7 Pengertian Populasi Menurut Para Ahli Lengkap

1 min read

7 Pengertian Populasi Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Populasi Menurut Para Ahli – Dalam membuat suatu karya ilmiah/penelitian, ada orang yang memakai  sampel, sampling juga populasi untuk kebutuhan penelitiannya. Berikut ini akan kita bahas pengertian populasi menurut para ahli secara lengkap.

Margono (2004)

Populasi adalah seluruh data yang menjadi pusat perhatian seorang peneliti di dalam ruang lingkup dan juga waktu yang ditentukan. Populasi ini berhubungan dengan data. Bila setiap manusia memberi data, maka ukuran atau banyaknya populasi sama dengan banyaknya jumlah manusia.

Suharsimi Arikunto

Populasi adalah keseluruhan subjek/objek dalam suatu penelitian. Bila seorang peneliti ingin meneliti seluruh elemen yang ada di dalam wilayah penelitiannya, maka penelitiannya adalah penelitian populasi.

Sugiyono (2008)

Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri dari subjek dan objek yang mempunyai karakter atau kualitas tertentu, yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari lalu ditarik kesimpulannya.

Hadari Nawawi (1983)

Populasi adalah keseluruhan dari objek penelitian yang terdiri dari manusia, hewan, benda-benda, tumbuh-tumbuhan, peristiwa, gejala-gejala, ataupun  nilai tes yang menjadi sumber data yang memiliki karakteristik tertentu di dalam sebuah penelitian yang dilakukan.

Nazir (2005)

Populasi adalah sekumpulan individu dengan kualitas serta karakter yang telah ditetapkan oleh peneliti. Ciri/kualitas tersebut disebut dengan variabel. Ia membagi populasi menjadi dua macam yaitu populasi finit dan infinit.

Furchan (2004)

Populasi adalah objek, seluruh anggota kelompok orang, atau kejadian yang sudah dirumuskan oleh peneliti dengan cara yang jelas.

Ismiyanto

Adalah keseluruhan subjek atau totalitas subjek penelitian, baik yang berupa orang, benda, atau hal yang di dalamnya didapatkan informasi di dalam penelitian.

Menurut Margono, populasi bisa dibedakan menjadi dua yakni:

  • Populasi teoretis (teoritical population)
Baca Juga :   Ras : Pengertian, Macam, Ciri dan Faktor Terjadinya Ras di Dunia Lengkap

Adalah sejumlah populasi yang batasannya ditetapkan dengan kualitatif. Seperti populasi guru yang ditetapkan berusia 26-46 tahun, pendidikannya S1 dan sebagainya.

  • Populasi yang tersedia (accessible population)

Adalah sejumlah populasi yang secara kuantitatif dapat dinyatakan dengan tegas dan tepat. Misalnya sebanyak 300 guru atau pendidik di Kota Bandar Lampung terdiri dari guru yang berkarakteristik sesuai dengan populasi teoritis yang sudah ditetapkan.

Itulah 7 pengertian populasi menurut para ahli serta jenisnya lengkap. Semoga dapat dipahami dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda. Dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :