Fungsi Ginjal Dalam Tubuh Manusia Disertai Penjelasan Lengkapnya

Fungsi Ginjal Dalam Tubuh Manusia Disertai Penjelasan Lengkapnya
5 (100%) 1 vote

Fungsi ginjal – organ penting didalam tubuh salah satunya adalah ginjal. Organ ini termasuk bagian dari system ekskresi tubuh manusia. Letak ginjal berada di dekat tengah punggung, tepat berada di bawahnya tulang rusuk. Fngsi ginjal sangat penting sama halnya dengan orgam tubuh lainnya.

Fungsi Ginjal Dalam Tubuh Manusia Lengkap Dengan Penjelasannya

Organ ginjal juga terdiri atas satu pasang, yakni ginjal kiri dengan ginjal kanan. Pada setiap ginjal mempunyai ukuran antara 10 sampai 12 cm ataupun sebesar kepalan tangan. Dan didalamnya mengandung sebanyak satu juta nefron atau saringan darah sangat kecil ukurannya.

Fungsi Penting Ginjal Bagi Kesehatan Manusia

Ginjal sangat penting fungsinya bagi kesehatan manusia. Organ ginjal juga membantu menjaga tekanan darah supaya tetap normal dan memproduksi sel-sel darah merah bahkan menjaga tulang lebih kuat. Ada banyak sekali fungsi ginjal seperti dibawah ini:

1. Menyaring Darah

Seluruh darah yang terdapat didalam tubuh prosesnya selalu melalui organ ginjal beberapa kali dalam sehari. Saat ginjal bekerja dalam menyaring darah, maka urin dapat tercipta dari sisa serta kelebihan cairan dalam tubuh. Kemudian urin akan di alirkan lewat ureter dan dibawa pada kandung kemih lalu dibuang menjadi air seni.

2. Menyaring dan Membuang Zat-Zat Beracun

Organ ginjal berfungsi dalam menyaring serta membuang limbah diantaranya racun, garam yang berlebih, serta urea (yakni limbah yang mengandung zat nitrogen yang dibuat ketika metabolisme selesai). Sementara itu, urea yang dibentuk didalam hati juga akan di angkut lewat darah ke ginjal dan kemudian dibuang.

Baca Juga :   Pengertian Taksonomi dan Tingkatannya

3. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Organ ginjal berfungsi untuk memantau serta mengendalikan keseimbangan air pada tubuh manusia. Bahkan memastikan jika jaringan tubuh anda menerima air secara cukup supaya bisa bekerja dengan baik. Organ ginjal selalu berreaksi kepada perubahan level air pada tubuh setiap harinya. Itu karena ginjal adalah kunci pada pemecahan kimia urine. Saat asupan dalam tubuh anda berkurang, maka ginjal juga akan menyesuaikan diri sehingga menyimpan sisa air pada tubuh, dan tidak membuangnya.

4. Menjaga tekanan darah

Organ ginjal berfungsi dalam menjaga tekanan darah. Caranya dengan memproduksi enzim renin. Guna meghasilkan enzim renin serta angiostensin, maka dua hormon pada organ ginjal tersebut harus selalu sehat. Hormone tersebut berfungsi untuk mengatur banyaknya garam dan cairan pada tubuh manusia. Dan pembuluh darah juga akan meregang serta berkontaksi. Sehingga akan membantu untuk mengontrol tekanan pada darah.

5. Memproduksi sel darah merah

Organ ginjal yang normal pasti menghasilkan hormon lain atau disebut sebagai Eritroietin. Itu adalah hormon yang merangsang agar sumsum tulang bisa memproduksi sel-sel darah merah dalam tubuh manusia.

6. Mengatur keseimbangan asam-basa (pH) dalam darah dan cairan tubuh

Supaya tubuh bisa berfungsi secara normal, maka fungsi ginjal ini sangat dibutuhkan. Sebab Asam pada tubuh bisa meningkat ataupun dinetralisir oleh makanan yang telah dikomsumsi oleh tubuh.

7. Menjaga tulang

Organ ginjal juga sangat baik serta menghasilkan bentuk aktif vitamin D yang diperlukan oleh tubuh dalam menjaga kesehatan tulang serta menjaga keseimbangan dari zat kimia pada tubuh manusia.

8. Mengeluarkan Zat-Zat yang merugikan bagi tubuh

Organ ginjal juga berfungsi mengeluarkan zat-zat yang telah merugikan tubuh, diantaranya Urea, zat asam urat, creatini, amoniak, garam anorganik, obat obatan serta bakteri. Karena bila zat tersebut disimpan oleh tubuh, maka bisa menjadi racun sehingga membahayakan kesehatan tubuh manusia.
Itulah beberapa fungsi ginjal yang bisa anda pelajari. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Fungsi Ginjal Dalam Tubuh Manusia Disertai Penjelasan Lengkapnya | penulis oke | 4.5