Definisi Motivasi : Jenis, Unsur, dan Faktor yang Mempengaruhinya Terlengkap

Posted on
Definisi Motivasi : Jenis, Unsur, dan Faktor yang Mempengaruhinya Terlengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Definisi Motivasi, Jenis, Unsur, dan Faktor yang Mempengaruhinya

Definisi Motivasi berasal dari kata “Movere” yang berarti dorongan atau menggerakkan. Motivasi atau dalam bahasa inggris adalah motivation, di dalam manajemen motivasi hanya diperuntukkan kepada sumber daya manusia pada umumnya dan bawahan pada khususnya. Dimana memberi tahu bagaimana cara mengarahkan daya dan potensi seseorang agar dapat bekerja dengan baik. Sehingga, dapat mencapai suatu tujuan yang sesuai dengan harapan.

Apa yang menyebabkan munculnya motivasi? Motivasi muncul karena adanya interaksi antara individu dengan situasi, sehingga berakibat pada individu – individu memiliki dorongan motivasi dasar yang berbeda – beda.

A. Definisi Motivasi Menurut Para Ahli

Di bawah ini merupakan penjelasan tentang definisi motivasi dari beberapa pendapat ahli, diantaranya yaitu:

  1. Menurut Hamalik (1992:173), Definisi Motivasi adalah perubahan energi di dalam diri atau pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai suatu tujuan.
  2. Menurut Sardiman, Definisi Motivasi adalah terjadinya perubahan energi dari dalam diri seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan yang didahului dengan tanggapan terhadap adanya sebuah tujuan.
  3. Menurut Mulyasa (2003:112), Definisi Motivasi merupakan tenaga pendorong atau penarik yang menyebabkan adanya tingkah laku ke arah suatu tujuan tertentu. Para peserta didik akan bersungguh-sungguh karena memiliki motivasi yang tinggi.
  4. Malayu S.P. Hasibuan, menjelaskan bahwa definisi motivasi berasal dari bahasa latin “movere” yang berarti dorongan atau pemberian daya penggerak yang dapat menciptakan suatu kegairahan kerja seseorang agar mereka mau bekerja secara efektif, dapat bekerjasama dan bisa terintegrasi dengan segala upaya untuk mencapai sebuah kepuasan.
  5. Edwin B. Flippo, disebutkan bahwa motivasi merupakan suatu keahlian dalam mengarahkan seorang pegawai & sebuah organisasi agar dapat bekerja supaya berhasil, hingga para pegawai dan tujuan dari organisasi tersebut tercapai.

Dari beberapa pengertian ataupun definisi motivasi dari para ahli tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah suatu keadaan atau kondisi dimana itu akan memberikan dorongan, rangsangan atau pergerakan seseorang untuk bisa melakukan sesuatu atau melakukan sebuah kegiatan yang dilakukannya agar dapat mencapai tujuannya.

B. Jenis – Jenis Motivasi

Jenis – jenis Motivasi menurut Elliot et al dan Sue Howard yaitu Motivasi seseorang dapat ditimbulkan dan tumbuh berkembang melalui dirinya sendiri-intrinsik dan dari lingkungan-ekstrinsik.

  • Motivasi intrinsik bermakna sebagai keinginan dari diri sendiri untuk bertindak tanpa adanya rangsangan dari luar. Motivasi intrinsik akan sangat memberikan suatu keuntungan dan memberikan ketekunan dalam belajar.
  • Motivasi ekstrinsik dijabarkan sebagai motivasi yang datang dari luar individu dan tidak dapat dikendalikan oleh individu tersebut. Elliott et al. Memberikan sebuah contoh dengan menggunakan nilai, hadiah, ataupun sebuah penghargaan. Dimana itu digunakan untuk bisa merangsang motivasi seseorang.
Baca Juga :   Pengertian Akomodasi : Tujuan, Karakteristik, dan Bentuknya Terlengkap

C. Unsur – Unsur Motivasi

Ada unsur motivasi yang diambil dari para pendapat ahli yang saling berkaitan yaitu :

  • Motivasi dimulai dengan adanya perubahan energi dalam pribadi. Perubahan-perubahan dalam motivasi timbul dari perubahan-perubahan tertentu di dalam sistem neurofisiologis dalam organisme manusia. Contoh dengan adanya perubahan di dalam sistem pencernaan akan menimbulkan motif lapar. Tetapi, ada juga perubahan energi yang tidak diketahui.
  • Motivasi ditandai dengan timbulnya perasaan (affective arousal) mula-mula merupakan ketegangan psikologis, lalu merupakan suasana emosi. Suasana emosi ini menimbulkan kelakuan yang bermotif. Perubahan ini mungkin disadari, mungkin juga tidak. Kita dapat mengamatinya pada perbuatan. Pribadi yang bermotivasi mengadakan respons-respons yang tertuju ke arah suatu tujuan. Respons-respons itu berfungsi mengurangi ketegangan yang disebabkan oleh perubahan energi dalam dirinya. Setiap respons merupakan suatu langkah ke arah pencapaian tujuan. Contoh seorang siswa ingin mendapatkan sebuah hadiah, maka ia akan belajar, bertanya, membaca buku, mengikuti tes, dan sebagainya.

D. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Motivasi

Terdapat 2 faktor yang sangat mempengaruhi Motivasi yang berperan sebagai proses batin atau proses psikologis dalam diri seseorang antara lain :

  1. Faktor Intern (Internal) yang berasal dari dalam diri individu
    • Pembawaan individu
    • Tingkat pendidikan
    • Pengalaman masa lampau
    • Keinginan atau harapan masa depan.
  2. Faktor Ekstern atau Eksternal yang merupakan berasal dari luar diri individu
    • Lingkungan kerja
    • Pemimpin dan kepemimpinannya
    • Tuntutan perkembangan organisasi atau tugas
    • Dorongan atau bimbingan atasan

Ada sumber lain yang mengungkapkan, bahwa didalam motivasi itu terdapat suatu rangkaian interaksi antar berbagai faktor. Berbagai faktor yang dimaksud meliputi :

  1. Individu dengan segala unsur-unsurnya : kemampuan dan ketrampilan, kebiasaan, sikap dan sistem nilai yang dianut, pengalaman traumatis, latar belakang kehidupan sosial budaya, tingkat kedewasaan, dsb.
  2. Keadaan atau kondisi dimana individu bekerja akan menimbulkan berbagai rangsangan: persepsi individu terhadap kerja, harapan dan cita-cita dalam keja itu sendiri, persepsi bagaimana kecakapannya terhadap kerja, kemungkinan timbulnya perasaan cemas, perasaan bahagia yang disebabkan oleh pekerjaan.
  3. Proses penyesuaian yang harus dilakukan oleh masing-masing individu terhadap pelaksanaan pekerjaannya.
  4. Pengaruh yang datang dari berbagai pihak : pengaruh dari sesama rekan, kehidupan kelompok maupun tuntutan atau keinginan kepentingan keluarga, pengaruh dari berbagai hubungan di luar pekerjaan
  5. Reaksi yang timbul terhadap pengaruh individu
  6. Perilaku atas perbuatan yang ditampilkan oleh individu
  7. Munculnya anggapan dan bangkitnya kebutuhan baru, cita-cita dan tujuan

Demikianlah artikel tentangn penjelasan definisi Motivasi yang berasal dari beberapa para ahli. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna untuk para pembaca.

Baca juga: