7 Bagian Mata Pada Manusia dan Fungsi Beserta Penjelasannya Lengkap

Posted on

Fungsi Pada Setiap Bagian Mata Pada Manusia dan Penjelasannya

7 Bagian Mata Pada Manusia dan Penjelasannya – mata merupakan alat indera penglihat yang terdapat pada manusia. Didalam mata terdapat banyak bagian-bagian yang sangat penting dalam proses penglihatan. Sehingga sangat perlu untuk tahu apa saja bagian bagian mata yang Kali ini kita akan bahas satu persatu bagian-bagian mata pada manusia. Berikut penjelasannya.

Bagian-Bagian Mata

Mata manusia terbagi menjadi dua bagian, yaitu :

1. Bagian Luar

  • Alis mata (Supersilium), yaitu rambut – rambut halus yang berada di atas mata. Fungsinya untuk melindungi mata dari keringat yang mengalir dari dahi.
  • Kelopak mata (Palpebra) terdiri atas kelopak atas dan kelopak bawah yang memiliki fungsi melindungi mata dari benda-benda asing, seperti kotoran, debu, keringat, asap dan lain sebagainya.
  • Bulu mata yaitu rambut – rambut halus yang terletak dikelopak mata atas dan bawah. Fungsinya yaitu melindungi mata dari benda-benda asing.
  • Kelenjar air mata, berfungsi untuk menghasilkan air mata, dan air mata berfungsi sebagai pelumas agar mata mudah untuk digerakkan.

2. Bagian Dalam

  1. Konjugtiva, yaitu membran tipis bening yang melapisi permukaan bagian dalam kelopak mata dan menutupi bagian depan sklera ( bagian putih mata), kecuali kornea. Konjungtiva mengandung banyak pembuluh darah.
  2. Sklera, yaitu selaput jaringan ikat yang kuat dan berada pada lapisan terluar mata yang berwarna putih.
  3. Kornea, yaitu selaput yang tembus cahaya, melalui kornea kita dapat melihat membran pupil dan iris.
  4. Koroid, yaitu selaput tipis dan lembab yang merupakan bagian belakang tunila vaskulosa ( lapisan tengah dan sangat peka oleh rangsangan ).
  5. Iris, yaitu diafragma yang terletak diantara kornea dan mata.
  6. Pupil, menentukan kuantitas cahaya yang akan masuk ke bagian mata yang lebih dalam. Pupil akan melebar jika berada dalam kondisi ruangan yang gelap, dan akan menyempit jika berada dalam ruangan terang.
  7. Lensa adalah organ focus utama, yang membiaskan berkas – berkas cahaya yang terpantul dari benda – benda yang dilihat, menjadi bayangan yang jelas pada retina.
  8. Retina merupakan lapisan bagian dalam yang sangat halus dan sangat sensitif terhadap cahaya.
  9. Aqueous humor atau cairan berair yang terdapat dibalik kornea.
  10. Vitreus humor ( Badan Bening ) terletak dibelakang lensa.
  11. Bintik kuning adalah bagian retina yang paling peka terhadap cahaya
  12. Saraf optik, yaitu saraf yang memasuki sel tali dan kerucut dalam retina untuk menuju ke otak.
  13. Otot mata, berfungsi untuk menggerakkan bola mata sehingga bola mata dapat bergerak ke kanan dan ke kiri, ke bawah dan ke atas.
Baca Juga :   2 Macam dan Ciri Lengkap Transformator (Trafo) Step Up & Step Down

7 Bagian Mata Menurut Fungsinya

Berdasarkan penjelasan di atas kita dapat menarik kesimpulan semua bagian mata memiliki peranan yang sangat penting. Ada 7 bagian – bagian mata yang erat kaitannya dengan fungsi penglihatan yaitu sebagai berikut :

  1. Kornea (selaput bening)
    Kornea ini sangat penting bagi ketajaman penglihatan kita, dimana kornea berfungsi untuk meneruskan cahaya yang masuk ke mata. Cahaya tersebut diteruskan ke bagian mata yang lebih dalam dan berhenti pada retina. Kornea memiliki beberapa sifat diantaranya : tidak berwarna (bening) & tidak memiliki pembuluh darah. Jika terjadi kerusakan pada kornea, maka akan menyebabkan kebutaan. Kornea mata juga memiliki fungsi sebagai pelindung mata agar tetap bening dan bersih, kornea ini dibasahi oleh air mata yang berasal dari kelenjar air mata.
  2. Iris (selaput pelangi)
    Iris merupakan suatu jaringan yang kaya dengan pembuluh darah. Iris terletak di belakang kornea dan berpigmen. Dengan pigmen ini menentukan warna pada mata seseorang. Iris mengatur jumlah cahaya yang akan masuk ke mata dan dikendalikan oleh saraf otonom.
  3. Pupil (anak mata)
    Pupil merupakan bagian mata yang berupa lubang kecil yang terletak ditengah iris. Pupil memiliki fungsi untuk mengatur banyak dan sedikitnya cahaya yang masuk ke mata sehingga sesuai dengan kebutuhan. Besar kecilnya pupil diatur oleh iris. Jika cahaya yang di dapat terlalu sedikit, pupil akan membesar dan jika cahaya terlalu banyak, pupil akan mengecil. Fungsi pupil sama seperti fungsi diafragma pada kamera.
  4. Lensa
    Lensa berada di tengah-tengah bola mata, yaiitu dibelakang pupil dan iris. Lensa berfungsi untuk memfokuskan dan meneruskan cahaya yang masuk ke mata agar jatuh tepat di retina. Sehingga mata dapat melihat dengan jelas. Lensa dapat menipos arau pun menebal sesuai dengan jarak mata dengan benda yang dilihatnya. Jika jarak benda terlalu dekat, mak lensa akan menipis tetapi jika jarak terlalu jauh makan lensa mata akan menebal.
  5. Badan bening (Vitreous Humor)
    Letaknya di belakang lensa. Berbentuk seperti agar-agar. Memiliki fungsi untuk meneruskan cahaya yang sudah melewati lensa. Cahaya tersebut dilanjutkan ke retina atau selaput jala.
  6. Retina (Selaput Jala)
    Merupakan selaput yang letaknya paling belakang. Retina berfungsi untuk menangkap bayangan yang dibentuk oleh lensa mata yang kemudian diubah menjadi sinyal syaraf. Pada retina terdapat ujung-ujung saraf penerima.
  7. Saraf mata
    Saraf mata atau saraf optik berfungsi untuk meneruskan sebuah rangsangan cahaya yang telah diterima hingga ke otak. Semua informasi yang akan dibawa oleh saraf nantinya akan diproses di otak. Dengan demikian, kita bisa melihat suatu benda. Tetapi jika saraf optik ini rusak dapat mengakibatkan kebutaan mata.

Demikianlah artikel mengenai 7 Bagian Mata Pada Manusia dan Penjelasannya. Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan para pembaca. Terimakasih.

Baca juga: