Contoh Iklan Baris Dan Singkatannya Lengkap

Posted on
Rate this post

Contoh Iklan Baris Dan Singkatannya Lengkap

Iklan Baris – Iklan baris adalah salah satu jenis promosi yang berbentuk iklan, tentang barang atau jasa di koran yang bentuknya teks atau singkatan yang terbatas. Iklan ini mengutamakan informasi yang paling inti, pada sebuah produk yang dipromosikan. Pembuatan iklan ini sangat simpel karena pada umumnya dibuat dalam 2-4 baris saja.

Dengan ukurannya yang sangat kecil, maka harga penerbitan iklan ini cukup murah. Bila dibandingkan dengan iklan kolom. Iklan baris dibagi menjadi dua sub, yaitu iklan promosi dan pencarian. Keduanya dibagi lagi menjadi beberapa klarifikasi iklan saja. Seperti misalnya penjualan rumah, tanah, loker, penawaran jasa dan juga barang.

Iklan baris biasanya tidak menggunakan gambar yang menjadi daya tarik. Yang dimana sekarang ini iklan jenis ini tak hanya ditemukan di koran saja. Tetapi juga di internet dan halaman koran yang berbasis digital. Seperti misalnya iklan baris kompas, poskota, sindonews ataupun pikiran rakyat.

Karakteristik Pada Iklan Baris

Ada beberapa karakteristik, ciri, dan pengertian lainnya mengenai iklan baris yang perlu anda ketahui. Yang diantaranya yaitu :

  1. Iklan baris menyatakan sebuah informasi yang penting dan inti. Sehingga tulisannya singkat dan pada umumnya hanya terdiri atas 2-5 baris saja.
  2. Dimuat berdasarkan suatu pencarian atau penawaran, yang diklasifikasikan lagi sesuai dengan kelompoknya. Seperti misalnya kelompok iklan baris penjualan rumah, tanah, lowongan kerja, dan lain-lain.
  3. Tidak memerlukan art work atau sebuah ilustrasi grafis.
  4. Biaya pemasangannya pun relatif murah.
  5. Pada umumnya dibuat dengan mencantumkan nama produk, informasi singkat produk dan kontak yang dapat dihubungi baik berupa alamat, email atau no telepon dan atau ketiganya.
  6. Biaya pembuatan iklan baris di koran pada umumnya dihitung berdasarkan pada jumlah karakter, dan jenis iklannya. Setiap penerbit biasanya memiliki perhitungan biaya dan juga rules yang berbeda-beda.
  7. Semakin panjang karakternya maka akan semakin mahal harganya.

Contoh Iklan Baris

Berikut ini ada beberapa contoh pada iklan baris, diantaranya yaitu :

Iklan Baris Jual Rumah

Iklan baris jual rumah atau untuk penjualan rumah biasanya akan memuat tentang sebuah informasi mengenai luas tanah, dan bangunan dari rumah tersebut. serta kelengkapan, alamat rumah serta kontak pengiklan yang dapat dihubungi peminat. Beberapa poin tersebut yang biasanya ditulis oleh penjual adalah akses jalan tol, jalan utama, bandara, Mall dsb.

Daftar Singkatan Iklan Baris Jual Rumah

J/K : Dijual atau Dikontrakkan

J/S : Dijual atau Disewakan

BU : Butuh Uang

Rmh : Rumah

RmhMwh : Rumah Mewah

RmhTkt : Rumah Tingkat

kmr : Kamar

kt : Kamar Tidur

lnt : Lantai

R : Ruang

LT : Luas Tanah

LB : Luas Bangunan

TU : Tempat Usaha

O/H : Open House (artinya Siap Huni)

SHM : Sertifikat Hak Milik

AJB : Akte Jual Beli

Strgs : Strategis

Kav : Kavling

Komp : Komplek

Grs : Garasi

Ng : Nego

mbl : Mobil

tnh : Tanah

tlp : Telepon

dpn : Depan

hrg : Harga

jt : Juta

th : Tahun

Rmh : Rumah

lok : Lokasi

kel : Kelurahan

hdp : Hadap (Kanan/ Kiri/Jalan)

T : Telepon

Hub : Hubungi

TP : Tanpa Perantara

Ars : Arsitektur

s/d : Sampai dengan

fas.lkp : Fasilitas Lengkap

Contohnya :

JUAL CEPAT. Rmh 2 lt komp griya panembangan V Blok A No 9 Bdg. SHM, LT 150 M2, LB 100 M2, Hub : Gina 081765897030

Contoh Iklan Baris Lowongan Kerja

Sesuai dengan namanya iklan ini memuat tentang lowongan pekerjaan, yang menginformasikan tentang kebutuhan akan SDM di suatu bidang pekerjaan. Iklan ini biasanya memuat informasi lowongan pekerjaan untuk kebutuhan adm (administrasi), supir, kasir, pembantu rumah tangga dan lain sebagainya.

Daftar Singkatan Iklan Baris Lowongan Kerja

Dcr : Dicari

Bth : Butuh

BTH SGR : Butuh Segera

BTH CPT : Butuh Cepat

P/W : Pria / Wanita

U/ : Untuk

gj : Gaji

gp : Gaji Pokok

Bns : Bonus

pndk : Pendidikan

pglm : Pengalaman

bpglm : Berpengalaman

Baca Juga :   Pengertian Artikel : Ciri, Jenis, Tujuan dan Manfaatnya

llsn : Lulusan

fslts : Fasilitas

min : Minimal

maks : Maksimal

jrs : Jurusan

Dtg lsng : Datang Langsung

Pnmptn : Penempatan

Dom : Domisili

hr : Hari

mgg : Minggu

bln : Bulan

th : Tahun

utk : Untuk

bs : Bisa

tdk : Tidak

hub : Hubungi

dpt bkj dbwh tknan : Dapat Bekerja dibawah Tekanan

Contohnya :

DBTHKAN. Staf adm, gaji 2,5-4 jt/bln, utk PT Anyar Kembar, pend min D3, usia maks 30 thn, mngsai komptr, siap bkj dbwh tknan, CV krm k PT Anyar Kembar jl bunga kemboja No 12 Bdg.

Contoh Iklan Baris Jual Tanah

Dalam pembuatan iklan baris jual tanah, informasi yang harus dicantumkan diantaranya yaitu luas tanah, lokasi, harga dan juga kontak yang dapat dihubungi. Atau bisa juga ditambahkan dengan informasi lainnya, misalnya akses untuk menuju ke lokasi dan peruntukkan tanah.

Contoh Singkatan Iklan Baris Penjualan Tanah

BU : Butuh Uang

BU Cpt : Butuh Uang Cepat

Tnh : Tanah

Kav : Kavling

SHM : Sertifikat Hak Milik

LS : Luas

Dkt : Dekat (Pintu Tol / Mall dll)

JU : Jalan Umum

m² / M2 : Meter Persegi

Ha : Hektar

Cck : Cocok

Hrg : Harga

ng : Nego

Hub : Hubungi

IMB : Izin Mendirikan Bangunan

-/+ : Kurang Lebih

A/N : Atas Nama

Contohnya :

Jual tnh. Strategis. SHM. Cocok u/ ruko/kantor, akses jln lebar & bbs bnjir, hrg mrh. Hub : Jaya 081258969879

Contoh Iklan Baris Penjualan Mobil/Motor

Informasi penting yang biasanya ditulis dalam iklan baris penjualan mobil/motor diantaranya yaitu merk atau type mobil / motor, model, tahun, warna dan kelengkapannya, Selain dari alamat dan kontak yang dapat dihubungi tentunya.

Contoh Singkatan Iklan Baris Jual Motor/Mobil

W : Warna

Th : Tahun

Hrg : Harga

Kond : Kondisi

Pjk : Pajak

Trwt : Terawat

Contohnya :

Mio 2016, wrn mrh, a/n sndiri, srt lkp, mulus, hrg 10 jt nego. Hub : Indra 08569896898

Contoh Iklan Baris Jual Alat Elektronik

Iklan ini biasanya digunakan dalam penjualan barang teknologi seputar handphone, komputer, laptop, ac dan lain sebagainya. Hal-hal yang biasanya dituliskan dalam iklan ini diantaranya  merk hp, kondisi, spesifikasi, harga dan juga nomer kontak.

Contohnya :

Dijual sgr. Hp xiaomi redmi 5, knds bgs & grnsi, hrg 1 jt nego, hub :  Eko 081895849582

Fakta Dan Opini Dalam Iklan Baris

Di dalam pembuatan iklan baris terkadang ada fakta dan juga opini, yang secara singkat fakta dan opini. Yang dimana fakta menjadi suatu bukti yang nyata. Sedangkan opini adalah sesuatu yang belum dibuktikan secara nyata, diantara satu orang dan lainnya yang mempunyai pandangan yang berbeda.

Seperti yang kita ketahui definisi dari fakta itu sendiri adalah suatu hal atau peristiwa yang keadaannya nyata. Sedangkan opini kebenarannya belum tentu dan penafsiran diantara satu orang dan yang lainnya berbeda.

Contoh fakta yang ada di dalam iklan baris :

  • Dicari PRT (Pembantu rumah tangga)
  • Perempuan usia 25 – 40 tahun
  • Hubungi 081232139400

Contoh opini yang ada di dalam iklan baris :

  • Tempat nyaman
  • Pemandangan oke dll

Di bagian opini tersebut pemandangan yang oke dan tempat yang nyaman bisa jadi berbeda bagi setiap orang. Standar oke dan nyaman setiap orang tentu tidak sama. Karena bagi orang yang satu tempat tersebut nyaman, tapi belum tentu bagi orang yang lainnya.

Tips Membuat Iklan Baris

1. Sesuaikan dengan budget yang ada

Biaya iklan baris dihitung per karakter dan kata, maka semakin banyak karakter dan kata maka akan semakin mahal harganya. Untuk membuat biaya sedikit berkurang, anda bisa memilih kata yang lebih singkat tapi gunakan judul yang tepat. Gunakan singkatan seperti yang tertera di bagian contoh.

2. Persiapkan informasi apa saja yang dibutuhkan

Misalnya bila anda ingin menjual mobil maka cari tahu informasi apa saja yang kira-kira dibutuhkan oleh calon pembeli. Seperti misalnya merk, warna, kondisi, tempat peminat dapat membeli, apakah giginya otomatis atau manual dan tentu saja nomor kontak yang dapat dihubungi.

Selain ada pemasang iklan tentu ada juga orang yang mencari konsumen yang membaca iklan tersebut. maka hal yang penting adalah kehati-hatian dalam bertransaksi, karena harga iklan yang murah terkadang dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Dalam iklan baris sebenarnya tidak ada kewajiban dalam menyingkat kata atau kalimat. Tetapi karena hal itu berpengaruh pada harga, maka kebanyakan orang akan menyingkat iklan yang mereka buat.

Demikian artikel mengenai iklan baris yang lengkap, dimulai dari pengertiannya, karakteristiknya sampai contoh pembuatan dan singkatannya. Semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi anda yang akan membuat iklan baris di media.

Baca Juga :