9 Cara Penulisan Amplop Lamaran Kerja yang Pasti Dibaca

Posted on
9 Cara Penulisan Amplop Lamaran Kerja yang Pasti Dibaca
5 (100%) 1 vote[s]

Cara Penulisan Amplop Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Amplop lamaran kerja – ketika kita akan memberikan surat lamaran kerja pada perusahaan pasti harus dimasukkan kedalam amplop, agar tampak professional. Agar dapat meyakinkan, maka penulisan amplop dari lamaran kerja jangan ditulis secara asal asalan. Buatlah tulisan pada amplop surat dengan format yang benar. Amplop lamaran kerja yang baik adalah yang memenuhi beberapa criteria seperti dibawah ini.

1. Penulisan Amplop Lamaran Kerja

Untuk melamar pekerjaan, anda perlu membuat lamaran dan memasukkan kedalam amplop. Gunakan format penulisan yang benar dan jangan asal asalan. Penulisan amplop lamaran pekerjaan yang baik seperti berikut ini.

2. Kriteria Amplop

Pakailah amplop lamaran kerja warna coklat dan ada tali untuk penguncinya. Sementara itu, pastikan jika amplop tersebut tidak terlihat kotor atau kusut. Sebab, pihak perusahaan akan mengira jika kepribadian yang anda miliki kurang baik khususnya dalam hal kerajinan.

3. Identitas Lengkap

Penulisan identitas juga termasuk hal penting ketika kita akan melamar pekerjaan. Untuk itu, upayakan agar penulisan identitas tidak ada kesalahan. Yang ditulis pada identitas diantaranya nama lengkap (gelar harus ditulis jika punya), kemudian alamat lengkap RT, RW, desa, kecamatan, jalan, dan kota (tambahkan pula kode pos). tulis juga nomor kontak yang dapat dihubungi bisa alamat email atau nomor telepon. Tulislah identitas tersebut dibagian atas sebelah kiri amplop.

4. Penulisan yang Baik

Gaya dan penulisan pada amplop juga harus sesuai dengan aturan yang ada. Apabila menuliskan nama maka harus menggunakan huruf kapital. Sementara untuk penulisan di awal kalimat juga harus dengan huruf capital. Contoh penulisan pada amplop surat lamaran kerja yang benar adalah : Indah, Jawa Barat, dan lainnya).

5. Menulis Kode atau Nama Jabatan

Sesudah menuliskan identitas lengkap, jangan lupa menambahkan kode jabatan. Hal ini bertujuan untuk menegaskan kedudukan yang mau Anda isi pada lamaran tersebut. Letak penulisan kode ataupun nama jabatan ada di atas sebelah kanan amplop lamaran pekerjaan.

Baca Juga :   Download Contoh Surat Pengunduran Diri dari Sekolah sebagai Guru Matematika

6. Tujuan Surat

Setelah menuliskan identitas surat secara lengkap, anda juga harus menuliskan tujuan surat. Penulisan penerima surat ada di bagian bawah amplop sebelah kanan. Huruf yang digunakan juga huruf capital. Jauh lebih bagus jika memakai stiker label lalu diprint dengan huruf cetak komputer.

Namun jika anda menulis dengan tulisan tangan, sebaiknya gunakan bolpoin hitam dengan standar criteria. Jangan menggunakan bolpoin warna karena bisa dianggap kurang serius oleh perusahaan. Kemudian gunakan kata Yang Terhormat (YTH). Kemudian dilanjutkan dengan menulis nama perusahaan misalnya HRD, Personalia ataupun Kepala Perusahaan yang dituju.

7. Pengiriman

Jika anda tidak mengirim surat lamaran secara langsung, bisa menggunakan jasa kurir yang ada. Untuk itu, pilih jasa kurir yang cepat sampai dan sudah professional. Beberapa jasa kurir yang sudah professional adalah POS, JNE, sicepat, TIKI wahana atau lainnya.

Pilih layanan yang cepat sampai agar anda tidak melampaui batas waktu yang sudah ditentukan. Sehingga prioritas utama adalah jasa pengiriman tercepat. Tak hanya itu saja, pastikan juga penyimpanannya juga harus tetap rapi sehingga tak kusut. Dan membuat lamaran anda tidak diterima.

8. Tata Letak

Pastikan tata letak penulisan amplop surat lamaran anda tertulis secara benar. Tata letak yang benar bisa dilihat dari penulisan identitas dan tujuan surat diatas. Pengirim surat, Tujuan surat dan juga Kode Jabatan Lamaran harus di tulis sesuai tempatnya supaya perusahaan mengetahui ke profesionalan anda.
Pengirim surat ada di bagian kiri atas sementara tujuan surat ditulis di bagian kanan bawah. Sedangkan jabatan yang diinginkan ditulis di bagian kanan atas.

9. Tips Meletakkan Amplop

Selanjutnya adalah tips agar bisa menjaga amplop lamaran kerja tetap rapi. Tak jarang seseorang yang mau melamar pekerjaan menaruh amplop lamarannya dengan asal asalan. Hal ini sangat tidak di anjurkan. Karena amplop akan kusut dan lamaran anda pun akan di singkirkan karena mengira anda orang yang kurang rapi. Untuk itu, taruh di wadah khusus yang tidak membuat amplop lamarannya tertekuk. Dengan begitu, peluang anda diterima akan lebih besar.

Itulah hal hal yang perlu diperhatikan pada Amplop lamaran kerja. Beberapa tips diatas sangat penting untuk diketahui. Khsususnya bagi anda yang akan melamar pekerjaan supaya diterima dengan baik. Semoga bermanfaat.

Baca juga: