Cara dan Langkah-langkah Menggunakan Mikroskop dengan Baik dan Benar

Cara dan Langkah-langkah Menggunakan Mikroskop dengan Baik dan Benar
Rate this post

Cara Menggunakan Mikroskop Dengan Singkat dan Jelas

Cara Menggunakan Mikroskop – sebelum kamu mempelajari tentang mikroskop secara mendalam, hal yang harus kamu tahu ialah tentang bagian bagian dari mikroskop serta fungsinya. Biasanya ada beberapa masalah yang terjadi ketika menggunakan mikroskop ini. Misalnya objek yang kamu amati terlihat berkilauan serta muncul muncul pada penglihatan cincin berwarna.

Itu karena ada penyinaran yang terlalu terang pada benda tersebut. Langkah yang bisa dilakukan ialah dengan mengurangi intensitas cahaya. Yakni dengan memakai filter yang ditempatkan di depan lampu, ataupun memindahkan lampu tersebut agar lebih jauh dengan cermin. Cara Menggunakan Mikroskop secara detail bisa kamu amati pada penjelasan dibawah ini.

Cara Menggunakan Mikroskop Secara Baik & Benar

a. Mengatur Letak Mikroskop

1) Langkah pertama ialah letakkan microskop dengan hati-hati berada di atas meja dan bisa terjangkau oleh badan pengamat (tak terlalu ke tepi ataupun ke tengah).

2) Kemudian mikroskop harus diatur kemiringannya caranya dengan memutar sambungan inklinasi. Ini bertujuan supaya pengamat nyaman untuk melakukan pengamatan pada waktu yang lama sekalipun.

b. Mengatur Pencahayaan

1) Pada mikroskop yang menggunakan sumber cahaya matahari, sebaiknya digunakan pada meja yang berada di dekat jendela. Hindari meletakkan mikroskop berada di bawah terik matahari secara langsung.

2) Mikroskop yang menggunakan sumber cahaya lampu, bisa menggunakan lampu 15 cm yang dipasang diluar atau di muka mikroskop.

3) Pada mikroskop yang menggunakan cahaya tetap pada dasar alat juga lebih gampang dipakai, karena hanya tinggal memencet sebuah tombol untuk nyalakan lampu.

4) Cahaya yang masuk pada mata pengamat & untuk menerangi objek dapat diatur menggunakan pemutar tombol atau pengatur diafragma. Jika makin lebar lubang dari diafragma, maka semakin banyak pula jumlah cahaya yang akan masuk, dan begitu pula sebaliknya.

c. Menemukan Objek

1) Langkahnya dengan meletakkan slide/preparat yang merupakan (sediaan bahan/spesimen) berada di meja mikroskop, dan tepat pada atas lubang. Kemudian jepitlah slide menggunakan penjepit. Pada tahap ini, posisi tabung ada pada jarak yang terjauh terhadap meja mikroskop.

2) Pasang dengan tepat hingga terdengar bunyi “klik”.

3) Kemudian turunkan tabung hingga jaraknya 1 cm berada dari atas objeknya bersama pemutar kasar. (saat langkah ini, janganlah mengintai lensa okuler dahulu).

4) Taruhlah lampu berada di depan cermin (bila menggunakan sumber cahaya luar). Jika menggunakan cahaya matahari, tempatkan mikroskop berada didekat jendela. Kemudian nyalakan tombol yang bertujuan untuk menyalakan lampunya, bila mikroskop tersebut telah dipasang dengan lampu.

5) Selanjutnya atur cahaya yang masuk. Caranya ialah membuka diafragma iris kemudian mengatur cermin (bila perlu).

6) Kemudian lihatlah pada lubang pengamat. Cari objek yang jelas, caranya dengan memutar dibagian tombol pemutar yang halus naik ataupun turun.

7) Jika kamu sudah menemukan objek yang jelas, putar cakram mikroskop yang akan mengarah pada lensa objektif perbesaran yang kuat tepat berada di atas objeknya.

8) Supaya diperoleh pandangan secara jelas, aturlah kembali pemutar halusnya, sambil kamu amati pada lubang pengintainya.

d. Menyiapkan preparat

biasanya objek objek mikroskopis yang berukuran kecil bisa langsung kamu amati dengan mikroskop. Tapi untuk yang objek makroskopis yang berukuran besar, ternyata kamu harus mengambil dulu sebagaian dari objek tersebut. Objek yang diamati tersebut selanjutnya diwujudkan menjadi sebuah preparat.

Objek Preparat (spesimen) adalah sediaan bahan yang nantinya diamati. Sementara itu, preparat dibagi kedalam dua bagian, yakni preparat basah dengan preparat kering. Untuk membuat preparat, kamu memerlukan alat seperti kaca benda (slide), objek pengamatan, kaca penutup, dan juga medium. Itulah Cara Menggunakan Mikroskop yang bisa kamu pelajari secara detail.

Baca Juga : 

Cara dan Langkah-langkah Menggunakan Mikroskop dengan Baik dan Benar | saranailmu | 4.5
Shares