut ini adalah nama nama dari bulan di kalender hijriyah, antara lain :

  1. Muharram
  2. Safar
  3. Rabiul awal
  4. Rabiul akhir
  5. Jumadil awal
  6. Jumadil akhir
  7. Rajab
  8. Sya’ban
  9. Ramdhan
  10. Syawal
  11. Dzulkaidah
  12. Dzulhijjah

Di dalam kalender hijriyah, pada awal hari mulai dari terbenamnya matahari sementara dengan kalender masehi diawali hari di saat tengah malam.
Berikut ini adalah nama nama di hari besar dalam umat islam :

  • 1 Muharram adalah : tahun baru hijriyah
  • 10 muharram adalah : hari asyura (puasa asyura)
  • 12 rabiul awal adalah : maulid nabi Muhammad (hari dimana kelahiran nabi muhammad)
  • 27 rajab adalah : isra’ mi’raj
  • 1 ramadhan adalah : awal puasa (bulan ramadhan)
  • 17 ramadhan adalah : nuzulul qur’an
  • 1 syawal adalah : hari raya idul fitri
  • 9 dzulhijjah adalah : wukuf di puasa arafah
  • 10 dzulhijjah adalah : hari raya idul adha
  • 11-12 dzulhijjah adalah : hari tasyriq

Penjelasan Hari Hari Besar Agama Islam

1 Muharram (Tahun Baru Hijriyah)

1 muharram ialah awal di bulan tahun hijriyah. Pada bulan muharram ini disunnahkan untuk melakukan puasa, dan bahkan puasa pada bulan muharram ini yang sangat utama setelah puasa di bulan ramaddan. Rasulluah SAW telah menganjurkan kaum muslimin guna melakukan puasa yang sebanyak banyaknya di bulan muharram.

10 Muharram (Hari Asyura)

Pada tanggal 10 di bulan muharram ini adalah hari assyura yang penuh sejarah. Di hari inilah zaman jahiliyah dari bangsa arab telah memuliahkan serta memasang kiswah ka’bah. Pada saat nabi muhammd saw telah sampai di madinah beliau bertemu orang yahudi berpuasa di hari ini, sehingga beliau bertanya :
“kenapa engkau berpuasa? Kemudian ia menjawab: “sebab allah sudah menyelamatkan musa terhadap firaun di hari ini, kemudian nabi musa puasa untuk tanda syukur pada allah kemudian kami juga berpuasa”.
Lalu nabi bersabda : “kami lebih berhak dalam mengikuti musa pada kalian” sehingga beliau puasa dan berperintah guna berpusa di hari syura.

Baca Juga :   Iman Kepada Kitab Allah : Pengertian, Hikmah dan Prilaku yang Mencerminkan

12 Rabiul Awal (Peringatan Lahirnya Nabi Muhammad)

12 rabiul awal ini adalah hari peringatan dari lahirnya nabi Muhammad serta wafatnya nabi. Sejunlah para ulama dari ahli sejarah menyatakan bahwa meninggalnya beliau di hari senin pada tanggal 12 rabiul awal di tahun 11 Hijriyah dengan usia 63 tahun lebih 4 hari.

27 Rajab (Hari Besar Isra’mi’raj)

Di tanggal 27 rajab ini diperingati sebuah peristiwa dari perjalanan nabi Muhammad yakni dari masjidil haram ke masjidil aqsa. Peristiwa tersebut kenaikkannya nabi yakni dari masjidil aqso ke sidratul muntaha guna menerima tugas. Dari kedua peristiwa inilah maka diambil hikmahnya dengan perintah sholat 5 waktu dalam 1 hari 1 malam yakni isya, subuh, dzhur, ashar serta maghrib.

1 Ramadhan (Awal Dibulan Puasa)

Pada tanggal 1 ramadhan ini merupakan tanggal di aal bulan ramadhan. Seperti dalam surah al-baqoroh di ayat 185, yang berarti :
“sejumlah hari telah diturunkan yakni bulan ramadhan, maka bulan didalamnya diturunkan al-quran menjadi petunjuk umat manusia serta penjelsan tentang petunjuk ini serta pembeda diantara hak dan batil. Sebab itu, barangsiapa yang hadir di bulan ini makan hendaklah ia akan berpuasa di bulan ini” (QS al-baqoroh:185)

17 Ramadhan (Nuzulul Qur’an)

17 ramdhan ialah hari dimana peringatan turunnya sebuah firmal allah pada nabi Muhammad melalui malaikat jibril. Lalu firman ini dihimpun pada sebuah kitab al-quran. Kejadian ini disampaikan allah sebagai “malam lailatul qadar”.

1 Syawal (Hari Raya Idul Fitri)

Hari ini adalah kemenangan umat agama islam sesudah menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan.

9 Dzulhijjah (Hari Wukuf)

9 dzulhijjah ialah tanggal umat islam yang sedang haji melakukan wukuf pada arafah. Sementara umat islam yang tak menunaikan ibadah haji sunnah melakukan puasa arafah.

10 Dzulhijjah (Hari Raya Qurban)

Di tanggal inilah umat islam akan menjalankan hari raya idul adha. Yakni hari lebarannya haji. Hal ini adalah gambaran bahwa hanya menempuh penderitaan serta pengorbananlah orang sampai dengan cita yang mulia dan luhur.

11-13 Dzulhijjah (Hari Tasyrik)

Di tanggal inilah umat islam haram melakukan puasa. Sebab disini termasuk hari raya bersambung dengan hari raya qurban.

Demikianlah informasi tentang hari hari besar agama islam. Semoga dengan tulisan ini bisa menambah informasi kita dalam mendalami agama islam. Semoga pula menambah kecintaan kita pada allah dan agama islam. Terima kasih.

Baca juga: