Ekonomi Manajerial : Pengertian, Tahap Memutuskan Masalah, Ruang Lingkup, dan Tujuannya Terlengkap

Posted on
Ekonomi Manajerial : Pengertian, Tahap Memutuskan Masalah, Ruang Lingkup, dan Tujuannya Terlengkap
5 (100%) 1 vote

Pengertian Ekonomi Manajerial, Tahap Memutuskan Masalah, Ruang Lingkup, dan Tujuannya

Ekonomi manajerial – membahas mengenai masalah perekonomian tidak akan ada habisnya, sebab setiap hari kita pasti terjun dengan perekonomian. Mengulas kembali definisi dari ekonomi ialah kegiatan yang menghasilkan suatu barang (produksi) dengan memakai barang (konsumsi) serta menyalurkan barang (distribusi) sehingga terbentuklah suatu kegiatan ekonomi.

Bentuk dari ekonomi sendiri banyak, mulai dari yang terkecil (ekonomi mikro), lalu lingkup menyeluruh (ekonomi makro) serta ekonomi manajerial.

Pengertian Ekonomi Manajerial

Ekonomi manajerial ialah gabungan/ hasil persilangan dari ilmu ekonomi serta ilmu manajerial. Ekonomi ialah kegiatan produksi, distribusi serta konsumsi dengan melibatkan banyak orang guna saling berinteraksi demi memenuhi kebutuhannya. Sementara manajerial ialah lebih fokus pada tujuan pengambilan keputusannya.

Ilmu manajerial lebih ditekankan bagaimana seorang manajer melaksanakan sebuah analisis dalam mengambil keputusan. Ilmu manjerial dibatasi dengan sejumlah peraturan, sehingga para manajer bisa tahu batasan-batasan dalam mengambil keputusan. Pengambilan keputusan yang telah dibuat manajer ialah untuk tujuan perusahaannya itu sendiri.

Jadi, ekonomi manajerial adalah sebuah kegiatan ekonomi dengan lebih menekankan pada analisis dalam mengambil keputusan suatu bisnis untuk mencapai keefisienan dan keefektifan dalam mencapai tujuan perusahaan sendiri.

Tahap Memutuskan Masalah

Terkadang di dalam memutuskan masalah pada lingkup manajerial ini melalui beberapa tahap, diantaranta :

  • Merumuskan masalah yang berhubungan, serta menghambat jalannya suatu perusahaan.
  • Mengindentifikasi pemecahan masalah yang telah dirumuskan.
  • Mencari pemecahan masalah dengan memperhatikan dengan benar batasan organisasi serta batasan sosialnya.
  • Mencari alternative terbaik dari pemecahan masalah tersebut.
  • Mengambil keputusan.

Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial

Adapun aspek penting dalam ruang lingkup ekonomi manajerial ada tiga, yakni:

1. Berhubungan dengan teori ekonomi

Setiap tindakan dalam ekonomi manajerial, berdasarkan pada teori ekonomi baik mikro maupun makro. Teori ekonomi menjadi alternative dalam memprediksi segala kemungkinan yang nantinya terjadi sehingga persiapan dan strategi yang telah disiapkan oleh beberapa pihak tepat sesuai sasaran dan pastinya dapat mengembangkan perekonomiannya.

2. Berhubungan dengan ilmu keputusan

Fokus atau inti ekonomi manajerial ialah bagaimana seorang pihak maupun sekelompok bisa memutuskan apa yang terbaik untuk mereka dan juga orang lain. Sehingga semua pihak dapat mengambil keputusan dengan cepat serta tepat.

3. Berhubungan dengan ilmu administrasi bisnis

Ekonomi manajerial tidak lepas dari fungsi administrasi bisnis, yakni mencakup pemasaran, akuntansi, SDA, SDM dan produksi dll. Tentunya hal ini diperlukan dalam ekonomi manajerial dalam menjalankan tanggungjawab dan tugasnya dengan baik.

Baca Juga :   Dumping dalam Perdagangan Internasional : Pengertian, Jenis, Tujuan dan Contohnya

Tujuan ekonomi manajerial

Beberapa tujuan yang bisa kita ambil pada ekonomi manajerial, antara lain:

1. Sebagai alat evaluasi

Dengan evaluasi ini, diharapkan memperoleh hasil yakni mengadopsi hal positif dari kebijakan sebelumnya, serta mengambil alternatif sebuah keputusan maupun mengatur ulang guna hal yang dirasa masih kurang cocok dari kebijakan sebelumnya. Sehingga, manajer baru mempunyai gambaran guna kebijakan yang akan diambil selanjutnya.

Selain itu, dengan proses evaluasi ini kita juga bisa mengetahui bagaimana titik keuntungan dan titik kelemahan pada sebuah perusahaan. Dengan alternative pemecahan masalah dan mengembangkan kelebihan yang diperoleh bisa meningkatkan kelebihan lagi guna menutupi semua kelemahan yang ada.

2. Membantu manajer menyelesaikan masalah

Dapat kita ketahui bahwa di dalam perekonomian sudah tentu akan banyak masalah yang harus dihadapi. Maka dari itu, dengan ekonomi manajerial ini akan bisa membantu manajer dalam menghadapi berbagai masalah yang ada.

Misalnya seperti menghadapi kondisi pasar yang selalu berubah-ubah, menentukan tingkatan harga serta ketika produk keluar, memahami perkembangan teknologi industry yang cocok dipakai perusahaan, mengetahui media promosi serta periklanan yang bisa membantu perusahaan pada promosi sebuah produk dll.

3. Mengatur keuangan

Dengan ekonomi manajerial ini, maka bisa berguna sebagai alat analisis dalam mengambil keputusan dalam mengatur jalannya sebuah sistem keuangan yang baik secara pengeluaran ataupun pemasukannya.

Sehingga kita dapat menganalisis dalam mengambil keputusan bagaimana memanfaatkan pemasukannya serta meminimalisir pengeluarannnya dan bisa menjadi penyeimbang diantara keduanya.

4. Mengetahui lingkungan perusahaan, industry, ataupun perekonomian

Dikarenakan ekonomi manajerial yang berbasis pada analisis, maka dalam menganalisis lingkungan dibutuhkan pula banyak hal yang harus diperhatikan. Dalam menganalisis lingkungan yang harus diperhatikan ialah bagaimana kondisi konsumen, pemasok serta kompetitornya.

Banyak sekali analisis lingkungan yang dibutuhkan dalam menganalisis supaya tercapai sebuah keputusan yang tepat. Analisis lingkungan dibutuhkan untuk tahap pengambilan sebuah keputusan, sehingga menghasilkan keuntungan yang diinginkan.

5. Untuk keuntungan perusahaan

Dengan adanya ekonomi manajerial maka diharapkan perusahaan bisa menganalisis hal yang akan membawa keuntungan untuk perusahaan sendiri. Disinilah kenapa manajerial harus paham tentang fluktuasi pasar. Yakni manajer harus tahu letaknya permintaan pasar, harga jual serta laba. Manajer harus mengetahui berapa penetapan harga guna penjual produk yang sesuai.

Hal ini dilakukan supaya perusahaan memperoleh keuntungan bersih maksimal, yang mana paling minimal bisa mengembalikan pengeluaran perusahaan, supaya sedikit naik maka harus mencapai sebuah target yang telah diinginkan oleh perusahaan serta yang lebih maksimal adalah dengan memperoleh keuntungan bersih yang bisa melebihi target yang diinginkan.

Demikian pembahasan singkat tentang ekonomi manajerial, yang mana kita telah membahas pengertian, ruang lingkup dan tujuan adanya ekonomi manajerial. Pada dasarnya ekonomi menejerial ini sangat membantu bagi semua pihak yang berkecimpung di dalam bidang ekonomi, sebab dengan adanya manajerial maka semua pihak bisa mengatur apa yang akan mereka akan lakukan. Sekian dan terima kasih!

Baca juga: