Energi Kinetik Rotasi : Pengertian, Contoh, Manfaat, dan Rumusnya Terlengkap

Posted on

Pengertian, Contoh, Manfaat, dan Rumus Energi Kinetik Rotasi

Energi kinetik rotasi – apabila kita berbicara tentang energi kinetik rotasi, maka kita perlu banyak menemukan contoh yang dapat kita lihat di dalam kehidupan sehari hari kita. Suatu contoh dari energi kinetik rotasi ialah jam dinding yang memiliki jarum panjang dan juga jarum pendek. Pada kedua jarum tersebut yang berputar pun merupakan contoh dari energi kinetik rotasi yang putarannya pada suatu tempat tertentu.

Selain itu, pergerakan dari turbin oleh angina maupun air pun termasuk dalam contoh energi kinetik rotasi dengan merubah yang semula dari energi gerak kemudian berubah menjadi energi potensial yang selanjutnya terus akan dikonversikan menjadi sebuah energi listrik. Berikut ini adalah rumus yang dapat dipakai untuk menghitung besarnya energi kinetik yang telah berputar, misalnya seperti yang terdapat pada jam dinding dan turbin tersebut.

Pengertian Energi Kinetik Rotasi

Sebelum kita mulai, mari kita perhatikan terlebih dahulu pengertian dari energi kinetik rotasi. Pengertian energi kinetik rotasi adalah energi yang hasilnya lewat dari sebuah gerak yang berkaitan dengan suatu benda. Contoh singkat pada energi kinetik rotasi yang memutar ialah sebuah planet yang putarannya berkeliling pada matahari.

Hal tersebut dapat disebut dengan energi kinetik rotasi sebab planet planet yang terdapat di dalam tata surya kita ini memutar sebab adanya medan magnet terhadap matari secara kuat dan mempunyai orbit sendiri pula untuk berputar. Lain halnya pada asteroid dan juga bintang yang banyak tidak mempunyai jalur orbit dan memutarnya secara tidak teratur. Hal tersebut memang dapat disebut dengan energi gerak, tetapi tidak dapat disebut menjadi energi kinetik rotasi.

Sebuah roda yang pergerakannya dalam sumbu mobil pun dapat disebut menjadi energi kinetik rotasi. Hal tersebut dapat dikatakan pula menjadi energi gerak yang dapat memutar sebab ada semacam sumbu menjadi penggeraknya. Sebuah mesin yang sedang menggerakkan sumbu ban yang terdapat di tengah, dapat membuat sebuah roda dan juga ban untuk berputar yang antinya dapat digunakan supaya mobil dapat berjalan.

Contoh Energi Kinetik Rotasi

Contoh dari energi kinetik terkecil misalnya seperti electron yang mengelilingi inti. Di dalam setiap atom, terdapat electron yang bergerak dengan mengelilingi suatu atom. Hal tersebut dapat pula dikelompokkan menjadi energi kinetik rotasi.

Turbin yang bergerak pada pembangkit listrik tenaga air serta angina pun termasuk sebagai energi kinetik rotasi. Turbin dalam pembangkit listrik tersebut dapat bergerak tetapi mempunyai posisi yang tetap pada posisi semulanya tadi. Kincir angina pun menjadi suatu contoh dari adanya energi kinetik rotasi dimana kincir angina tersebut bergerak dengan memutar sebab terdapat angina yang memutar tetapi posisi dari kincir angina tersebut tidak dapat berubah. Kincir ngin tersebut lah yang nantinya dapat merubah dari yang semualanya enerdi kinetik lalu berubah menjadi energi listrik.

Baca Juga :   Mengenal Anatomi Paru Paru, Fungsi dan Penyakit Pada Paru-Paru Lengkap

Manfaat Energi Kinetik Rotasi

Kita dapat memanfaatkan dari energi kinetik di dalam kehidupan sehari hari. Misalnya saja yang sangat simple seperti yang sudah disebutkan diatas ialah jam dinding yang putarannya sebab terdapat perubahan dari sebuah energi kimia berubah menjadi energi gerak. Pada dua jarum yang bergerak di jam tersebut dapat dikelompokkan daam energi kinetik yang memiliki rotasi. Untuk contoh yang lebih besarnya ialah pergerakan dari kincir angina yang gerakannya semula dari kondisi dia lalu mencapai pada kecepatan tertentu. Nah, itulah sejumlah contoh tentang energi kinetik rotasi yang dapat kita manfaatkan dalam kehidupan sehari hari kita.

Rumus Energi Kinetik Rotasi

Sesudah kita mengetahui pembahasan dan juga contoh dari energi kinetik rotasi untuk kehidupan sehari hari kita yang lengkap juga dengan manfaatnya, selanjutnya kita akan membahas tentang rumus pada energi kinetik rotasi. Benda bisa disebut mempunyai energi kinetik rotasi (Ekr) apabila benda itu mempunyai momen inersia (I) dan juga berotasi dengan kecepatan sudut (ω).

Pada saat sebuah benda sedang berotasi, maka besarnya dari energi kinetik rotasi yang di punya oleh benda itu ialah sebanding dengan hasil perkalian momen inersia dan kuadrat dengan kecepatan sudutnya. Secara sistematis, yaitu besarnya energi kinetik rotasi bisa dihitung melalui rumus berikut ini :

Ekr = ⅟₂ I . ω

Keterangan :

Ekr = joule ( energi kinetik rotasi )
I = momen inersia
Ω = rad/s ( kecepatan sudut )

Rumus Energi Kinetik Benda Menggelinding

Pada saat sebuah benda menggelinding, maka sebuah benda itu sedang melakukan dua gerak secara sekaligus yakni gerak rotasi dan juga gerak translasi. Jadi, untuk mencari energi kinetik ini kalian perlu menjumlahkan energi kinetik rotasi dengan energi kinetik translasi. Maka secara sistematis, untuk mencari rumus dari energi kinetik rotasi benda yang menggelinding adalah :

EKtotal = EKt + EKr
EKtotal = ⅟₂ m v2 + ⅟₂ I ω2

Keterangan :

EKtotal = joule ( energi kinetik rotasi )
EKt = joule ( energi kinetik translasi )
EKr = joule ( energi kinetik rotasi )
M = kg ( masa benda
V = m/2 ( kecepatan linear benda )
I = kg m2 ( momen inersia )
ω = rad/s ( kecepatan sudut )

Demikianlah pembahasan tentang energi kinetik rotasi. Kesimpulan dari pembahasan pada artikel ini, bahwa energi kinetik rotasi merupakan energi yang hasilnya lewat dari sebuah gerak yang hubungannya dengan suatu benda. Contoh singkatnya pada energi kinetik rotasi yang memutar tersebut ialah sebuah planet yang putarannya berkeliling pada matahari. Semoga bermanfaat dan terima kasih!

Baca juga: