Pengertian dan Ciri – Ciri Belajar Menurut Para Ahli

Posted on
Pengertian dan Ciri – Ciri Belajar Menurut Para Ahli
5 (100%) 1 vote[s]

Ciri Ciri Belajar Menurut Para Ahli

Ciri ciri belajar – seseorang akan memperoleh sebuah ilmu melalui proses belajar. Dengan belajarlah maka orang akan mendapatkan banyak pengalaman hidup dan wawasan sehingga bermanfaat bagi dirinya, masyarakat/ lingkungan sekitar dan juga Negara. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai ciri ciri belajar, berikut simak dibawah ini.

Pengertian Belajar

Belajar merupakan perubahan tingkah laku seseorang yang mengarah ke hal positif dan fungsional secara sadar, hal ini terjadi akibat adanya sebuah interaksi antara sejumlah individu dengan individu dan individu dengan lingkungannya.
Menurut Borton, bahwa belajar ialah proses dimana individu mengalami perubahan tingkah laku sebab terjadinya adanya sebuah interaksi antara individu dengan individu dan individu dengan lingkungannya.

Ciri – Ciri Belajar

Ciri Ciri Belajar Menurut Rusman

Menurut rusman (2015:13-16) menyampaikan ada delapan ciri-ciri belajar, berikut diantaranya :

  1. Perubahan yang disengaja (intensional) dan didasari
    Ciri ini menjelaskan bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku yang tersadar atau disengaja oleh seseorang tersebut. Dia pun menyadari hasil dari perubahan tersebut. Individu tersebut memahami bahwa sudah terjadi peningkatan keterampilan atau pengetahuan dari hasilnya belajar.
  2. Perubahan yang berkesinambungan (kontinu)
    Perubahan yang berkesinambungan ini mempunyai arti bahwa perubahan yang telah terjadi pada seseorang adalah perubahan lanjutan dari keterampilan dan pengetahuan sudah ia punya sebelumnya.
    Misalnya seperti : si A sudah mempunyai pengetahuan mengenai penjumlahan dan pengurangan, lalu ia belajar mengenai perkalian dan pembagian. Maka ia bisa memanfaatkan pengetahuan terdahulunya guna mempelajari pengetahuan yang baru.
  3. Perubahan yang fungsional
    Hasil dari perubahan belajar ini adalah perubahan yang fungsional, dalam arti hasil dari perubahan tadi bermanfaat. Hasil perubahan tadi bisa digunakan untuk kepentingan di masa sekarang maupun yang akan datang.
    Misalnya seperti, seorang mahasiswa fakultas pendidikan sedang mempelajari mata kuliah teori pembelajaran, maka suatu saat materi tadi akan berguna untuk kebutuhannya menjadi seorang guru.
  4. Perubahan yang bersifat positif
    Belajar ialah terjadinya perubahan dari diri individu, perubahan yang terjadi sifatnya positif atu mengarah pada kebaikan.
    Misalnya seperti, seorang guru yang sedang belajar mengenai sejumlah tipe cara anak belajar. Sesudah ia belajar, ia paham bahwa setiap anak tersebut mempunyai cara belajar yang berbeda – beda. Jadi kesimpulannya dia akan selalu mamakai metode yang menyesuaikan pada kondisi siswa dalam belajar.
  5. Perubahan bersifat aktif
    Artinya disini ialah perubahan yang telah terjadi pada setiap individu akibat belajar yang didapatkan dari kegiatan aktif individu tersebut tujuannya untuk mendapatkan sebuah hasil dari perubahan tersebut.
  6. Perubahan yang bersifat permanen
    Hasil belajar adalah hasil yang permanen. Sehingga orang yang disebut belajar bila dua mendapatkan perubahan tingkah laku yang bersifat permanen (bertahan lama).
    Misalya seperti, seorang mahasiswa yang belajar mengenai computer, lalu ia dapat mengoprasikan computer. Kemampuanya tersebut selanjutnya bertahan dalam jangka waktu yang lama.
  7. Perubahan yang terjadi bertujuan dan terarah
    Individu dapat disebut belajar apabila ia sadar, termasuk disebut sadar apabila ia memiliki sebuah tujuan.
    Misalnya seperti, seseorang yang belajar bermain catur, ia memiliki tujuan supaya mahir dalam bermain catur atau memiliki pola berfikir dalam kehidupannya yang cerdas.
  8. Perubahan perilaku secara menyeluruh
    Maksudnya disini adalah bahwa hasil belajar akan mempengaruhi perubahan secara menyeluruh bagi individu. Tidak hanya dalam pengetahuannya yang berubah, namun juga keterampilan serta sikapnya.
Baca Juga :   Pengertian Buku Besar, Bentuk dan Fungsinya Dalam Ilmu Akuntansi

Ciri Ciri Belajar Menurut Djamarah

Menurut djamarah ciri -ciri belajar ada enam, diantaranya adalah:

  1. Perubahannya terjadi secara sadar
  2. Perubahan dalam belajar sifatnya fungsional
  3. Perubahan dalam belajar sifatnya positif dan aktif
  4. Perubahan dalam belajar tidak bersifat sementara
  5. Perubahan dalam belajar mempunyai tujuan dan terarah
  6. Perubahan meliputi seluruh aspek dalam tingkah laku

Ciri Ciri Belajar Menurut Dimyati dan Mudjiyono

Sementara ciri – ciri belajar menurut Dimyati dan Mudjiyono ada Sembilan, yakni sebagai berikut :

  1. Pelaku
    Pelaku dalam belajar ialah sisa yang bertindak guna belajar dan pembelajar
  2. Tujuan
    Tuan dari belajar adsalah mendapatkan hasil belajar serta pengalaman hidup
  3. Proses
    Proses belajar ini berasal dari dalam diri seseorang atau internal
  4. Tempat
    Tempat bagi individu untuk belajar dimana saja alias sembarang.
  5. Lama waktu
    Lama waktu yang terjadi dalam individu atau seseorang melaksanakan belajar adalah sepanjang hayatnya (sampai kapanpun)
  6. Syarat terjadi
    Syarat terjadinya dalam belajar adalah adanya sebuah motivasi untuk belajar
  7. Ukuran keberhasilan
    Tindakan belajar bisa disebut dengan berhasil apabila bisa memecahkan suatu masalah
  8. Faedah
    Belajar berguna bagi pembelajar yaitu meningkatkan martabat secara pribadi
  9. Hasil. Hasil dalam belajar menjadi dampak pengajaran dan pengiring

Ciri – Ciri Belajar Menurut Buton

1. Proses belajar merupakan pengalaman, mereaksi, berbuat dan melampaui
2. Proses tersebut melalui beragam pengalaman dan mata pelajaran yang berpusat pada tujuan tertentu
3. Pengalaman belajar secara masimal memiliki makna dalam kehidupan murid
4. Pengalaman belajar sumbernya dan segala kebutuhan serta tujuan murid yang akan mendorong sebuah motivasi secara kontinu
5. Proses belajar serta hasil dalam belajar terdapat syarat hereditas dan lingkungan, dll.

Hasil Belajar

Hasil belajar tersebut bisa dilihat dari :

1. Kemampuan secara kognitif
2. Kemampuan secara afektif (segalanya mengenai sikap)
3. Kemampuan motoric (segalanya kemampuan yang berhubungan dengan gerak motoric)

Jadi, seperti itulah ciri – ciri belajar menurut sejumlah para ahli. Belajar ialah perubahan tingkah laku. Akan tetapi, tidak semua perubahan tingkah laku adalah hasil dari belajar. Dan hasil belajar ini di dalamnya mengandung unsur ciri – ciri belajar. Semoga bermanfaat!

Baca juga: