Energi Alternatif : Pengertian, Macam Macam dan Manfaatnya Terlengkap

Posted on

Pengertian Energi Alternatif, Macam Macam dan Manfaatnya

Manfaat Energi Alternatif – energi alternatif adalah semua jenis energi yang digunakan dengan tujuan untuk menggantikan energi yang biasa dipakai hingga kini yaitu energi yang yang berasal dari minyak bumi. Energi alternatif disebut juga sebagai energi pengganti. Berikut ini penjelasan singkat mengenai manfaat sumber energi alternatif :

Macam Macam Sumber Alternatif

1. Sumber Energi Alternatif Matahari

Matahari merupakan sumber energi utama bagi manusia yang ada di planet bumi, energi yang dihasilkan oleh matahari berwujud sinar dan juga panas. Panas matahari itulah yang dibutuhkan oleh manusia, dan selama ribuan tahun manusia sudah memanfaatkan energi dari sinar matahari tersebut.

Sinar matahari yang telah dikonsentrasikan pada kolektor suhu, pada suatu tempat untuk mendapatkan suhu yang tinggi. Bahkan energi matahari ini juga dapat diubah menjadi energi listrik, listrik yang dihasilkan dengan mengubah energi matahari sudah menggunakan sel surya yang terdiri atas beberapa rangkaian panel unsur semikonduktor. Contohnya yaitu lapisan unsur silikon yang tipis.

2. Sumber Energi Alternatif Panas Bumi

Energi panas bumi merupakan jenis energi yang berasal dari inti bumi. Panas bumi tersebut biasanya muncul di permukaan bumi yang disebabkan oleh aktivitas vulkanik gunung berapi. Ada 3 sumber utama panas geotermal, yaitu uap alam, air yang panas dan bebatuan yang kering dan panas. Air panas tersebut sudah dimanfaatkan secara luas untuk segala kegiatan yang berhubungan dengan pemanasan. Namun pemakaiannya sendiri untuk pembangkit tenaga hingga kini masih menjadi penelitian. Sedangkan batuan kering panas merupakan sumber panas yang paling besar yang disediakan oleh alam, dan masih menjadi penelitian juga bagaimana penggunaannya yang tepat.

3. Sumber Energi Alternatif Angin

Sumber energi selanjutnya adalah energi angin, energi angin adalah suatu energi yang berasal dari hembusan angin yang bergerak. Ada beberapa negara yang kini mulai melirik pemanfaatan energi angin tersebut, yang akan digunakan sebagai sumber energi. Salah contohnya kincir angin di Belanda yang digunakan untuk memompa air untuk irigasi. Energi angin juga dapat digunakan untuk menghasilkan listrik yang menggunakan kincir angin, yang disambungkan menggunakan generator untuk menghasilkan listrik.

4. Sumber Energi Alternatif Gas Alam

Energi alternatif lainnya yaitu energi gas alam. Energi gas alam merupakan suatu gas yang terkumpul di bawah tanah yang terdiri dari berbagai macam komposisi campuran hidrokarbon yang memiliki daya tekan yang tinggi. Gas alam yang sudah diolah, kita kenal dengan gas elpiji.

Baca Juga :   Organisme : Pengertian, Klasifikasi dan Contohnya Lengkap

Manfaat dari gas elpiji sangat banyak, salah satunya adalah untuk memasak. Gas elpiji juga bahkan dapat digunakan untuk kendaraan bermotor, dan untuk menggerakkan mesin-mesin di suatu pabrik. Kini sumber energi gas alam ini sudah banyak dimanfaatkan, untuk pembangkit listri tenaga gas atau PLTG.

5. Sumber Energi Alternatif Biomassa

Biomassa adalah Segala jenis jasad makhluk hidup yang digunakan untuk menghasilkan energi, dengan cara dibakar langsung atau diubah terlebih dahulu ke bahan lain agar proses pembakarannya menjadi lebih mudah. Sumber energi biomassa ini berasal dari setiap makhluk hidup seperti sisa atau pembuangan dari kotoran manusia atau hewan, karena instalasi energi biomassa ini dapat dibangun melalui tangki kotoran manusia atau hewan. Sedangkan gas yang keluar dari instalasi tersebut disebut dengan biogas.

6. Sumber Energi Alternatif Gelombang Laut

Energi yang berasal dari gelombang laut dapat dikonversi menjadi tenaga listrik. Prinsip kerjanya adalah dengan mengumpulkan energi dari gelombang laut, untuk memutar turbin pada generator.

Saat ini sudah ada beberapa negara yang telah berani mengembangkan energi gelombang laut tersebut, sebagai salah satu potensi yang berasal dari laut yang manfaatnya cukup banyak untuk manusia.

7. Sumber Energi Alternatif Energi Nuklir

Energi nuklir merupakan suatu jenis energi yang berasal dari reaksi berantai dari bahan-bahan radioaktif yang terjadi di dalam sebuah reaktor. Energi yang dihasilkan oleh nuklir ini merupakan jenis energi yang sangat besar. Sebagai contoh sebanyak 1 gr zat radioaktif dapat menghasilkan listrik sebanyak 50 ribu kwh/jam. Jadi energi nuklir ini sangat baik digunakan untuk kebutuhan listrik.

Manfaat Energi Alternatif

Manfaat lain dari energi alternatif tersebut diantaranya yaitu :

  1. Dapat mengubah bahan kimia menjadi energi listrik tanpa melalui pembakaran yang mampu menghasilkan karbondioksida, atau emisi gas lainnya.
  2. Dapat digunakan sebagai metanol, propane, gas alam, etanol, bensin, atau hidrogen yang menjadi gas yang dapat diperbaharui.
  3. Perawatan teknologinya terbilang sangat mudah.
  4. Dapat digunakan secara bersamaan sebagai sumber hybrid yang jauh lebih efisien.
  5. Energi matahari bisa diolah menjadi panel surya yaitu suatu alat yang fungsinya adalah menangkap energi panas, yang biasanya dipasang di bagian atap suatu rumah.
  6. Perputaran baling-baling dari energi angin akan menghasilkan suatu energi listrik yang dibutuhkan manusia.
  7. Pembangkit listrik tenaga air akan mengalirkan air lewat generator yang dapat berputar untuk menghasilkan listrik.
  8. Pemanfaatan dalam hal energi pasang, ketika air laut pasang maka air akan ditahan di dalam bendungan yang dekat dengan muara atau teluk. Sedangkan jika air turun maka aliran air akan digerakkan oleh turbin pada generator.
  9. Energi panas dari matahari juga dapat dimanfaatkan untuk mengawetkan bahan makanan, contohnya pada proses pembuatan ikan asin di pantai.
  10. Energi dari panas bumi dapat bermanfaat untuk pembangkit listrik tenaga angin. Misalnya pembangkit listrik tenaga angin yang berada di Kamojang dan Dataran Tinggi Dieng.

Demikian artikel tentang Manfaat Energi Alternatif, semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Baca juga: