Cara Penyerbukan Bunga Vanili : Ciri – Ciri Terlengkap Beserta Penjelasannya

Posted on
Cara Penyerbukan Bunga Vanili : Ciri – Ciri Terlengkap Beserta Penjelasannya
5 (100%) 1 vote[s]

Cara Penyerbukan Bunga Vanili Terlengkap Beserta Penjelasannya

Cara penyerbukan bunga vanili terlengkap beserta penjelasannya – penyerbukan ialah suatu kejadian jauhnya serbuk sari menuju ke permukaan putik. Sebagian besarnya bunga ini, peyerbukan diartika sebagai peristiwa jatuhnya serbuk sari menuju ke bagian kepala putik. Penyerbukan ini adalah bagian penting dari proses dari reproduksi tumbuhan berbiji. Fungsi peyerbukan sendiri yakni untuk memudahkan serbuk sari menempel di kepala putik.

Jika penyerbukan berhasil, nantinya diikuti oleh pertumbuhan buluh serbuk dengan memasukkan saluran putik ke bakal biji, disinilah akan terjadi proses pembuahan.
Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang cara penyerbukan bunga vanili terlengkap beserta penjelasannya.

Secara taksonomi pada bunga vaili bisa dilihat menjadi jenis tanaman dengan family orchodaceae. Selain pada bunga vanili terdapat tanaman lain yang merupakan dalam family orchidaceae yakni anggrek dan bagian dari cotoh tanaman berakar serabut. Memiliki morfologi tubuh yang bentuknya pohon dan batang dengan warna hijau, lumayan lunak da nada bunga yang melekat di bagian pucuk batang.

Selain itu, tumbuhan tersebut dikenal menjadi jenis tanaman yang memanfaatkan bagian buahnya sebab menghasilkan aroma yang sedap sekali. Namun sayang, bunga vanili ini dibilang lumayan sulit penyerbukannya sebab kondisi morfologi bunganya.

Morofologi Bunga Vanili

Morfologi pada bunga vaili ini terdiri atas 15 – 20 bunga dalam 1 wadah bunga. Lalu panjangnya dari bunga vanili ini kurang lebih 4 -8 cm dengan warnanya yang agak pucat hijau. Dalam peristiwa tertentu bunga vanili ini dapat menghasilkan sebuah aroma vanili.

Sementara pada bagian bunga daun family ukurannya lebih besar dibandingkan dengan mahkota bunganya. Adapun bagian petalnya dengan menggulung sehingga membuat sulit dalam proses terjadinya penyerbukan melalui bantuan hewan. Ini artinya harus dibantu dengan manusia agar penyerbykan bisa terjadi.

Ciri Bunga Vanili Siap Dijalankan Penyerbukan

Ciri dari bunga vanili yang sudah siap untuk dijalankan penyerbukan ialah bunga vanili yang telah mekar di bagian bunganya. Bunga vanili ini yang mekar akan menunjukkan warna kelopak bunga vanili yang waranya kuning keputihan maupu hijau muda. Lalu pada bagian – bagian bunganya ini terdiri dari kelopak dan mahkota yang sudah mekar sempurna sehingga tidak kuncup. Sesudah kalian menemukan ciri itu, maka dapat meneruskan dalam tahap menjalakankan penyerbukan buga vanili. Nah, berikut adalah cara yang sangat mudah yang dapat kalian jalankan guna menyerbukkan buga vanili.

  • Buka bagian ujung maupun kepaka stigma bunga vanili.
  • Kemudian ambil bagian vanili yang warnanya kuning seperti pada bulir jagung serta keluarkan dari stigma ini.
  • Lalu pindahkan bagian serbuk sari yang lainnya menuju ke bagian bawah stigma agar melekat di bagian dasar stigma.
  • Kembalikan peristiwa bunga vanili yang telah sipa dijalankan penyerbukan dengan cara menutup bunga vanili.
  • Berikutnya kelopak bunga vanili dan akan berubah jadi kering dengan warna kuning. Biarkan sampai kelopak bunga vanili menjadi layu.
  • Dan untuk yang terakhirnya kelopak bunga vanili akan menjadi rontok serta dasar bunga aka berkembang sebagai bakal biji yang terbaru.
Baca Juga :   Getaran : Pengertian, Jenis, Istilah dan Rumusnya Lengkap

Bakal biji untuk bunga vanili ini dapat dipakai menjadi bahan tanam melalui cara perkembangbiakan tumbuhan generative. Terdapat hal yang harus kalian ketahui bahwa penyerbukan dari bunga vanili ini yang kami sampaikan ialah penyerbukan pada bunganya sendiri. Maksudnya ialah, penyerbukan dijalankan di bagian organ seksual bunga yang sama dan di satu tanaman yag sama pula. Penyerbuka sendiri mempunyai keunggulan serta kekurangannya sendiri bila kalian bisa mengetahui.

Keunggulan dan Kekurangan Penyerbukan Sendiri

Berikut tadi adalah penjabaran dari keuggulan serta kekurangan pada penyerbukan sendiri, antara lain :

  1. Hasil penyerbukan mirip pada indungnya
    Siapa yang tidak senang jika hasil dari penyerbukannya ini berhasil. Nah, keunggulan yang pertama yang nantinya akan kalian rasakan ialah hasil dari penyerbukan yakni akan menghasilkan bakal biji sama degan bunga yang kalian lakukan penyerbukan tersebut. Oleh sebab itu, pada awal pemilihan bunga guna penyerbukan paling penting jika kalian bisa menghasilkan bakal iji sesuai dengan kebutuhan kalian.
  2. Harus kalian ketahui morfologi bunga yang nantinya dijalankan penyerbukan
    Penyerbukan bunga tidak harus semuanya berhasil. Tentu adakalanya kalian mengalami kegagalan. Untuk menghindari dari masalah ini, maka sebenarnya kalian harus tau tentang morfologi serta bagian – bagian dari bunnga yang kalian jalankan penyerbukan. Salah satunya malah bukannya menjalankan penyerbukan namun malah akan merusak bunga di tanaman itu sendiri. Adapun morfologi serta bagian – bagian bunga di setiap tumbuhan berbeda.
  3. Melestarikan tanaman yang sulit dijalankan penyerbukan
    Keuntungan dari penyerbukan ini ialah bisa membantu melestarikan jenis tanaman terseut. Bahkan bila tanaman yang ingin kalian lakukan penyerbukan ialah jenis tanaman yang sangat sulit unutk tumbuh.
    Tanaman vanili ini mulai berbunga sejak umur 1,5 tahun smapai 2 tahun. Bunga vanili bentuknya mirip dengan terompet dengan warna putih yang kehijauan dan panjagnya bunga ini kurang lebih 5 – 8 cm.
    Buga ini tidak bisa menyerbuk sendiri walaupun benang sari serta putiknya ada di dalam satu bunga. Hal ini terjadi sebab kepala putik bagian bunga tersebut tertutup oleh lidah bunga atau labellum yang akhirnya menghalangi proses terjadinya penyerbukan dengan alami. Oleh sebab itu, penyerbukan bunga vanili ini butuh bantuan oleh serangga penyerbuk ataupun manusia.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini yang membahas tentang cara penyerbukan bunga vanili terlengkap beserta penjelasannya. Jadi, penyerbukannya bunga vanili ini butuh bantuan serangga/ dengan manusia. Semoga menambah ilmu pengetahuannya. Terima kasih.

Baca juga: