9 Kelainan Dan Gangguan Pada Otot Manusia Lengkap

1 min read

9 Kelainan Dan Gangguan Pada Otot Manusia Lengkap

Kelainan Pada Otot – Otot adalah alat gerak pada manusia karena kemampuannya dalam berkontraksi dan relaksasi. Otot juga memiliki berbagai jenis dan fungsinya masing-masing. Anda pasti sering mengalami kram pada kaki, tangan, leher, terkilir dan lain sebagainya. Berikut ulasan lengkapnya.

Kelainan Dan Gangguan Pada Otot Manusia

Tetanus

Adalah kondisi otot yang tegang secara terus menerus karena telah terinfeksi oleh bakteri Clostridium tetani sehingga otot terus menerus berkontraksi.

Terkilir

Penyebabnya adalah kerja dari otot antagonis, yang dimana cara kerjanya menyebabkan gerakan yang kacau hingga ujung tulangnya kembali ke tempatnya.

Kram

Sama dengan kejang pada otot yang terjadi karena otot bekerja terus atau bekerja terlalu berat, sehingga otot menjadi kejang dan menyebabkan rasa sakit. Kram juga bisa terjadi karena cuaca yang dingin dan menjadi gejala yang tidak seimbang pada air dan juga ion di dalam tubuh.

Polio

Adalah kondisi otot yang mengecil karena serangan dari virus polio. Penyakit ini dapat dicegah dengan memberi imunisasi polio pada bayi.

Kelelahan otot

Kondisi dimana otot tak dapat berkontraksi, hingga dapat menyebabkan kram.

Kaku Leher

Disebabkan oleh gerak yang menghentak tiba-tiba atau mendadak atau salah gerak, hingga menyebabkan otot pada leher meradang.

Hernia abdominal

Disebabkan oleh robeknya dinding otot perut hingga usus turun ke bawah kemudian masuk ke dalam rongga perut.

Astrofi otot

Terjadinya penurunan fungsi pada kerja otot dengan dengan maksimal yang diakibatkan oleh otot yang mengecil dan kehilangan fungsi kontraksi.

Baca Juga :   Enzim : Pengertian dan Sifat Enzim Beserta Penjelasannya Lengkap

Distrofi otot

Adalah kelainan otot yang biasa terjadi pada anak-anak atau pada balita karena penyakit/kecacatan sejak lahir.

Sekian penjelasan tentang Kelainan Pada Otot yang disertai dengan pembahasannya lengkap. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :