Contoh Cara Membuat dan Langkah-langkah Menulis Teks Berita

Contoh Cara Membuat dan Langkah-langkah Menulis Teks Berita
Rate this post

Contoh Cara Membuat dan Langkah-langkah Menulis Teks Berita

Contoh Cara Membuat dan Langkah-langkah Menulis Teks BeritaPada artikel kali ini, akan membahas mengenai contoh teks berita, contoh naskah berita singkat, cara menulis teks berita dan juga langkah-langkah dalam menulis berita serta cara membuat teks berita singkat disertai dengan contoh teks berita singkat.

Menulis berita adalah suatu upaya yang dikakukan untuk menyampaikan sebuah kabar, atau juga sebuah informasi mengenai suatu hal atau bisa juga sebuah kejadian, dan dikemas dalam bentuk tulisan. Seorang penulis berita yang baik bisa menulis sebuah berita dengan sangat lengkap dan juga komunikatif agar mampu membuat pembaca berita memahami apa yang disampaikan oleh berita tersebut, tanpa adalanya kesulitan dalam mengartikan sehingga tidak terjadi kesalahan tafsir.

Apakah semua peristiwa bisa atau layak dijadikan sebuah berita dan disampaikan pada pembaca? Jawabannya adalah tidak. Banyak kejadian di sekitar kita, tapi tidak semua bisa dijadikan sebagai berita. Sebagai penulis, seorang penulis berita harus mampu memilih peristiwa mana atau kejadian apa yang cocok dan sangat layak untuk dijadikan sebuah berita.

Karena sebuah berita haruslah ditulis secara benar menurut fakta dan kejadian yang ada. Selain itu, sebuah berita yang ditulis dan disampaikan haruslah memiliki tujuan serta manfaat bagi pembaca. Sehingga sebelum memutuskan untuk menulis berita, cari tahu dulu manfaat apa yang bisa didapatkan pembaca saat membaca berita dari anda.

 

Simaklah contoh Ilustrasi Berita berikut ini!

Di bawah ini merupakan ilustrasi kejadian yang nantinya bisa anda gunakan sebagai bahan untuk membuat sebuah berita,.

Pekan ini, diadakan sebuah acara pameran karya inovasi ilmiah sains dan teknologi tinga SMP se-provinsi Jawa Timur. Pameran tersebut diadakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, dan rencananya Gubernur Jawat Timur Bapak Soekarwo akan hadir untuk membuka acara tersebut.

Anda diminta untuk meliput acara tersebut untuk keperluan majalah dinding Sekolah, dan inilah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menulis berita yang sesuai dengan ilustrasi di atas.

 

Langkah-langkah Menulis Berita

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk meliput kejadian atau peristiwa di atas menjadi sebuah berita adalah, dengan mencatat semua informasi yang berkaitan dengan unsur-unsur yang terdapat pada kelengkapan berita.

Biasanya dalam mencatat kelengkapan sebuah berita harus memenuhi unsur pertanyaan (5W+1H) yang meliputi:

“apa, siapa, kapan, di mana, mengapa dan bagaimana”.

Jika dalam Bahasa Inggris 5W+1H berarti:

“what, who, when, where, why dan how”.

 

Contoh Cara Membuat dan Langkah-langkah Menulis Teks Berita

  1. Apa peristiwa yang terjadi? (unsur what)

Pameran karya inovasi ilmiah sains dan teknologi tinga SMP se-provinsi Jawa Timur.

 

  1. Siapa sajakah yang terlibat dalam peristiwa tersebut? (unsur who)

Siswa-siswa SMP seluruh Provinsi Jawa Timur. Gubernur Jawa Timur Bapak Soekarwo dan pejabat yang terkait.

 

  1. Kapan peristiwa tersebut terjadi? (unsur whene)

Bertepatan dengan Hardiknas.

 

  1. Di mana peristiwa itu berlangsung? (unsur where)

Di Aula Kantor Depdiknas Provinsi Jawa Timur.

 

  1. Mengapa peristiwa tersebut diperlukan? (unsur why)

Sebagai sarana mengekspresikan kreativitas, komunikasi antarsekolah, serta perkembangan iptek.

 

  1. Bagaimana berlangsungnya peristiwa tersebut? (unsur how)

Sangat menarik perhatian dan banyak mendapatkan respons positif dari banyak pihak.

 

Dalam pembuatan berita selain harus memperhatikan unsur unsur dari sebuah berita tersebut, anda juga harus membuat berita dengan kalimat yang singkat, lugas dan mudah dipahami. Agar berita yang ingin disampaikan diterima baik oleh pembaca.

 

Berikut Ini Adalah Contoh Berita Singkat

Liputan6.com, Jakarta – Gempa berkekuatan 5,7 skala Richter mengguncang barat daya Padangsidempuan, Sumatera Utara. Gempa terjadi pukul 08.35 WIB, Kamis (1/3/2018).

 

Pusat gempa berada di 76 kilometer barat daya Padangsidempuan. Gempat tersebut berkedalaman 87 km.

“Info Gempa Mag:5.7 SR, 01-Mar-18 08:35:48 WIB, Lok:0.99 LU,98.70 BT (76 km BaratDaya PADANGSIDEMPUAN-SUMUT), Kedlmn:87 Km ::BMKG,” demikian info Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika dalam aplikasinya, Jakarta. (Sumber: Liputan6.com)

 

Baca Juga:

Contoh Cara Membuat dan Langkah-langkah Menulis Teks Berita | penulis oke | 4.5
Shares