8 Pengertian Fonologi dan Definisnya Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on
8 Pengertian Fonologi dan Definisnya Menurut Para Ahli Lengkap
5 (100%) 1 vote

8 Pengertian Fonologi dan Definisnya Menurut Para Ahli

Pengertian Fonologi Menurut Para Ahlifonologi terdiri dari dua kata dari bahasa Yunani yakni phone : merupakan sebuah suara kemudian kata kedua adalah logos yang memiliki arti tatanan, kata, atau pengetahuan disebut juga tata suara/bunyi.  Namun, suara yang di maksud dalam hal ini Fonologi bukanlah suara pada umumnya, tetaou suara bahasa yang mampu membedakan makna di dalam bahasa lisan ataupun tulisan yang dipergunakan oleh manusia. Suara yang dipelajari di dalam Fonologi disebut juga dengan istilah fonem.

Ada beberapa pengertian Fonologi menurut Para Ahli sebagai berikut :

  1. Seperti yang di ungkapkan Kridalaksana (2002) menurut beliau yang di kutip dari kamus linguistik, fonologi memiliki arti bidang pada linguistik yang mempelajari dari berbagai bunyi bahasa berdasarkan fungsinya.
  2. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia(Depdikbud, 1988:244), fonologi memiliki arti Ilmu yang mempelajari tentang Bunyi suara, khususnya terkiat dengan sejarah serta teori perubahan bunyi.
  3. Berdasarkan penjelasan dari Abdul Chaer (2003:102), berdasarkan etimologi istilah “fonologi” terbentuk dari kata “fon” yang memiliki arti “bunyi” sedangkan “logi” memiliki arti sebagai “ilmu”. Maka, secara umum bisa di bilang Fonologi ini memiliki arti Ilmu yang mempelajari bunyi bahasa yang umumnya di gunakan oleh manusia.
  4. Verhaar (1984:36) pun menjelaskan bahwasanya fonologi memiliki pengertian yang cukup signifikan yang mana sebuah Ilmu yang memperlajari bidang khusus pada linguistik yang meneliti bunyi suatu bahasa tertentu yang sesuai dengan fungsinya bertujuan menjadi pembeda antara makna leksikal dalam suatu bahasa.
  5. Menurut Keraf, 1984: 30. Fonologi dapat di artikan bagian dari tatanan bahas yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa
  6. Fromkin & Rodman menjelaskan mengenai Definisi Fonologi yang mana fonologi merupakan suatu bidang linguistik yang mengamati, mempelajari, mengalisa dan membecirakan terkait dengan tata bunyi bahasa.
  7. Definisi Fonologi berdasarkan yang di katakan oleh Trubetzkoy (1962:11-12), Fonologi adalah studi bahasa yang terkait dengan sistem bahas, organisasi bahasa dan meruapakan suatu tudi fungsi linguistis bahasa.
  8. Sedangkan menurut Daniel Jones Definisi Fonologi adalah ialah sistem bunyi sebuah bahasa.
Baca Juga :   Konjungsi: Pengertian, Macam-Macam dan Contohnya Lengkap

Dengan membaca penjelasan di atas mengenai pengertian fonologi dapat di simpulkan bahwasanya fonologi merupakan bagian tata bahasa atau bidang ilmu bahasa yang mempelajari, mengenalisa, meneliti bunyi bahasa secara umum.

Baca Juga :