Daur Hidup Nyamuk : Pengertian, Cara Membasmi Lengkap Dengan Penjelasannya

Posted on
Daur Hidup Nyamuk : Pengertian, Cara Membasmi Lengkap Dengan Penjelasannya
5 (100%) 1 vote[s]

Daur Hidup Nyamuk dan Penjelasannya secara lengkap

Daur Hidup Nyamuk dan Penjelasannya – Nyamuk merupakan bagian jenis serangga dari sebuah kerajaan animalia, filum arthropoda, yang masuk dalam kelas insect dan juga berordo diptera serta berfamili culicidae. Spesies nyamuk yang terdapat di dunia saat ini hingga 2.700 spesies.

Bentuk nyamuk panjang dan mempunyai sayap bersisik serta mempunyai kaki panjang dan moncong panjang. Ukurannya kadang tak mencapai 15 cm. Mosquito berasal dari bahasa spanyol yang artinya lalat kecil sebab hampir mirip dengan lalat. Berikut ini akan dibahas tentang daur hidup nyamuk dan penjelsannya.

Daur Hidup Nyamuk

Proses perkawinan nyamuk ini dilakukan dengan tanda nyamuk jantannya masuk ke dalam sarang baru yang diikuti oleh nyamuk betina. Sesudah nyamuk betina keluar sarang barulah sang jantan mengawini betina sebelum si betina itu pergi menghisap darah.
Nyamuk betina cuma kawin satu kali semasa hidupnya. Hidup nyamuk ini akan bergantung dengan air, jika tak ada air maka nyamuk tersebut akan mati. Sesudah proses kawin selanjutnya si nyamuk betina akan bertelur dalam air. Berikut uraian lengkapnya:

1. Telur nyamuk

Daur hidup nyamuk sama dengan kupu-kupu yang meletakkan telurnya dalam air, jika tidak maka telur tersebut akan mati. Cara nyamuk bertelur ini bermacam-macam, ada yang bergerombol meletakkan telurnya, dan ada juga yang meletakan telurnya satu-satu/ tak bergerombol.

Tempat mereka bertelur dapat di kolam, rawa ataupun tempat berair lainnya. Jika kolam kering maka induknya nyamuk akan memakai bagian bawah perutnya menjadi reseptor untuk mencari tempat yang sangat lembab biasanya terdapat di tumbuhan yang basah. Dalam sekali bertelur, nyamuk dapat melepaskan sekitar 300 telur nyamuk.

2. Jentik Nyamuk

Sesudah telur nyamuk menetas maka akan menjadi jentik nyamuk, yakni sama dengan daur hidup kecoa yang menghasilkan nimfa yaitu jentik nyamuk juga. Bentuknya panjang seperti benang berwarna hitam.
Proses menjadi jentik hanya selama 8-10 hari bergantung dari suhu, temperature, udara, dan banyaknya predator. Jentik nyamuk bernafas dengan ujung ekornya. Mereka memakan organisme dan sebagiannya memakan jentik lain.

3. Pupa

Fase selanjutnya adalah pupa atau kepompong, pada fase ini memerlukan waktu sekitar 1 – 2 hari saja. Fase ini terakhir nyamuk ada di dalam air, mereka bernafas dengan tanduk thorakis yang ada dalam gelung thorakis.
Sesudah sayapnya terbentuk lalu pupa nyamuk keluar dari air dan mulai berusaha untuk terbang. Nyamuk akan belajar terbang cepat dan saat itulah nyamuk sudah bisa dikenali oleh jenis kelaminnya betina atau jantan.

4. Nyamuk

Fase ini adalah fase terakhir dari nyamuk. Saat nyamuk sudah sempurna maka dia akan langsung siap mengelilingi dunia menggunakan sayapnya. Biasanya nyamuk melakukan perkawinan dalam jangka waktu 1 – 2 hari setelah dirinya keluar dalam kepompong. Prosesnya yang sangat cepat ini sama seperti daur hidup katak .
Wabah Penyakit Nyamuk yang Menyebabkan Gatal

Baca Juga :   Fluida : Pengertian, Contoh, dan Jenisnya Terlengkap

Nyamuk adalah hewan nomer satu dari penyebab manusia sakit. Terdapat beberapa jenis nyamuk misalnya seperti aedes aegepty yang menyebabkan terjadinya penyakit demam berdarah. Penyakit demam berdarah seringkali menjadi kejadian luar biasa (KLB) di sejumlah daerah di Indonesia. Nyamuk demam berdarah ini memasukkan semacam bakteri dalam darah manusia ketika nyamuk menghisap darah.

Jika demam berdarah tak segera mendapatkan pertolongan maka dapat menyebabkan kematian. Ada juga nyamuk akibat penyakit malaria, bahkan saat ini terdapat beberapa daerah yang masih ada penyakit malaria seperti di papua, nusa tenggara, buton, endeh dan juga pulau Indonesia di bagian timur lainnya.
Selain kedua nyamuk yang sangat eksis itu juga ada nyamuk dari penyebab kakik gajah. Penyakit kaki gajah ini sangat berbahaya bahkan dapat menyebabkan kematian. Nyamuk sangat berbahaya dan juga menjadi musuh di rumah-rumah sampai saat ini.

Gigitan nyamuk akan terasa gatal karena nyamuk saat memangsa mangsanya selalu pas sasaran. Hal ini dikarenakan nyamuk memakai sensor panas tubuh, bau tubuh dan juga gerakan sehingga mudah mencari mangsanya. Sesudah nyamuk mendapatkan mangsanya maka dia akan menggunakan moncong jarumnya pas di titik khusus kulit kemudian memakai semacam pisau di mulutnya untuk merobek kulit dengan gerakan maju mundur sampai bisa menemukan urat darah.

Saat menghisap darah maka nyamuk mengeluarkan zat anti agulan yang fungsinya supaya darah tak membeku. Saat selesai maka air liur tadi akan tertinggal dalam darah dan menjadikan benda asing di dalam kulit sehingga akhirnya akan menimbulkan rasa gatal.

Cara Membasmi Nyamuk

Karena nyamuk dapat menyebabkan berbagai penyakit bahaya bagi manusia maka butuh dilakukan pembasmian walaupun umur nyamuk hanya sebentar. Pemerintah sudah mencanangkan gerakan 3M yakni menguras, menimbun dan menutup.

1. Menguras

Menguras kolam di kamar mandi dan juga kolam lainnya yang ada di dekat rumah sangatlah penting dilaksanakan karena nyamuk menghabiskan sebagian hidupnya di dalam air. Kolam dikuras dan dibersihkan dengan rutin dan berkala akan membuat para nyamuk tidak akan bertahan dan pastinya mengurangi resiko kamu terkena penyakit dari nyamuk.

2. Menimbun

Kegiatan dengan menimbun ini ialah menimbun genangan-genangan air yang telah berpotensi menjadi tempat tinggal nyamuk. Kamu juga perlu untuk menimbun sebuah kaleng-kaleng kosong dan sampah platik yang digenangi oleh air.

3. Menutup

Menutup sumber air agar tak dihinggapi oleh nyamuk merupakan hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah adanya perkembangbiakan nyamuk.

Begitulah daur hidup nyamuk dan penjelasannya secara lengkap. Adapun tanaman yang bisa dipakai sebagai penangkal nyamuk antara lain adalah kulit jeruk, bunga geranium, eucalyptus, lavender, bunga marigold, bunga ageratum, citronella, catnip, rosemary, kemangi, dan tansy. Saat ini terdapat pula banyak produk pengusir nyamuk yang baik berbentuk semprot, oles ataupun obat nyamuk bakar.

Baca juga: