Definisi dan Pengertian Reformasi menurut Para Ahli

Definisi dan Pengertian Reformasi menurut Para Ahli
Rate this post

Definisi dan Pengertian Reformasi menurut Para Ahli

Definisi dan Pengertian Reformasi menurut Para Ahli – Dalam pembahasan artikel kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian reformasi, apa itu arti reformasi dan definisi dari reformasi, serta tujuan reformasi dan juga definisi birokrasi serta reformasi 1998.

Pengertian Reformasi

Reformasi adalah sebuah proses pembentukan kembali suatu tatanan kehidupan yang lama dengan diganti tatanan kehidupan yang baru. Tujuannya adalah, untuk membawa ke kehidupan yang lebih baik dengan melihat keperluan di masa depan.

Di samping itu juga menekankan kembali ke pada bentuk asal dengan menghentikan penyimpangan-penyimpangan dan juga praktik-praktik yang dianggap salah dengan melakukan perombakan secara menyeluruh dari suatu sistem kehidupan, baik di dalam sebuah aspek politik ekonomi, sosial, hukum serta bidang pendidikan.
Reformis adalah sebutan yang disematkan untuk mereka yang mendukung reformasi atau mengininkan sebuah perubahan.

Lalu, apa ya definisi serta pengertian reformasi jika menurut para ahli?

Jika berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), Reformasi bisa diartikan sebuah perubahan yang terjadi secara drastis. Tujuannya adalah untuk melakukan perbaikan dalam berbagai bidang, baik bidang sosial, politik mau pun agama, dan terjadi di suatu masyarakat dan juga sebuah Negara.

Reformasi ekonomi merupakan sebuah perubahan yang terjadi secara drastis dan bertujuan untuk memperbaiki sistem ekonomi di suatu masyarakat dan juga di sebuah Negara.

Reformasi hukum merupakan sebuah perubahan yang terjadi secara drastis dan bertujuan untuk memperbaiki sistem hukum di suatu masyarakat dan juga di sebuah Negara.

Reformasi politik merupakan sebuah perubahan yang terjadi secara drastis dan bertujuan untuk memperbaiki sistem politik di suatu masyarakat dan juga di sebuah Negara.

Sementara itu, reformasi umum memiliki arti, sebuah perubahan yang terjadi terhadap suatu sistem yang telah lama ada pada suatu masa. Reformasi ini dapat mengacu pada beberapa hal, seperti di bawah ini:

 

  1. Reformasi Protestan: Kata Reformasi sendiri pertama-tama muncul dari gerakan pembaruan di kalangan Gereja Kristen di Eropa Barat pada abad ke-16, yang dipimpin oleh Martin Luther, Ulrich Zwingli, Yohanes Calvin, dll.

 

  1. Reformasi Katolik, kadang disebut “Kontra Reformasi”, adalah periode pembaruan pada Gereja Katolik yang diawali dengan Konsili Trente sehubungan dengan struktur gerejani, tarekat religius, gerakan kerohanian, dan dimensi politis. Beberapa tokoh yang menonjol diantaranya: St. Pius V, St. Ignatius Loyola, St. Teresa dari Avila, St. Yohanes dari Salib, St. Fransiskus dari Sales.

 

  1. Reformasi Indonesia: Di Indonesia, kata Reformasi umumnya merujuk kepada gerakan mahasiswa pada tahun 1998 yang menjatuhkan kekuasaan presiden Soeharto atau era setelah Orde Baru, yaitu era reformasi.

 

Nah, sekarang sudah tahu kan apa itu reformasi dan definisi dari reformasi itu sendiri. Dan juga pengertian reformasi dari para ahli. Semoga artikel di atas bermanfaat ya, untuk anda.

 

Baca Juga:

 

 

Definisi dan Pengertian Reformasi menurut Para Ahli | penulis oke | 4.5
Shares