Anggota AFTA : Pengertian, dan Tujuannya Lengkap

Posted on
Rate this post

Anggota AFTA : Pengertian, dan Tujuannya Lengkap

Anggota AFTA – dalam mendirikan sebuah perserikatang bangsa maupun perserikatan negara maka hal ini yang harus kalian utamakan ialah bagaimana nasib dari rakyat yang ada di hari kemudian. Mari kita bahas mengenai pengertian AFTA dan anggota AFTA lebih dulu dengan seksama.

Sebuah pemikiran diatas tadi maka akan membuahkan suatu kerjasama yang bisa di jalankan oleh beberapa negara untuk bisa mencapai sebuah kesepakatan serta keuntungan bersama. Bila seluruh negara untuk, maka nantikan akan memberikan dampak sangat besar untuk negara itu senidiri bahkan di seluruh dunia. Dan dari inilah dibentuk AFTA yang penciptaannya ini bisa membuat beberapa negara terus memperoleh keuntungan maupun manfaatnya.

Pengertian AFTA

AFTA adalah kepanjangan dari ASEAN free trade area. Sebuah organisasi tersebut berdiri sejak tahun 1992 yang berada di negara singapura ketika sedang berlangsungnya sebuah konferensi tingkat tinggi (KTT) ASEAN yang ke IV. Nah, AFTA ini adalah sebuah kesepakatan yang di buat oleh sejumlah negara di ASEAN untuk bisa menciptakan sebuah zona perdagangan bebas.

AFTA bisa di panjang harusnya ada dalam rangka untuk meningktakan suatu daya bersaing yang terdapat di kawasan regional ASEAN yang kemudian di rencanakan akan bisa di capai dalam kurun waktu 9 tahun di mulai dari tahun 1993 sampai tahun 2002. Rencara ini bisa dijalankan melalui cara penghapusan biaya tarif yang bea masuknya sebesar 0 – 5 % atau bisa dengan biaya tarif untuk sebuah basis produksi dunia serta bisa menciptakan pasar regional untuk 500 juta lebih penduduk yang berada di ASEAN.

Negara Anggota AFTA

Negara yang sebagai anggota AFTA ini awal mulanya berjumlah 6 negara yang dengan resmi yakni dantaranya : thailand, indonesia, singapura, filiphina dan brunei darussalam. Negara yang sebagai anggota tersebut akan semakin bertambah dengan irinya waktu untuk bergabung di negara lain dalam anggota ASEAN yakni negara vietnam pada tahun 1995, negara myanmar serta negara laos pada tahun 1997 dan juga negara di kamboja pada tahun 1999. Hal ini membuat negara yang sebagai anggota AFTA berjumlah 10 negara.
Berikut ini adalah beberapa profile dari Negara anggota AFTA, diantaranya :

1. Singapura

Negeri kecil ini pendapatan perkapitanya 85.400 dollar AS yang paling depan dalam perekonomian di asia tenggara.
Dengan kedudukan peringkat ke-5 dari daftar negara paling makmur didunia pastinya modalnya menjanjikan.
Bahkan singapura ini ada di nmor 19 dari daftar negara pengekspor dunia yang ekspornya andalan sikuit terpadu, kompuuter dan minyak olahan.
Hal ini sudah membuktikan negara kota ini sebagai pemain dipasar dunia sebelum mulainya AFTA.

Baca Juga :   Pengertian Budi Pekerti, Manfaat, Tujuan dan Contohnya

2. Brunei Darussalam

Negara diutaranya pulau borneo ini tergolong negara paling makmur peringkat ke-8. Brunei pendapatannya 74.400 dollar AS telah aktif dipasar dunia.
Yang surplusnya 2,4 millyar dollar AS dalam neraca perdagangan, negeri tersebut mempunyai andalan ekspor minyak mentah dan gas bumi.
Jadi tidak heran ya bila brunei ini berkedudukan peringkat ke 96 dari daftar negara pengekspor dunia.

3. Malaysia

Negara yang ada diperbatasan indonesia peringkatnya ini 70 sebagai negara termakmur didunia.
Malaysia pendapatannya 27.000 dollar AS menggunakan surplus 78,8 milyar dollar dalam neraca perdagangan.
Negri jiran tersebut pun berkedudukan peringkat ke 18 dari negara pengekspor dunia dengan produk yang diandalkan sirkuit elektronik terpadu, prodyk minyak olahan dan gas bumi. Hal ini sudah membuktukan bahwa malaysia sudah cukup untuk berperan di pasar dunia.

4. Indoneisa

Negara yang penduduknya 258 jiwa tersebut adalah pangsa pasar yang berpotensi untuk perdagangan dunia. Pendapatnnya per kapita 11.100 dollar AS serta ada di peringkat 26 negara pengekspor dunia. Diantaranya produk andalan ini gas bumi, batu bara, kelapa sawit dan karet.

5. Thailand

Thailand adalah negara gajah putih tersebut pendapatanyya perkapita 16,3 dollar AS serta ada di peringkat 100 negara paling makmur dunia. Thailand menduduki pula peringkat ke 100 dari negara termakmur di dunia. Thailand menjadi negara pengekspor yang berada di peringkat 20. Produk yang diandalkan dari negri thailand ini degan terkenal pada pariwisatanya yaitu komputer, sirkuit elektronik terpadu dan truk.

6. Filiphina

Filiphina ini ada di nomor 154 negara yang makmur didunia. Ia mempunyai pendapatan perkapita 7,390 dollar dengan peringkat 39. Produknya andalan ialah komputer, elektronik sepatu, serta alat alat semikonduktor serta bagian kantor yang lain.

Tujuan AFTA

AFTA dibentuk untuk bertujuan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan daya saing yang ekonomi antar negara ASEAN menggunakan cara menjadikan ASEAN sebagai suatu basis produksi pasar didunia.
  2. Untuk bisa menarik para investor asing serta bisa meningkatkan perdagangan diantara negara anggota ASEAN.
  3. Kabar terakhir yang diperoleh dengan berhubungan AFTA ialah sebuah kesepakatan dengan menghapuskan segala biaya masuk maupun impor barang guna negara indonesia, singapura, brunei darussalam, pada tahun 2010. Dan untuk negara kamboja, laos, vietnam dan myanmar diberlakukan pembebasan biaya impor yang sudah diberlakukan semenjak tahun 2015.

AFTA sekarang ini sudah menjadi bagian dari perdagangan global. ASEAN telah layak memanfaatkan guna memasarkan sejumlah produk terbaiknya di pasar dunia sekalian meningkatkan kemakmuran rakyat.
Sekianlah penjelasn tentang anggota AFTA beserta pengertiannya terlengkap. Dengan adanya AFTA ini maka membuat para negara yang ikut campur dalam masuk kedalam akan mengalami kuntungan untuk negara beserta rakyatnya. Semoga bermanfaat.

Baca juga: