Akar Pelekat : Bagian, Fungsi, Ciri, Jenis, Sifat dan Modifikasinya Lengkap

Posted on
Akar Pelekat : Bagian, Fungsi, Ciri, Jenis, Sifat dan Modifikasinya Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Akar Pelekat : Bagian, Fungsi, Ciri, Jenis dan Modifikasinya

Akar pelekat – akar merupakan bagian dari tumbuhan yang tumbuhnya di dalam tanah. Secara umum akar memang ada di dalam tanah. Mungkin diantara kalian sudah faham tentang akar, namun tak dapat dipungkiri bila masih ada yang belum memahami tentang akar. Nah, berikut ini akan dijelaskan tentang akar, khususnya mengenai akar pelekat.

Akar mempunyai warna kadang putih atau kuning. Sebagain besar bentuk akar pada tumbuhan meruncing di bagian ujungnya. Bentuk runcing pada akar ini bisa memudahkan akar guna menembus tanah.
Akar adalah organ tumbuhan yang mempunyai fungsi utama yakni untuk menghisap air serta garam mineral dari dalam tanah. Air serta mineral itu digunakan oleh tumbuhan guna tumbuh. Akar memiliki struktur luar yang terdiri atas daerah pertumbuhan akar, tudung akar dan bulu akar. Bagian bagian akar yang sangat dalam bisa diamai dengan melalui pemotongan akar dengan melintang.

Bagian Bagian Akar

Bagian bagian yang terdapat pada akar, diantaranya :

  1. Epidermis
    Epidermis yang ada di akar terdiri atas 1 lapis sel yang menyusun rapat. Dinding sel epidermis tipis, hal terseniy supaya bisa memudahkan air menembus. Epidermis akar mempunyai rambut akar dari hasil kegiatan sel sel di belakang titik tumbuh. Rambut akar ini memiliki fungsi untuk memperluas area dalam bidang penyerapan. Epidermis pada akar kadang tidak memiliki kutikula. Epidermis akar tanaman anggrek dengan menggantung akan berkembang jadi velamen. Velamen ialah jaringan yang terdiri atas sejumlah lapis sel.
  2. Korteks
    Korteks pada akar terdiri atas beragam sel yang membentuk sejumlah lapis sel. Dinding selnya tipis dan mempunyai banyak ruang antarsel yang fungsinya untuk pertukaran gas. Untuk korteks ada parankim, sklerenkim dan kolenkim.
  3. Endodermis akar letaknya di sebelah dalam korteks, yakni berbentuk 1 barius sel sel yang menyusun dengan rapat tanpa adanya ruang bagi antar sel. Dinding sel dalam endodermis terjadi penebalan gabus gunamembentuk pita caspary. Penebalan gabus bisa mengakibatkan dinding sel supaya air tidak bisa menembus.
  4. Stele atau silinder pusat
    Stele letaknya di sebelah endodermis. Antara silinder pusa/ stele ada berkas pengangkutan. Stele tersusun atas berbagai macam jaringan yakni periskel yang termasuk lapisan paling luar dari stele. Vasis yang terdiri dari xylem dan floem. Jaringan parenkim yakni suatu jaringan yang mengisis diantara vasis yang disetujui empulur.

Fungsi Akar

Berikut ini merupakan fungsi akar untuk tumbuhan :

  • Menyokong dan memperkuat tumbuhan guna berdiri pada tempat hidupnya
  • Menyerap air dan berbagai macam garam mineral dari dalam tanah
  • Mengangkut air dan beragam zat makanan yang telah diserap di tubuh tumbuhan
    Pada sejumlah jenis tumbuhan, akar bisa berfungsi menjadi alat respirasi, misalnya untuk tumbuhan bakau.
Baca Juga :   5 Fungsi Laring (Pengertian, Anatomi Laring Dan Gangguannya)

Ciri Ciri Akar

  • Akar adalah bagian tumbuhan yang kadang terdapat didalam tanah, pertumbuhan akar menuju arah dalam tanah
  • Akar tidak mirip batang daun yang memiliki warna hijau, yakni warnanya kuning atau putih
  • Pertumbuhan di bagian ujung akan adalah sebuah titik pertumbuhan primer yang mana ada jaringan maresmatik

Jenis Jenis Akar

Pada umumnya, ada 2 jenis akar diantaranya :

  1. Akar serabut
    Akar serabut ada di tumbuhan monokotil. Meskipun biasanya tumbuhan dikotil pun bisa memilikinya (tumbuhan dikotil itu dikembangbiakan dengan melewati cara cangkok/ dengan stek). Fungsi utama akar serabut ialah supaya bisa memperkokoh berdirinya tumbuhan.
  2. Akar tunggang
    Aka tunggang ada di tumbuhan dikotil. Akar tunggang memiliki fungsi utama yakni untuk menyimpan makanan. Contohnya: ubi, wortel dan masih banyak lainnya.

Modifikasi akar

  1. Akar gantung
    Akar gantung tumbuh dengan dimulai dari bagian atas batang dan tumbuh mengarah di tanah. Akar gantung Nampak menggantung di udara. Akar gantung ini memiliki fungsi untuk menyerap uap air dan gas yang terdapat di udara. Akan tetapi, jika aka gantung ini sudahh mencapai tanah maka akan masuk di dalam tanah dan berfungsi guna penyerapan air dan garam mineral dari dalam tanah. Tumnuhan yang memiliki akar gantung yakni beringin.
  2. Akar napas
    Akar napas adalah akar yang tumbuh dari batang di bagian bawah. Akar napas salah satunya muncul di permukaan tanah dan terdapat sebagiannya lagi di dalam tanah. Akar inilah yang bisa Nampak seperti sedang menopang batang tegak. Akar napas mempunyai banyak celah tempat guna masuknya udara. Jadio akar napas memiliki fungsi guna bernapas. Tumbuhan yang memiliki akar napas misalnya sepeti pada tumbuhan pandan dan bakau.
  3. Akar pelekat
    Akar pelekat ialah akar yang tumbuh pada sepanjang batang. Akae pelekat terdapat di tumbuhan yang tumbuh memanjat. Akar pelekat memiliki fungsi untuk melekatkan batang di tembok maupun tumbuhan lainnya. akar pelekat ada di tumbuhan sirih.

Sifat Sifat Akar

Akar ialah bagian dari tumbuhan yang terdapat dalam tanah. Arah gerak dari pertumbuhan akar mendapat pengaruh dari gravitasi bumi. Akar dapat menembus dalam tanah, hal tersebut dikarenakan bagian ujungnya akar berbentuk runcing. Di dalam akar tidak ada buku buku yang bisa membentuk ruas ruas. Akar kadang memiliki warna yang pucat dan tidak mempunyai klorofil serta tanpa berfotosintesisi.

Demikianlah artikel tentang gambaran akar, khususnya akar pelekat. Jadi akar pelekat ini tumbuhnya di sepanjang batang dengan tumbuh memanjat, misalnya seperti pada tumbuhan sirih. Semoga dengan adnaya pengetahuan diatas tadi bisa menambah wawasan kalian tentang akar. Terima kasih.

Baca juga: