Download Contoh Surat Perjanjian Sewa Tanah Tanpa Bangunan

Posted on
Download Contoh Surat Perjanjian Sewa Tanah Tanpa Bangunan
Rate this post

Download Contoh Surat Perjanjian Sewa Tanah Tanpa Bangunan

Contoh surat perjanjian sewa tanah merupakan suatu surat yang tertulis antara pihak penyewa tanah dengan pihak yang menyewakan tanah. Surat tersebut dibuat untuk bukti jika dirinya menyewa sebidang tanah yang disebutkan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan yang dilakukan. Hal hal yang menjadi kesepakatan antara pihak penyewa tanah yang yang menyewakan tanah juga ditulis dalam contoh surat perjanjian sewa tanah tersebut.

Biasanya tanah yang disewakan tersebut digunakan untuk bisnis tertentu oleh pihak penyewa. Kemudian bisa jadi pihak penyewa akan membangun bangunan untuk bisnis mereka diatas tanah yang disewanya. Kemudian setelah masa sewanya habis, bangunan tersebut ada yang diberikan kepada pemilik tanah ada juga yang diambil oleh penyewanya. Semua kesepakatan tersebut juga ditulis pada surat perjanjian sewa tanah ini.
Bagi pebisnis yang memiliki modal terbatas, sewa tanah bisa menjadi solusi mereka karena membeli tanah membutuhkan dana yang cukup besar. Dengan begitu, uang sisa menyewa tanah bisa dijadikan tambahan modal bisnis mereka.

Contoh Surat Perjanjian Sewa Tanah

Didalam surat perjanjian sewa tanah tertulis nama penyewa dan pihak yang menyewakan tanah. Kemudian akan dijelaskan tanah tersebut yang disewa seluas berapa dan digunakan untuk bisnis apa. Dijelaskan pula batas batas tanah sekitar yang disewakan tersebut.

Setelah itu, akan dijelaskan juga poin poin yang menjadi kesepakatan antara keduanya. Contohnya saja pihak penyewa akan menyewa lahan kosong tersebut kemudian akan dibangun sebuah ruko yang berluas 10 x 10m. Hal tersebut juga sudah disetujui oleh pihak pemilik tanah. Ditulis juga lamanya tanah tersebut disewa misalnya saja penyewaannya selama 5 tahun dari tanggal 30 juli 2018 sampai 30 juli 2023.

Baca Juga :   Download Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil Berbagai Usaha

Lalu dijelaskan pula nominal yang harus dibayarkan oleh penyewa. Misalnya saja penyewa harus membayarkan uang sewanya setiap tahun sebesar 10 juta per tahunnya. Dengan pembayarannya akan dilakukan setiap tanggal 30 juli dan paling lambat 15 agustus. Jika masih ada kesepakatan antara kedua pihak, sebaiknya ditulis secara jelas pada point point contoh surat perjanjian sewa tanah tersebut. Semoga bermanfaat.

Baca juga: