ASEAN : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Prinsip dan Anggotanya Terlengkap

Posted on
ASEAN : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Prinsip dan Anggotanya Terlengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian, Sejarah, Tujuan, Prinsip dan Anggota ASEAN

Pengertian ASEAN – Akronomi dari ASEAN ialah Associatoin of southeus east Asian nation. Seluruh frasa/ kata ASEAN asalnya dari bahasa inggris. Nah, untuk mengenal lebih dalam tentang pengertian ASEAN maka harus membahas masing-masing dari kata tersebut.

asean
asean

Pengertian ASEAN

Kata pertamanya yang dibahas ialah association. Association di dalam bahasa Indonesia ialah assosiasi, yang berarti proses interaksi yang berlandaskan membentuk suatu lembaga. Apabila dikaji lebih dalam, maka assosiaasi ini sama disebut perserikatan.

Kata kedua ialah southeus east, yakni berasal dari kata south east yang berarti petunjuk mata angina dengan menyatakan arah tenggara. Kata ketiga ialah Asian, yang merujuk nama dari benua yakni asia. Dan kata terakhir ialah nation, apabila diartikan dalam bahasa Indonesia adalah bangsa.

Menurut penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Pengertian ASEAN adalah satu perserikatan/ organisasi bangsa-bangsa yang ada di asia tenggara. Sederhananya, bahwa ASEAN ialah salah satu bentuk dari organisasi bangsa-bangsa. Dikarenakan definisinya ialah organisasi bangsa-bangsa yang ada di wilayah asia tenggara, jadi anggotanya pun pasti dari bangsa/Negara yang ada di wilayah asia tenggara.

Sejarah Singkat Terbentuknya ASEAN

Di wilayah asia tenggara, terjadi era dingin sebagai ajang persaingan kepentingan sejumlah kekuatan adidaya. Hal ini terjadi sebab asia tenggara adalah tempat yang dinilai paling strategis dimata dunia bai segi geo ekonomi maupun segi geo politik. waktu itu terjadilah peperangan di Vietnam yakni Vietnam selatan dan utara.

Vietnam utara mendapat dukungan dari blok komunis uni soviet sementara Vietnam selatan mendapat dukungan dari blok amerika serikat. Perang ini adalah bukti bahwa terjadi persaingan diantara dua kubu blok dengan melibatkan Negara-negara di asia tenggara sebagai kekuatan blok militernya. Blok komunis unisoviet meletakkan pangkal militer di Filipina sementara blok barat di Vietnam.

Selain masalah ini pun terjadi konflik militer dengan melibatkan laos, Vietnam serta kamboja lalu berlanjut terjadi konflik bilateral. Beberapa Negara yang terlibat konflik bilateral ialah Indonesia dengan Malaysia, serta kamboja dengan Vietnam. Suasana semakin genting sebab terdapat konflik internam disejumlah Negara yakni Indonesia, Thailand & Vietnam.

Sejumlah masalah diatas mengganggu pertahanan asia tenggara, kemudian para pemimpin asia tenggara menciptakan suasana aman dan damai. Caranya dengan mereda sikap saling curiga antar beberapa Negara asia tenggara, guna mendorong usaha pembangunan bersama. Maka terbentuklah organisasi SEATO, ASA, dan MAPHILINDO.

Namun, hal ini sangat disayangkan sebab tidak dapat bertahan sebab sengketa territorial antara Negara anggota. Lalu membentuk organisasi lagi yang bernama joint declaration (deklarasi bersama). Isinya tentang kesadaran penigkatan saling pengertian guna hidup bertetangga secara baik dan membina kerjasama bagi antar Negara diwilayah yang terikat pertalian sejarah dan budaya.

Baca Juga :   Pengertian dan Ciri ciri Demokrasi Pancasila Indonesia Lengkap

Pada 8 agustus 1967, di Bangkok Thailand ditindak lanjut tentang deklarasi bersama dengan penandatanganan deklarasi ASEAN/ the ASEAN Declaration yang disebut dengan Deklarasi Bangkok. Akhinya ASEAN sah sebagai organisasi yang berisi kumpulan bangsa-bangsa asia tenggara. Pada awalnya anggota ASEAN terdiri atas 5 negara pendiri, yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filiphina. Lalu sekarang sudah menjadi 10 negara yang bergabung sebagai anggota ASEAN.

Tujuan Terbentuknya ASEAN

Tujuan terbentuknya ASEAN ialah :

  1. Guna mempercepat pertumbuhan ekonomi, pengembangan budaya, dan menciptakan kemajuan sosial di wilayah asia tenggara.
  2. Promosi damainya bangsa-bangsa serta stabilitas regional dengan cara menghormati keadilan dan juga supremasi hukum yang berhubungan antar Negara di kawasan serta patuh prinsip PBB.
  3. Promosi kerjasama aktif serta saling membantu untuk kepentingan bersama di berbagai bidang.
  4. Meningkatkan hubungan internasional bagi antar sesame anggota ASEAN.
  5. Saling memberikan bantuan satu sama lain angoota ASEAN (baik berupa pelatihan/penelitian).
  6. Saling berkolaborasi dengan lebih efektif guna memanfaatkan industry dan pertanian, memperluas perdagangan, perbaikan transportasi serta fasilitas komunikasi demi meningkatkan standar hidup rakyat masing-masing Negara.
  7. Mempertahankan kerjasama dan menguntungkan organisasi internasional/ regional yang terdapat tujuan yang sama.
  8. Promosi studi asia tenggara.

Prinsip ASEAN

Adapun prinsip ASEAN adalah sebagai berikut :

  1. Menghormati kemerdekaan, kesamaan, kedaulatan, integritas wilayah nasional serta identitas nasional setiap Negara.
  2. Tiap Negara berhak memimpin kehadiran nasional bebas campur tangan serta subversive pihak luar.
  3. Tidak ikut campur urusan dalam negri sesame anggota ASEAN.
  4. Penyelesaian konflik serta perselisihan dengan damai.
  5. Menolak memakai kekuatan yang mematikan.
  6. Kerjasama efektif antar anggota.

Anggota ASEAN

ASEAN pada awalnya anggotanya hanya 5 negara yang terdapat di Asia Tenggara. Negara-negara tersebut adalah Negara pendiri ASEAN. Negara pendiri ASEAN diantaranya sebagai berikut :

  1. Filipina
  2. Indonesia
  3. Malaysia
  4. Singapura
  5. Thailand

Dari 7 Januari 1984, Brunei Darussalam sudah sah sebagai salah satu anggota ASEAN. Kemudian berikutnya disusul oleh Vietnam bergabung dengan ASEAN sejak tanggal 28 Juli 1995. Dua tahun sesudahnya Laos pun telah ikut sebagai salah satu anggota ASEAN yakni pada tanggal 23 Juli 1997, dan pada tanggal serta tahun yang sama Myanmar pun sah menjadi anggota ASEAN. Lalu 1 tahun kemudian, tanggal 16 Desember 1998 Kamboja ikut serta pula menjadi anggota ASEAN.

Berdasarkan dari pemaparan diatas, maka dapat kita ketahui bahwa sejauh ini anggota ASEAN yang bergabung adalah 10 Negara. Semua Negara yang sebagai anggotanya adalah Negara di Asia Tenggara. Namun, ada beberapa Negara di Asia Tenggara yang belum bisa ikut serta menjadi anggota ASEAN. Negara-negara tersebut ialah Timor Leste dan juga Papua Nugini. Demikianlah uraian tentang Pengertian ASEAN dan Sejarah Singkat Terbentuknya ASEAN. Semoga menambah wawasan kita semua.

Baca juga: