Contoh Surat Pernyataan Menjalankan Usaha / Pekerjaan Bebas Bermaterai

Posted on
Contoh Surat Pernyataan Menjalankan Usaha / Pekerjaan Bebas Bermaterai
4 (80%) 1 vote[s]

Contoh Surat Pernyataan Menjalankan Usaha / Pekerjaan Bebas Bermaterai

Surat pernyataan menjalankan usaha / pekerjaan bebas bermaterai merupakan surat yang dibuat seseorang yang menjelaskan jika dia benar benar memiliki atau menjalankan usaha. Pada surat pernyataan tersebut pun harus ditandatangani diatas materai. Biasanya seseorang membuat surat pernyataan menjalankan usaha / pekerjaan bebas bermaterai ketika mau meminjam modal di bank.

Modal tersebut digunakan untuk mengembangkan usaha yang dijalankannya. Pihak bank yang akan meminjamkan modal kepada setiap nasabahnya akan meminta bukti atas usaha yang dijalankannya salah satunya adalah dengan surat pernyataan menjalankan usaha ini. Hal ini hanya untuk menghindari pembayaran kredit yang tidak lancar dari nasabah nasabah mereka.

Sehingga pihak bank akan memastikan secara hati hati jika nasabahnya tersebut punya usaha yang lancar dan tidak sedang dalam masalah. Jika usaha yang dijalankan oleh nasabah lancar, dapat dipastikan jika pembayaran yang dilakukan juga lebih baik dan tidak ada masalah.

Meskipun anda mengajukan modal atau kredit dengan jaminan barang berharga anda, namun pembayaran kredit akan di bayar dengan uang hasil usaha yang dijalankan. Sehingga bank akan mencari nasabah yang memiliki usaha yang lancar dan memiliki prospek bagus.

Seperti surat pernyataan lainnya, surat pernyataan memiliki usaha berisi tentang sebuah pernyataan yang menjelaskan jika dirinya benar benar memiliki usaha yang dituliskan. Sementara itu, pada surat pernyataan usaha ini juga disertakan dengan materai dengan tujuan bisa dipertanggung jawabkan dimata hukum.

Surat Pernyataan Menjalankan Usaha / Pekerjaan Bebas Bermaterai

 

Cara membuat surat pernyataan menjalankan usaha adalah dengan menuliskan identitas lengkap dari nama lengkap, NPWP, nomor KTP atau SIM, dan alamat lengkap. Kemudian nyatakan jika anda benar benar memiliki usaha. Jika sewaktu waktu pernyataan tersebut tidak benar, maka anda harus mau menerima hukumannya.

Baca Juga :   Memahami Konsep Manajemen Pemasaran Terlengkap

Tuliskan penutup dengan pernyataan jika anda benar benar memiliki usaha sesuai dengan yang dinyatakan diatas. Surat pernyataan ini juga dibuat tanpa adanya paksaan atau tekanan dari manapun. Tempel materainya dan tanda tangan diatas materai tersebut.

Itulah pembahasan tentang contoh surat pernyataan menjalankan usaha / pekerjaan bebas bermaterai. Semoga bermanfaat.

Baca juga: