Definisi Bahasa – Pengertian, Sejarah, Fungsi, Dan Manfaatnya Lengkap

Posted on
Definisi Bahasa – Pengertian, Sejarah, Fungsi, Dan Manfaatnya Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Definisi Bahasa – Sejarah, Fungsi, Dan Manfaatnya Lengkap

Definisi Bahasa – Pengertian bahasa yaitu alat komunikasi yang dimiliki manusia yang berupa sistem lambang bunyi, yang berasal dari mulut atau alat ucap manusia. Ada juga yang menjelaskan bahwa arti bahasa adalah kemampuan yang dimiliki oleh manusia, dalam berkomunikasi satu dengan yang lainnya dengan memakai kata atau simbol, contohnya kata-kata atau gerakan tubuh.

Definisi Bahasa

Bahasa terdiri atas kumpulan kata yang dimana masing-masing kata itu memiliki makna dan juga hubungan abstrak, dengan konsep atau objek yang diwakili oleh kata-kata itu sendiri. Pemakaian bahasa pada umumnya didasari dengan seperangkat aturan, sehingga kata-kata yang diucapkan atau ditulis mengikuti suatu aturan tertentu.

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

  1. Pengertian bahasa menurut Plato adalah pernyataan pikiran dari seseorang dengan perantara onomata atau nama benda/sesuatu dan rhemata atau ucapan. Yang menjadi cerminan dari ide seseorang dalam arus udara dengan melewati mulut.
  2. Pengertian bahasa menurut Ferdinand De Saussure adalah ciri atau pembeda yang paling menonjol karena dengan bahasa dari setiap kelompok sosial, yang merasa dirinya sebagai kesatuan yang berbeda dari kelompok yang lainnya.
  3. Pengertian bahasa menurut Bill Adams adalah sistem pengembangan psikologi individu di dalam sebuah konteks inter subjektif.
  4. Pengertian bahasa menurut Sudaryono adalah sarana komunikasi yang efektif meskipun tidak sempurna, sehingga ketisaksempurnaan bahasa dalam sarana komunikasi menjadi salah satu sumber terjadinya kesalahpahaman.
  5. Pengertian bahasa menurut Harimurti Kridalaksana (1985:12) adalah sistem bunyi yang maknanya digunakan untuk komunikasi oleh sekelompok manusia.
  6. Pengertian bahasa menurut Wibowo (2001:3) adalah sistem simbol bunyi yang bermakna dan berartikulasi atau dihasilkan oleh alat ucap, yang sifatnya abriter dan juga konvensional. Yang juga digunakan sebagai alat komunikasi oleh kelompok manusia dalam melahirkan perasaan dan pikiran.

Sejarah Singkat Bahasa

Bagaimana proses terciptanya bahasa? Awal mulanya muncul bahasa memang tidak diketahui dengan detail, tapi ada beberapa teori yang menjelaskan tentang sejarah ditemukannya bahasa manusia. Dari beragam sumber disebutkan bahwa jumlah bahasa yang ada di dunia adalah, 6000-7000 bahasa. Jumlah itu termasuk jumlah bahasa alami, yaitu kata-kata dalam berbicara. Dan bahasa isyarat serta bahasa yang menggunakan media lainnya seperti  braille, bunyi siulan, tulisan grafis, dan lainnya.

Berdasarkan asumsi dasar manusia, berikut beberapa teori perkembangan dalam sejarah bahasa :

Teori Keberlanjutan

Teori ini didasari oleh gagasan yang menyebutkan bahwa bahasa merupakan komunikasi yang rumit, sehingga tidak bisa timbul begitu saja dari ketiadaan yang bisa menghasilkan sarana komunikasi seperti sekarang. Di dalam teori ini disebutkan bahwa bahasa sudah mengalami perkembangan mulai dari sistem pra linguistik sampai bahasa yang dipakai sampai sekarang.

Teori Ketidakberkelanjutan

Teori ini didasari oleh gagasan yang bersebrangan dengan teori berkelanjutan. Yang dimana disebutkan bahwa bahasa merupakan sebuah sifat yang unik, yang tak bisa dibandingkan dengan apapun yang ditemukan pada spesies yang lainnya. Maka teori ini menganggap bahwa bahasa muncul tiba-tiba dan berkembang sesuai dengan peradaban manusia.

Baca Juga :   Paradigma - Pengertian Secara Umum dan Menurut Para Ahli Lengkap

Teori Navistik

Bahasa lahir dengan alamiah dan ilmiah serta sudah tersandi secara genetis. Di dalam teori ini disebutkan bahwa manusia memiliki insting yang istimewa dalam mengeluarkan ekspresi ujaran pada setiap kesan yang diperoleh sebagai stimulus dari luar.

Teori Echoic

Teori ini menyebutkan bahwa kata-kata yang muncul pertama kalinya adalah hasil tiruan dari suara alam. Contohnya suara hujan, sungai, ombak, guntur, dan lain sebagainya.

Teori Gesture

Dalam teori ini disebutkan bahwa bahasa mendahului ajaran. Menurut teori ini penggunaan sistem isyarat dilakukan oleh manusia primitif di zaman prasejarah dan oleh beberapa hewan.

Fungsi Bahasa

Pada umumnya ada tiga fungsi bahasa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Diantaranya yaitu :

1. Sebagai alat komunikasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa bahasa adalah kumpulan kata-kata yang mempunyai makna. Setiap kata tertentu mempunyai makna dan hubungan abstrak dengan konsep atau objek yang diwakilinya. Melalui bahasa ini maka setiap individu bisa melakukan komunikasi dua arah yang dipahami oleh setiap individu.

2. Sebagai Alat Pemersatu Suatu Bangsa

Bahasa juga bisa berfungsi sebagai alat pemersatu bangsa karena penggunaannya sebagai alat komunikasi. Setiap warga di suatu bangsa bisa menyampaikan pemikirannya dengan menggunakan bahasa yang dipahami. Komuniksasi masyarakat dengan menggunakan bahasa yang sama dan dimengerti satu sama lain, akan mempersatukan bangsa agar menjadi lebih kuat.

3. Sebagai Identitas Suatu Suku/ Bangsa

Bahasa juga berfungsi sebagai identitas suatu bangsa, karena keunikannya. Setiap suku atau bangsa tentu mempunyai bahasa yang berbeda-beda, hal itulah yang menjadi identitas dan keunikan tersendiri bagi sebuah suku atau bangsa.

Berikut ini fungsi lainnya dari bahasa, yaitu :

  1. Sebagai alat untuk berpikir.
  2. Sebagai alat untuk kontrol sosial.
  3. Sebagai sarana menunjukkan ekspresi.
  4. Sebagai sarana untuk memahami diri sendiri dan orang lain.
  5. Sebagai alat untuk mempelajari berbagai ilmu pengetahuan dan sejarah.
  6. Sebagai sarana untuk membangun kecerdasan dan karakter.

Manfaat Bahasa

Sesuai dengan pengertian bahasa dan fungsinya, maka ada beberapa manfaat dari bahasa untuk manusia. Diantaranya yaitu :

1. Sebagai bahasa resmi dari suatu negara

Ada beberapa negara yang di dalamnya terdapat beberapa bahasa seperti Indonesia, yang terdiri dari berbagai suku bangsa. Sehingga diperlukan bahasa yang resmi untuk menyatukan seluruh warga Indonesia dari berbagai suku. Dalam hal ini, bahasa resmi kita adalah bahasa Indonesia.

2. Sebagai pengantar di dalam dunia pendidikan

Dalam menyampaikan suatu materi pelajaran harus menggunakan bahasa resmi, yang dipahami oleh warga negara yang bersangkutan. Itulah mengapa kegiatan belajar mengajar di negara kita menggunakan bahasa Indonesia dan menjadi salah satu bidang studi, yang tentu harus dipelajari oleh setiap siswa.

3. Sebagai alat pengembang kebudayaan dan ilmu pengetahuan

Di dalam beragam upaya pengembangan kebudayaan yang ada di Indonesia, tentu hal itu berhubungan dengan penggunaan bahasa Indonesia itu sendiri. Walaupun di setiap suku daerah di Indonesia mempunyai bahasanya sendiri, tapi dalam proses pengembangan kebudayaan serta ilmu pengetahuan di negara kita menggunakan bahasa resmi yaitu bahasa Indonesia.

Sekian penjelasan lengkap tentang definisi bahasa, yang disertai sejarah, fungsi dan juga manfaatnya. Semoga artikel ini menambah wawasan dan pengetahuan anda, serta berguna bagi para pembaca.

Baca Juga :