8 Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli Lengkap

2 min read

8 Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli  – Pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan dari pendidikan nasional. Dalam UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003 menyatakan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia. Tujuan itu dibuat supaya pendidikan tak hanya membentuk generasi yang cerdas, tapi juga memiliki kepribadian dan karakter. Hingga nantinya akan melahirkan generasi bangsa yang unggul, serta tumbuh dan berkembang dengan karakter dengan nilai luhur bangsa dan agama.

Pengertian Pendidikan Karakter

Pendidikan adalah bimbingan yang diberikan pada anak dalam masa pertumbuhan serta perkembangannya, dalam mencapai tingkat kedewasaan yang tujuannya adalah untuk menambah ilmu pengetahuan, membentuk karakter diri, hingga menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Pengertian karakter menurut Pusat Bahasa Depdiknas ialah bawaan, hati, jiwa, kepribadian, budi pekerti, perilaku, personalitas, sifat, tabiat, temperamen, dan watak. Sedangkan berkarakter ialah berkepribadian, berperilaku, berwatak, bertabiat, bersifat dan berbudi pekerti.

Tadzkiroatun Musfiroh (2008) menyatakan bahwa karakter mengacu kepada serangkaian sikap (attitudes), perilaku (behaviors), motivasi (motivations) dan keterampilan (skills).

Menurut Kertajaya (2010) karakter adalah ciri khas yang dimiliki oleh individu atau suatu benda. Ciri khas itu akan mengakarpada kepribadian benda/individu itu. Dan menjadi mesin yang mendorong bagaimana seseorang bertindak, bersikap, berucap dan merespon sesuatu.

Kata karakter berasal dari bahasa Yunani “to mark” atau menandai dan memfokuskan bagaimana mengaplikasikan nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku, sehingga orang yang tidak jujur, kejam, dan perilaku jelek lainnya dikatakan orang berkarakter jelek. Sebaliknya, orang yang perilakunya sesuai dengan kaidah moral disebut dengan berkarakter mulia.

Arti dari karakter mulia adalah individu yang memiliki pengetahuan mengenai potensi dirinya, yang ditandai dengan nilai-nilai seperti bertanggung jawab, disiplin, mandiri, kreatuf, logis, jujur, bekerja keras dan nilai-nilai positif lainnya. Sedangkan karakteristik ialah realisasi perkembangan positif sebagai individu (intelektual, emosional, sosial, etika dan perilaku).

Baca Juga :   Assessment – Pengertian, Fungsi, Tujuan, Dan Jenisnya Lengkap

Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli

Wikipedia

Pendidikan karakter adalah bentuk kegiatan manusia yang terdapat tindakan di dalamnya yang mendidik, dan ditujukan untuk generasi selanjutnya.

Ramli (2003)

Pendidikan karakter mempunyai esensi serta makna yang sama dengan pendidikan moral dan akhlak. Tujuannya yaitu untuk membentuk pribadi anak agar menjadi manusia yang baik, warga masyarakat serta negara yang baik.

Suyanto (2009)

Pendidikan karakter adalah cara berpikir dan juga berperilaku yang menjadi ciri khas individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa, maupun  negara.

Elkind (2004)

Pendidikan karakter adalah segala hal yang dilakukan oleh guru, yang mampu memengaruhi karakter para peserta didik. Guru juga akan membantu membentuk watak para peserta didik. Yang meliputi keteladanan bagaimana perilaku guru, cara guru berbicara atau menyampaikan materi, bagaimana guru bertoleransi, dan berbagai hal terkait lainnya.

John W. Santrock

Pendidikan karakter adalah pendekatan langsung untuk pendidikan moral, dengan cara memberi pelajaran pada peserta didik mengenai pengetahuan moral dasar untuk mencegah mereka melakukan perilaku yang tak bermoral atau malah membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Thomas Lickona

Pendidikan karakter adalah usaha yang dilakukan dengan sengaja untuk membantu seseorang hingga ia bisa memahami, memperhatikan dan melakukan nilai-nilai etika yang pokok.

Kamus Psikologi (Dali Gulo, 1982: p.29)

Pendidikan karakter bisa dilihat dari pandangan etika/moral, contohnya kejujuran seseorang yang berkaitan dengan beberapa sifat yang relatif tetap.

Kertajaya (2010)

Karakter adalah ciri khas yang dimiliki oleh objek/individu. Karakteristik yang asli dan berakar pada kepribadian/individu benda, serta “mesin” yang mendorong bagaimana bertindak, berperilaku, katakanlah, dan menanggapi sesuatu.

Sekian pembahasan mengenai Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli dan penjelasannya lengkap. Semoga artikel ini dapat dipahami dengan baik, dapat menambah wawasan anda dan bermanfaat.

Baca Juga :