5 Pengertian Konsep dan Definisinya Menurut Para Ahli “LENGKAP”

5 Pengertian Konsep dan Definisinya Menurut Para Ahli “LENGKAP”
Rate this post

5 Pengertian Konsep dan Definisinya Menurut Para Ahli

Pengertian Konsep Menurut Para Ahli – Jika di uraikan dalam bahasa latin Konsep yakni “conceptum” . Seperti yang di kutip dalam buku Aristoteles “The classical theory of concepts” memiliki arti suatu hal penyusun utama dari segi pembentukan pengetahuan ilmiah berdasarkan filsafat dari sebuah pemikiran Manusia.

Pengertian Konsep

Jika di lihat dari definisi konsep merupakan suatu hal yang pada umumnya memberikan penjelasan atau menyusun berdasarkan peristiwa, objek, situasi, ide, atau akal pikiran yang memiliki tujuan agar lebih mudah dalam berkomunikasi antara manusia satu dengan yang lainnya agara terciptanya berpikir lebih baik.

Secara Abstrak Konsep memiliki arti sebuah ide atau gambaran mental, kemudian di tuangkan ke dalam sebuah kata dan juga simbol. Bisa di bilang Konsep juga memiliki arti sebagai dari bagian pengetahuan yang di dirikan dari berbagai macam karakteristik. Tak hanya itu ternyata Konsep dari berbagai Ahli memiliki pengertian dan pandangan yang berbeda, berikut Pengertian Konsep dan Definisi Konsep Menurut Para Ahli :

1. Menurut Bahri (2008:30)

Menurut beliau Konsep memiliki pengertian berupa satuan arti yang dapat menjadi perwakilan sejumlah objek dari Ciri yang sama.

Bahri, menguraikan Pengertian Konsep adalah satuan arti yang mewakili sejumlah objek yang mempunyai ciri yang sama. Orang yang memiliki Konsep sanggup mengadakan abstraksi dari berbagai objek-objek yang akan di laluinya, agar objek-objek dapat diletakkan pada golongan tertentu. Objek-objek dihadirkan dalam kesadaran setiap manusia dalam wujud representasi mental tidak berperaga. Konsep sendiri pun sanggup dilambangkan ke dalam dalam wujud suatu kata

2. Menurut Soedjadi (2000:14)

Menurut Soedjadi Konsep memiliki pengertian yakni sebuah ide abstrak yang memungkinkan dapat di gunakan untuk keperluan klasifikasi atau penggolongan yang secara umum bisa di tuangkan pada suatu istilah atau rangkaian kata (lambang bahasa).

3. Menurut Singarimbun dan Effendi (2009)

Sedangkan menurut para ahli lainnya yakni Singarimbun dan Effendi menjelaskan bahwasanya Pengertian Konsep atau Definisi Konsep memiliki arti dari generalisasi yang berdasarkan dari sekelompok fenomena tertentu, yang mana dapat di pergunakan untuk melukiskan barbagai fenomena yang sama.” jadi Konsep adalah sebuah kesatuan dan kesatuan yang memiliki arti terkait pada suatu hal pada kasus tertentu kemudian di rumuskan. Dalam proses perumusannya kami memerlukan kemampuan menjelaskannya sesuai bersama dengan maksud kami memakainya.

4. Menurut Wikipedia Indonesia

Berdasarkan Wikipedia Indonesia,   Definis konsep dan pengertian Konsep adalah Abstrak dengan entitas mental yang umum merujuk pada sebuah kategori atau kelas pada sebuah entitas terkait dari sebuah kejadian dan hubungan. Jadi pada intinya Konsep merupakan universal yang mana semua orang dapat menerapkannya secara merata kepada setiap extensinya. Konsep dalam hal ini bisa di artikan pembawa arti.

5. Menurut Woodruf

Woodruf memberikan penjelasan mengenai Konsep yang mana memiliki arti suatu ide ada sebuah gagasan yang bisa di bilang mendekati sempurna dan mempunyai makna, pengertian yang di maksud dalam hal ini terkait suatu objek, produk subjektif yang asalnya dari cara seseorang membuat bermakna terhadap beberapa Objek atau benda lewat pengalamannya. Pada tingkat konkrit, konsep adalah sebuah gambaran mental berasal dari lebih dari satu objek atau kejadian yang fakta. Jika di lihat dari tingkat abstrak dan komplek, konsep adalah sintesis dengan berbagai jumlah anggapan yang sudah ditarik berasal dari pengalaman bersama objek atau kejadian tertentu.

Jika melihat dari 5 Definisi konsep di atas, maka dapat di simpulkan Konsep adalah “Sekumpulan inspirasi atau gagasan yang prima dan artinya berwujud abstrak, entitas mental yang universal yang mana mereka dapat menerapkannya secara merata pada tiap-tiap ekstensinya agar konsep mempunyai suatu makna yang dapat menjadi sebuah perwakilan sejumlah objek yang memiliki ciri yang sama dan membentuk suatu kesatuan pengertian mengenai suatu perihal atau persoalan yang dirumuskan”.

Baca Juga :

5 Pengertian Konsep dan Definisinya Menurut Para Ahli “LENGKAP” | saranailmu | 4.5
Shares