Apa itu Globalisasi? Pengertian, Penyebab, dan Dampak Globalisasi Beserta Definisinya

Posted on
Apa itu Globalisasi? Pengertian, Penyebab, dan Dampak Globalisasi Beserta Definisinya
Rate this post

Globalisasi: Pengertian, Penyebab, dan Dampak Globalisasi Beserta Definisinya

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli – Globalisasi merupakan kata yang berasal Dari bahasa Inggris yakni Globalization. Kata tersebut tersusun dari dua kata yakni Global “mendunia” dan lization “proses”. Sedangkan di lihat dari Definisinya baik secara umum atau menurut para ahli berbeda, sehingga harus di uraikan satu-persatu agar pembaca dapat lebih memahami lebih detail mengenai Globalisasi di antaranya seperti Pengertian Globalisasi, Penyebaba Globalisasi serta dampak yang di akibatkan dari globalisasi tersebut.

Pengertian Globalisasi Secara Umum

Globalisasi dalam definisnya merupakan sebuah proses keseluruhan atau mendunia yang mana pada setiap orang tidak terikat oleh suatu Negara atau berbagai batas wilayah. Artinya adalah pada setiap Individu bisa terhubung serta dapat saling tukar Informasi kapan saja dan di mana saja baik itu lewat media elektronik atau media cetak. Seperti yang di katakan di atas bahwasanya Globalisasi dalam bahasa memiliki arti proses yang mendunia. Globalisasi memungkinkan suatu Negara menjadi lebih kecil, hal ini di sebabkan karena kemudahan dalam berkomunikasi semakin mudah pada setiap antar Negara di berbagai bidang misalnya pertukaran informasi dan perdagangan.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Menurut Para Ahli atau Para Pakar Internasional

  1. Pengertian Globalisasi Menurut Laurence E. Rothernberg
    Beliau menjelaskan dimana globalisasi merupakan suatu percepatan yang berasal dari intensifikasi interaksi serta integrasi pada setiap orang, perusahaan atau pemerintahan dari Negara yang berbeda.
  2. Pengertian Globalisasi Menurut Anthony Giddens
    Menurut beliau globalisasi ialah suatu intensifikasi hubungan social antar Negara (Mendunia) sehingga untuk bisa menghubungkan pada setiap kejadian di lokasi dari satu dengan yang lainnya dan penyebab terjadinya perubahan dari keduanya.
  3. Pengertian Globalisasi Menurut Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan
    ia mengatakan bahwasanya globalisasi berupa proses yang tediri dari berbagai hal seperti penyebab, kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural kegiatan manusia dan non-manusia.
  4. Pengertian Globalisasi Menurut Emanuel Ritcher
    Para ahli lainnya bernama Emanuel menjelaskan mengenai globalisasi dapat di artikan suatu jaringan kerja global sebagai pemersatu masyarakat secara bersama-sama yang pada sebelumnya tersebar menjadi terisolasi, sehingga saling ketergantungan serta persatuan dunia.
  5. Pengertian Globalisasi Menurut Martin Albrow
    Globalisasi merupakan keseluruhan suatu proses masyarakat yang terhubung kedalam organisasi dunia baik tunggal atau Global.
  6. Pengertian Globalisasi Menurut Malcom Waters
    Globalisasi merupakan suatu proses social yang menyebabkan bahwasanya pembatasan dari geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang di perlukan.
Baca Juga :   Lari : Pengertian, Macam-Macam dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Indonesia

  1. Pengertian Globalisasi Menurut Selo Soemardjan
    Beliau menjelaskan globalisasi dapat di artikan sebagai suatu proses dari terbentuknya organisasi serta komunikasi dari masyarakat satu dengan yang lainnya di seluruh dunia bertujuan agar setiap system dan berbagai kaidah tertentu menjadi sama.
  2. Pengertian Globalisasi Menurut Achmad Suparman
    Ia mengatakan bahwa globalisasi adalah proses dimana menjadikan suatu benda atau perilaku menjadi suatu ciri pada setiap Individu di Dunia tanpa adanya batasan dari suatu wilayah.

Faktor Penyebab Globalisasi

  • Teknologi informasi dalam bidang komunikasi yang terus berkembang menjadi peran aktif dalam kemudahan dalam bertransaksi ekonomi antar negara
  • Adanya kerja sama ekonomi yang sifatnya Internasional dimana memudahkan terjadi berbagai kesepakatan setiap Negara yang terjalin erat
  • Berkembangnya ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi transportasi sehingga memudahkan dalam jasa transport serta memudahkan dalam pengiriman barang sampai keluar negeri

Dampak Globalisasi

Dampak Positif Globalisasi

  1. Semakin banyaknya pembangunan
  2. Komunikasi menjadi lebih cepat dan mudah
  3. Peningkatan dari sector ekonomi menjadi lebih efektif, efesien serta produktif
  4. Meningkatnya jumlah para wisatawan serta pariwisata
  5. Mudahnya mendapatlan Informasi serta ilmu pengetahuan yang di butuhkan
  6. Hidup dalam masyarakat menjadi meningkat tarafnya
  7. Semakin memacu untuk bisa meningkatkan kualitas pada setiap diri seseorang
  8. Transportasi menjadi sangat mudah

Dampak Negatif Globalisasi

  1. Sikap untuk saling peduli, gotong royong semakin hilang
  2. Banyak dari setiap Individu memilih bersikap konsumtif sehingga menyebabkan Kreativitas menurun
  3. Terkikisnya warisan budaya dan adat bangsa.
  4. Informasi menjadi tidak terbatas dan sulit di bendung
  5. Berbagai perusahaan local menjadi kalah saing dengan perusahan luar, sehingga banyak perusahaan local menjadi sulit untuk bisa berkembang
  6. Sikap buruk serta perilaku negative banyak bermunculan
  7. Yang menjadi petani semakin berkurang
  8. Gaya barat sangat mudah terkontiminasi serta menjadi sudah menjadi gaya hidup setiap orang
  9. Melahirkan sikap individualisme.

Dengan menyimak berbagai penjelasan di atas mengenai Pengertian Globalisasi, Penyebab Globalisasi, dan Dampak Globalisasi Beserta Definisi Globalisasi tentunya anda bisa mengambil kesimpulan bahwa pada setiap perkembangan teknologi yang menjadi dasar Globalisasi memiliki kekurangan serta kelebihannya, namun kita sebagai pihak setiap Individu harus dengan bijak mengambil hal Positif dan menjauhkan hal yang negative. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :