Usus 12 Jari : Pengertian dan Fungsi dalam Sistem Pencernaan Manusia

Posted on
Usus 12 Jari : Pengertian dan Fungsi dalam Sistem Pencernaan Manusia
3.5 (70%) 2 vote[s]

Pengertian dan Fungsi Usus 12 Jari dalam Sistem Pencernaan Manusia

Usus 12 jari – atau biasa disebut dengan nama duodenum ini merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Usus ini tergolong dalam usus halus. Letaknya ada di bawah lambung serta di atas tulang pinggul. Keberadaaan usus 12 jari berfungsi untuk membantu menggabungkan dengan usus kosong (jejunum). Secara anatomi tulang manusia, panjang dari usus 12 jari ini bisa mencapai 25 cm – 38 cm.

FUNGSI USUS 12 JARI

Usus 12 jari adalah salah satu bagian terpendek dari usus. Perjalanan ini mulai dari bulbo duodenale lalu menuju ligamentum treitz. Organ ini dinamakan organ retroperitoneal. Mengapa demikian? Karena semua bagiannya tidak terbungkus secara merata/ menyeluruh oleh selaput peritoneum.

Kharakteristik dari usus 12 jari ini mempunyai tingkat keasaman relatif rendah. Apabila di ukur dengan ph akan menunjukan angka 9, artinya bahwa usus 12 jari merupakan basa. Sehingga, makanan yang masuk di dalam usus 12 jari akan menjadi basa semua. Berikut ini fungsi usus 12 jari.

1. Membantu pencernaan makanan

Makanan yang masuk di dalam perut akan di olah pada usus 12 jari. Dalam pengolahan ini bermaksud agar makanan dapat lebih lembut dan halus. Lalu di ambil sari patinya. Sementara sisanya tersebut berlajut sampai usus besar. Apabila sudah tidak dapat diserap maka akan di keluarkan pada anus dalam wujud tinja.

2. Membantu penyerapan makanan

Makanan yang masuk di dalam usus 12 jari tidak hanya di cerna saja. Akan tetapi diserap nutrisi dan gizinya. Misalnya di dalam telur mengandung asam amino yaitu bagian dari protein yang bermanfaat bagi tubuh. Fugsinya membantu mengganti sel yang telah rusak. Lalu ada nasi, sayuran, buah, dll. Itulah mengapa, usus 12 jari ini merupakan bagian pencernaan terpenting. Sebab makanan tidak hanya di cerna, namun di serap pula gizinya.

3. Menghasilkan enzim sebagai proses penyerapan

Sudah di uraikan bahwa makanan yang sudah masuk dalam usus 12 jari menjadi basa. Mengapa? Karena hubungannya dengan proses pengolahan makanan. Ada beberapa enzim pencernaan usus 12 jari yang hanya bisa mengolah pada lingkungan basa. Seperti enzim enterokinase, enzim lipase usus, enzim maltase, enzim sukrase, enzim peptidase, enzim lactase, enzim disakrase, enzim erepsin atau dipeptidase, dan enzim nuklease. Semuanya hanya dapat bekerja baik dalam keadaan basa.

4. Saluran ke usus halus

Usus 12 jari adalah saluran langsung dari lambung. Jadi, makanan masuk dalam lambung akan diolah dengan derajat keasaman rendah. Hal ini berhubungan dengan kinerja enzim yang terdapat di lambung hanya dapat bekerja dalam lingkungan asam. Lalu makanan masuk ke usus 12 jari sesudah lolos dari sfinter. Setelah selesai pemrosesan dan juga pencernaan sistem ekskresi, makanan akan masuk menuju saluran usus halus.

5. Terdapat mukosa otot

Pada bagian usus 12 jari ada lapisan lapisan tipis. Hal ini dipakai usus untuk membentuk mukosa otot. Keberadaannya dapat membantu dalam pengolahan makanan supaya hasilnya lebih baik serta lebih bisa mencerna lebih lanjut.

Baca Juga :   Pengertian dan Proses Siklus Air (Hidrologi) Terlengkap

6. Mempunyai lendir yang bekerja spesifik

Makanan sesudah masuk usus 12 jari tidak secara mudah di cerna. Namun usus 12 jari mempunyai lendir yang dihasilkan dari kelenjar Brunner. Lendir ini membantu saat pengolahan serta pelancaran makanan. Fungsinya menjadikan makanan olahan semakin baik dan gizinya pun keluar.

7. Membantu penyerapan protein

Dalam usus 12 jari lipatan bernama jonjot jonjot usus. Di setiap jonjot terdapat sel kripta lieberkuhn. Yakni mampu menghasilkan sebuah enzim enterokinase. Fungsinya dapat membantu mengaktifkan keberadaan sebuah enzim yang membantu dalam proses penyerapan protein. Enzim tersebut ialah tripsin. Tugasnya mengubah protein jadi asam amino.

8. Membantu penyerapan karbohidrat & zat gula

Tidak hanya protein yang di olah dan di serap pada usus 12 jari. Namun ada zat gula dan karbohidrat. Pada usus 12 jari mempunyai sel sekretosi mukosa pada usus halus. Sel ini dapat membantu mensekresikan cairan yang mengandung enzim pencernaan. Misalnya pemecahan zat pati/ zat gula yang dikenal disakaridase. Zat gula disakaridase adalah komponen dua buah glukosa belum di pecah. Bisa berwujud maltosa, sukrosa, ataupun laktosa. Apabila nanti masih di pecah dapat berupa 2 glukosa yakni glukosa-fruktosa, dan glukosa-galaktosa.

9. Membantu penyerapan asam amino

Apabila protein dalam tubuh masih berupa makro molekul, maka harus di pecah menjadi mikro molekul/ bagian terkecil untuk bisa di manfaatkan bagi tubuh. Bagian terkecil protein ini ialah asam amino. Dalam usus 12 jari ada sejumlah sel yang bisa membantu guna mengaktifkan enzim peptidase. Nama sel tersebut ialah sel sekretosi mukosa usus halus. Setelah enzim peptidase aktiv, maka bisa membantu guna menghidrolisis polipetida dan mengubahnya menjadi asam amino.

10. Membantu proses penyerapan asam lemak

Sama seperti proses pengolahan asam amino, penyerapan asam lemak/ gliserol ini membutuhkan kinerja pada enzim lipase. Nah, enzim ini memang belum aktiv secara utuh. Sehingga harus di aktivkan terlebih dahulu. Di dalam usus 12 jari ada sel yang bisa membantu dalam mengaktivkan enzim ini. Sel tersebut disebut dengan sel sekretosi mukosa usus halus. Sesudah itu bisa membantu dalam menghidrolisis lemak jadi asam lemak & gliserol.

11. Sebagai sistem imun

Dalam usus 12 jari ada juga yang bekerja untuk membantu pertahanan tubuh. Yaitu dinamakan peyer’s paths. Zat ini terdapat pada proses produksi kelenjar limpa/ nodus limfatikus. Nah, produksi kelenjar limpa dapat muncul akibat dari kandungan yang terdapat pada mukosa otot dinding pada usus 12 jari tersebut, yakni jonjot jonjot nya.

12. Tempat muaranya saluran-saluran terpenting tubuh

Usus 12 jari merupakan tempat strategis untuk bermuaranya sejumlah saluran penting. Salah satunya ialah cairan yang asalnya dari kantung empedu. Dengan bantuan cairan ini berguna saat proses pembuangan kolestrol,birilubin dan biribilin. Selanjutnya usus 12 jari di gunakan pula sebagai muaranya saluran pankereas. Kelenjar yang di hasilkan merupakan satu-satunya untuk memproduksi hormon insulin untuk mencegah penyakit diabetes.

Usus 12 jari mempunyai banyak fungsi di dalam tubuh kita, sehingga peran usus 12 jari ini sangat penting. Kharakteristiknya dengan tingkat keasaman relatif rendah artinya bahwa usus 12 jari merupakan basa. Sehingga, makanan yang masuk di dalam usus 12 jari ini akan menjadi basa semua. Selamat belajar semoga bermanfaat.

Baca juga: