Gejala Sosial : Pengertian, Faktor Penyebab, Jenis, Dampak dan Contohnya Lengkap

Posted on
Gejala Sosial : Pengertian, Faktor Penyebab, Jenis, Dampak dan Contohnya Lengkap
3 (60%) 2 vote[s]

Pengertian, Faktor Penyebab, Jenis, Dampak dan Contoh Gejala Sosial

Gejala sosial – merupakan suatu fenomena yang ditandai adanya timbul masalah sosial yang berpengaruh pada tingkah lalu tiap individu pada lingkungan kehidupan.
Gejala sosial dan masalah sosial sangat berkaitan erat. Pada saat gejala sosial terus menerus mengalami kenaikan maka akan berpotensi timbulnya masalah sosial di masyarakat.

gejala sosial
gejala sosial

Faktor Penyebab Gejala Sosial

Gejala sosial yang terdapat di masyarakata tidak begitu saja terjadi, ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Diantaranya sebagai berikut :

Faktor kultural

asalnya dari nilai-nilai yang tumbuh serta berkembang pada suatu lingkungan masyarakat (komunitas). Lalu hal ini akan membentuk pola piker pada setiap orang di lingkungan tersebut.
Sejumlah contoh gejala sosial yang disebabkan faktor kultural :

  • Kerja bakti
  • Gotong royong
  • Kemiskinan
  • Perilaku menyimpang
  • Dan lain-lain

Faktor structural

ialah kondisi dimana menjadi pemicu pengaruh structural, maksudnya ialah sesuatu yang di susun dari pola tertentu. Faktor ini bisa diketahui melewati pola-pola hubungan diantara manusia dan juga kelompok yang telah terjadi pada lingkungan masyarakat.
Berikut contoh gejala sosial dari pengaruh structural :

  • Interaksi antara individu bersama individu
  • Interaksi antara individu bersama kelompok
  • Interaksi antara kelompok bersama kelompok lain
  • Penyuluhan sosial
  • Dan lain-lain

Jenis Jenis Gejala Sosial

Pada dasarnya gejala sosial terjadi di seluruh bidang kehidupan masyarakat. Berikut beberapa jenis gejala sosial yang kerap terjadi :

1. Gejala ekonomi

Status sosial serta ketimpangan penghasilan pada setiap anggota masyarakat bisa menimbulkan gejala sosial dalam masyarakat. Dilihat segi ekonominya, saat seseorang mempunyai kesejahteraan ekonomi hidup berdampingan dengan masyarakat kurang sejahtera, maka hal ini dapat mengakibatkan gejala sosial.

Contoh gejala sosial di bidang ekonomi;

  • Kemiskinan
  • Pengangguran
  • Masalah kependudukan
  • Masalah kesehatan
  • Dan lain-lain

2. Gejala Budaya

Masyarakat Indonesia terkenal sebagai masyarakat yang majemuk, yang anggota masyarakatnya terdiri atas beragam kebudayaan. Perbedaan kebudayaan bagi antar suku itu bisa saja menyebabkan terjadinya perpecahan jika antar suku tidak dapat saling menghormati.

Selain perbedaan dari kebudayaan lokal, sebuah proses globalisasi menghasilkan berbagai kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia pun turut berandil dalam menimbulkan gejala sosial. Kebudayaan asing negatif akan berdampak buruk untuk kebudayaan lokal, misalnya seperti gaya berpakaian, ideologi, gaya hidup, dan lain-lain.

3. Gejala Lingkungan Alam

Apa yang terjadi di lingkungan alam manusia, maka akan berdampak untuk manusia itu sendiri. Gejala yang timbul dapat disebabkan oleh alam dan oleh ulah manusia sehingga berakibat pada kerusakan lingkungan alam.

Baca Juga :   Prinsip Ekonomi: Pengertian, Jenis-Jenis, Tujuan, Dan Ciri-Ciri Terlengkapnya

Sebagai contoh, kebiasaan dalam membuang sampah sembarangan bisa menimbulkan pencemaran lingkungan serta penyakit bagi manusia. Kebiasaan membuang sampah di sungai dan saluran pembuangan ini akan berpotensi mengakibatkan banjir di musim hujan.

4. Gejala Psikologis

Aspek psikologi individu akan berpengaruh pada tingkah laku orang tersebut dalam masyarakat. Tekanan jiwa, stres, depresi, atau bahkan gangguan jiwa pada diri seseorang akan mengakibatkan gejala sosial di lingkungan masyarakat.

Dampak Gejala Sosial

Gejala sosial akan memberikan berbagai dampak terhadap manusia, dan salah satunya ialah terjadinya perubahan sosial serta budaya di masyarakat. Secara umum, gejala sosial ini memiliki dampak positif dan juga negatif di kehidupan bermasyarakat, berikut simak penjelasan dibawah ini :

1. Dampak Positif

Gejala ini tidak bisa kita hindari, jadi harusnya disikapi secara bijak oleh setiap individu. Perubahan yang terjadi di lingkungan masyarakat bisa memberikan dampak positif jika diantisipasi dan disikapi dengan bijak.
Salah satu contohnya ialah kemajuan pesat dalam bidang teknologi. Perubahan dan juga kemajuan pesat di bidang teknologi ini memiliki dua sisi, yakni sisi positif dan juga sisi negatif, maka untuk memperoleh manfaatnya kita harus fokus dalam hal-hal positif dengan adanya kemajuan teknologi tersebut.

Dengan terdapat kemajuan teknologi, maka beragam kebutuhan manusia dapat dilakukan lebih mudah dan cepat. Misalnya saja dalam hal berkomunikasi, maka kita bisa memanfaatkan sebuah handphone melalui email, chatting, dll.

2. Dampak Negatif

Tidak bisa dipungkiri bahwa gejala sosial pun memiliki dampak negatif pada manusia. Pada saat seseorang tidak bisa menerima perubahan, maka orang tersebut bisa mengalami culture shock.
Ketidakmampuan seseorang dalam beradaptasi dengan perubahan sosial ini akan mengakibatkan orang akan melakukan perilaku menyimpang.

Contoh Gejala Sosial

Terdapat banyak sekali contoh dari gejala sosial pada kehidupan sehari-hari. Adapun beberapa contoh gejala sosial sebagai berikut ;

1. Perilaku Koruptif

Korupsi tidaklah hal yang baru di Negara Indonesia, bahkan ini telah menjadi budaya di beragam kalangan. Kita tidak hanya berbicara mengenai korupsi di kalangan elit politik, namun juga di akar rumput.
Masyarakat seringkali sadar/ tidak sadar bahwa telah melakukan tindakan korupsi yang bisa merugikan pihak lain. Beberapa contoh dari perilaku koruptif;

  • Sering terlambat sekolah/ masuk kerja
  • Sering tidak sekolah/ masuk kerja
  • Pulang kerja lebih awal
  • Mengambil sesuatu dengan bukan haknya
  • Dan lain-lain

2. Kemiskinan

Kemiskinan adalah masalah yang tidak berkesudahan walaupun pemerintah sudah menjalankan berbagai upaya guna mengentaskannya. Masalah kemiskinan tersebut tidak bisa teratasi secara tuntas sebab sebagian masyarakat tidak mempunyai pendidikan yang cukup, tetapi ada pula kemiskinan yang disebabkan dari tindakan koruptif.

3. Perilaku Masyarakat

Gejala sosial yang sering kita temukan ialah perilaku masyarakat di beragam kesempatan. Beberapa diantaranya;

  • Plagiarisme pada kalangan mahasiswa
  • Memproduksi serta menyebarkan berita hoax
  • Jaringan pertemanan tertutup
  • Dan lain-lain

Fenomena sosial ini bisa saja terjadi saat ada perubahan sosial dalam masyarakat. Perubahan sosial bisa menimbulkan dampak yang tidak bisa dihindari, baik itu berdampak positif maupun negatif, sehingga setiap orang harus melakukan antisipasi guna menghadapinya.

Itulah uraian ringkas tentang gejala sosial. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga menambah wawasan kalian.

Baca juga: