Cyber Crime: Pengertian Hacker dan Jenisnya Lengkap

Cyber Crime: Pengertian Hacker dan Jenisnya Lengkap
Rate this post

Pengertian Hacker dan Cracker Beserta Contohnya Lengkap

Apa Sih Hacker itu? Pertanyaan tersebut menjadi sebuah perwakilan dari beberapa orang yang ingin tahu lebih jauh apa yang di maksud dengan hacker?, bagaimana kerja seorang hacker? Dll.

Hacker dapat di artikan sebagai seseorang yang mempelajari, menganilisis, modifikasi, masuk/menerobos masuk ke dalam jaringan system computer baik itu tujuannya sebagai mencari keuntungan atau hanya sebatas tantangan saja.

Karena banyaknya berita negative mengenai Hacker serta kesalah pemahaman di tengah masyarakat, namun sebenarnya Cyber Crime/kejahatan dunia internet terbagi menjadi dua istilah yakni hacker dan cracker. Sehingga dalam hal ini banyak orang yang menganggap bahwasanya yang menyebabkan banyak kerugian dari pihak tertentu adalah Hacker, beberapa kerusakan yang terjadi adalah Defacing : merubah tampilan sebuah situs web, Menyematkan berbagai kode yang menginjek Virus, dll. Namun sebenarnya yang membuat banyak masalah adalah cracker dengan mencari berbagai celah keamanan berupa bug untuk merusak system. Maka dalam hal ini Hacker di golongkan menjadi dua, di antaranya sebagai berikut.

1. White Hat Hacker

Merupakan sebuah isitilah yang di tujukan untuk teknologi informasi yang mengarah kepada hacker yang secara etis menunjukan kelemahan pada sebuah system computer. Jika di lihat secara umum White hat lebih cenderung melakukan aksinya dalam melindungi system computer yang tentunya sangat bertentangan dengan black hat yang lebih cenderung melakukan berbagai aksinya ke konotasi negative.

Sehingga, White Hat Hacker (Topi putih) adalah orang baik khususnya pada bidang computer, karena pekerjaan atau aktifitasnya lebih kepada pengujian penetrasi atau mengamankan dan melindungi IT Sistem. Dengan kata lain Peretas topi putih juga di kenal dengan sebutan “good hacker,” dimana seseorang pekerjaannya sebagai ahli system keamanan, penetrasi pengujian, dan pengujian metodologi lain, yang mana hal ini di maksudkan untuk memastikan perusahaan sistem informasi aman. Dengan berbagai kegiatannya tersebut pakar keamanan memanfaatkan berbagai metode dalam melaksanakan berbagai uji coba, baik itu rekayasa sosial taktik, penggunaan alat-alat hacking serta berbagai upaya dalam menghindari keamnan untuk bisa masuk ke daerah aman.

2. Black Hat Hacker

Merupakan kata yang digunakan secara umum, yang merupakan hacker lawan dari White Hacker dimana untuk aktifitasnya adalah menerobos masuk ke dalam computer untuk bisa mendapatkan akses ke kontrol administratif. Sebagian orang berpendapat bahwasanya hacker adalah seseorang yang menerobos masuk ke dalam celah system computer. Ada banyak sekalia komunitas hacker di dunia yang umumnya di dalam komunitas tersebut merupakan kumpulan orang yang berminat kepada pemrograman komputer, menciptakan Software/Perangkat Lunak. Karena aktifitasnya illegal baik itu untuk keuntungan atau tantangan saja maka Black Hat Hacker ini lebih mengacu sebagai cyber-criminal hacker sebagai “cracker”.

Hanya itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai Pengertian Hacker dan Jenisnya Lengkap, Sehingga dengan membaca penjelasan di atas tersebut semakin lebih tahu apa yang di maksud dengan Cyber Crime atau Hacker. Semoga Bermanfaat

Baca Juga : 

Cyber Crime: Pengertian Hacker dan Jenisnya Lengkap | saranailmu | 4.5
Shares