Contoh Langkah Cara Menulis dan Membuat Puisi Yang Benar dan Mudah

Posted on
Contoh Langkah Cara Menulis dan Membuat Puisi Yang Benar dan Mudah
3.4 (67.86%) 28 vote[s]

Contoh Langkah-langkah Cara Menulis dan Membuat Puisi dengan Mudah

Cara membuat puisi bagi seseorang, pengalaman bisa dijadikan sebagai sumber inspirasi untuk menghasilkan karya seni, salah satunya ialah menulis puisi. Akan tetapi, bagi sebagian orang menulis puisi adalah hal yang sulit. Kadang, sebelum mereka menulis puisi, mereka sudah terbebani lebih dahulu oleh keinginan jika sebuah puisi yang dibuat harus indah, bagus, atau sebagainya.

Namun sebenarnya menulis puisi tak sesulit yang kamu bayangkan. Itu karena sebuah puisi adalah ungkapan jiwa seorang terhadap pengolahan pengalamannya. Nah, siapa saja yang hidup tentu memiliki jiwa, oleh karena itu, siapa saja pasti bisa menulis puisi.

Untuk hal ini, tergantung dengan bagaimana mereka bisa melatih untuk menata dengan baik ungkapan-ungkapan jiwa mereka menjadi kalimat-kalimat yang puitis.

Contoh Puisi

Perhatikanlah contoh puisi yang bertemakan pendidikan berikut!

Retorika pada Suatu Malam

Karya: Taufiq Abi Sabda

 

Perempuan dan pandangnya yang sayu

tengah malam berkesah tiba-tiba

tentang harapan dan kulit yang mulai mengeriput

membuat matanya sulit memejam

 

Nak, hari nanti tak lagi dapat kutebus biaya sekolahmu

tak apalah cukup kautahu beberapa abjad

untuk membaca hidup dengan penuh pengertian

janganlah pula kecil hati

sebab esok masih banyak yang bisa kaupelajari

dengan biaya mempertaruhkan nyali

 

Perempuan dan pandangnya yang sayu

bertimbang pada lampu jalan dan sepi

di depan pasar, sudut kota dekat terminal

Cara Menulis dan Membuat Puisi

Berdasarkan dengan puisi yang ada di atas, kamu bisa melihat adanya pilihan kata ataupun yang disebut dengan diksi yang tepat. Contohnya pada kata “berkesah”, kenapa tidak ditulis berkata, bergumam, ataupun berteriak? Karena kata “berkesah” telah dipilih sesuai dengan isi puisinya.

Kata tersebut juga mengungkapkan perasaan sang tokoh yakni gelisah yang digambarkan pada puisi diatas. Hal ini juga bisa meninggalkan kesan tersendiri khususnya dibenak para pembacanya.

Selain itu, proses menulis puisi juga bisa diawali dengan adanya keinginan untuk menuliskan segala sesuatu dalam pikiran yang telah dirasakannya. Contohnya kamu ingin menulis tentang puisi laut. Hal ini bisa kamu bayangkan sejenak dan renungkan bagaimana laut itu. Tulis saja segala sesuatu yang telah terlintas dalam benak kamu tentang laut.

Kemudian teruslah kamu cari hal-hal lebih dalam & lebih jauh tentang laut tersebut. Setelah kamu selesai menulis semuanya, maka suntinglah tulisan kamu tadi dengan cara memperhatikan letak dari urutan, tata kalimat, pemilihan kata (diksi), keserasian bait, rima dan barisnya.

Untuk bisa menuangkan ide, gagasan, ataupun pengalaman menjadi sebuah puisi, harus dilakukan latihan dan juga pengetahuan mendalam tentang puisi.

Karena dengan mengandalkan pengalaman-pengalaman saat latihan saja, tanpa didasari oleh landasan teori, tuntutan, ataupun pengetahuan mendalam tentang puisi mungkin kamu akan meneui kesulitan untuk membuat puisi yang maksimal.

Langkah-Langkah Menulis Puisi

Meski bagaimanapun, untuk bisa menulis puisi dengan baik, kamu harus memiliki bekal paling tidak pengetahuan tentang puisi, apa saja unsur-unsur dalam puisi, serta hal-hal lainnya yang masih berhubungan dengan puisi.

Tetapi secara garis besar, terdapat hal-hal yang harus kamu ketahui ketika kamu akan menulis puisi, diantaranya:

  • Menentukan tema. Hal pertama yang harus kamu tentukan ketika membuat puisi ialah tema. Contohnya saja tema yang diangkat tentang keindahan alam, kisah cinta, pemandangan di desa, hidup sederhana serta lain sebagainya.
  • Selanjutnya ialah mencari pilihan kata dalam pusis yang paling tepat. Untuk mengasah cara yang kedua, kamu bisa sering-sering membaca tentang contoh puisi yang kamu sukai.
  • Selanjutnya ialah membangun suasan Agar sebuah puisi yang kamu buat mempunyai “greget” (bahasa jawa), sebaiknya ketika menulis sebuah puisi, kamu sebisa mungkin harus bisa membangun suasana tersebut sesuai dengan pemilihan tema yang sudah kamu angkat.
  • Cara selanjutnya ialah menentukan nada. Hal ini juga tak kalah penting dengan beberapa hal diatas. Sebab sebaik apapun cara pemilihan kata maupun isi sebuah puisi jika tidak diiringi oleh pemilihan nada dalam puisi yang sesuai, bisa disimpulkan jika puisi tersebut akan terasa

Itulah beberapa cara membuat puisi yang bisa kamu ikuti dengan mudah. Selamat belajar.

Baca Juga : 

Baca Juga :   Pengertian Artikel : Ciri, Jenis, Tujuan dan Manfaatnya